Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

  • 03/07/2020
  •  1,678 views

Test Ride CT125 test ride ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

CT125 Hunter Cub adalah motor dengan karakteristik yang unik pada bagian mesin dan sasisnya

Honda CT125 Hunter Cub dapat dikatakan merupakan Super Cub C125 versi off-road. Motor bergaya scrambler yang tangguh untuk dibawa ke medan yang menantang. Motor ini tidak hanya menarik dari segi penampilan, namun juga mudah dikendalikan dan memiliki performa yang baik.

Honda CT125 Motor Bebek Off-Road honda ct125 motor bebek off road - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

CT125 Hunter Cub mewarisi nuansa khas motor CT series lainnya sekaligus merupakan “Trekking Cub” yang dikhususkan untuk dikendarai di alam terbuka. Itulah konsep dari CT125 Hunter Cub.

Berbasis Super Cub C125, mesin CT125 Hunter Cub dimodifikasi agar mempunyai karakter tenaga pada putaran rendah hingga sedang. Output maksimumnya adalah 8,8 hp (0,9 hp lebih rendah dari Super Cub C125) dan torsi maksimumnya meningkat hingga 1,1 kgm (0,1 kgm lebih besar dari Super Cub C125). Mungkin perbedaannya tidak terlalu besar dari segi angka, namun segera terasa begitu motor dipacu. CT125 Hunter Cub lebih menderu pada putaran rendah dan sedang. Selain itu, gasnya juga bekerja lebih baik dan responsif dengan mesinnya.

Motor ini sangatlah bertenaga terutama pada gigi rendah dan bisa dikendarai seperti motor trail karena sangat lihai bermanuver pada jalanan menanjak dan menukik. Ini adalah salah satu yang membedakan CT125 Hunter Cub dengan Super Cub C125. Sudah jelas bahwa akselerasi awal dan sedang motor ini lebih kuat daripada Super Cub C125. Akselerasinya mantap sekali. Namun saat digeber pada kecepatan tinggi, motor ini sedikit terasa lebih lemah dari Super Cub C125.

[Baca Juga]
CT125 Hunter Cub vs Super Cub C125: Prediksi Kemampuan CT125 Hunter Cub

Honda CT125 Review Test Ride honda ct125 review test ride - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Mesin Honda CT125 mesin honda ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

CT125 Hunter Cub menggendong mesin 125 cc satu silinder dua katup 4-tak berpendingin cairan sama dengan yang dipakai Super Cub C125 dan Monkey 125, namun dengan penyetelan yang khusus menekankan power di rentang kecepatan rendah dan sedang. Hanya CT125 Hunter Cub yang dilengkapi dengan pedal kickstarter.

Transmisi CT125 transmisi ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Transmisinya berupa transmisi 4 percepatan dengan kopling sentrifugal otomatis (tipe rotary yang mengembalikan motor ke posisi netral saat motor berhenti). Inilah mengapa transmisi ini juga disebut 4 percepatan tipe return. Footstepnya bisa dilipat dan dirancang khusus untuk medan off-road.

CT125 Hunter Cub lebih besar dibandingkan dengan Super Cub C125 yang ramping. Stangnya memiliki lebar 805 mm dan tinggi 1.085 mm (85 mm lebih lebar dan tinggi daripada Super Cub C125). Tinggi joknya adalah 800 mm (lebih tinggi 20 mm dari Super Cub C125) dan jarak terendah ke tanah adalah 165 mm (lebih tinggi 40 mm dari Super Cub C125. CT125 Hunter Cub mudah dikendalikan dengan posisi berkendara yang cukup nyaman.

CT125 adalah motor bebek bergaya off-road yang nyaman untuk dikendarai

Shock depan CT125 Hunter Cub merupakan tipe teleskopik dengan segitiga atas dan strukturnya sangatlah unik. Ini yang membedakannya dengan motor Cub series lainnya termasuk dengan CT110, Hunter Cub jaman dahulu. CT125 Hunter Cub memiliki panjang stroke 110 mm, 10 mm lebih panjang dari Super Cub C125. Shock belakang CT125 menggunakan shock dengan tipe per yang panjang dan begitu Anda menaikinya, Anda akan langsung paham kalau motor ini akan mampu melibas jalanan yang tidak rata.

Intake Air Duct CT125 intake air duct ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Intake air duct CT125 Hunter Cub terlihat menyambung dengan bracket box belakangnya dan tahan terhadap air dan debu. Box filter udaranya terletak di sisi kiri cover body.

Rem Depan CT125 rem depan ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Rem depannya memakai rem cakram ukuran 220 mm dengan kaliper 2-pot. Sudah menggunakan ABS. Panjang stroke shock depannya adalah 110 mm, berbasis Super Cub C125 namun lebih panjang 10 mm.

Rem Belakang CT125 rem belakang ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Tidak seperti Super Cub C125, rem belakang CT125 Hunter Cub juga memakai tipe cakram dan berdiameter 190 mm. CT125 Hunter Cub memakai shock belakang yang dirancang khusus.

Untuk meningkatkan kekokohan body motor (dan juga mampu untuk menyokong bracket box belakang berukuran besar), tiap jengkal dari rangka CT125 Hunter Cub telah diperkuat. Ini adalah konfigurasi sasis yang membedakan CT125 Hunter Cub dengan motor Cub lainnya. Motor ini memiliki suspensi yang sangat cocok untuk dipakai di medan off-road seperti jalanan tanah yang terjal dan tidak rata. CT125 Hunter Cub menyuguhkan performa berkendara yang baik.

Saat digas di jalanan seperti ini, CT125 Hunter Cub mampu melaju dengan stabil. Handlingnya juga lincah dan gesit, Anda bisa meliuk-liuk dengan mudah. Ini berkat ukuran motor dan pengaturan pusat gravitasi yang sempurna.

CT125 Hunter Cub memiliki berat 120 kg, lebih berat 10 kg dibanding Super Cub C125. Sudut caster, trail, dan jarak sumbu rodanya juga meningkat sedikit dari Super Cub C125 yang membuat CT125 Hunter Cub ini lebih stabil, responsif dan lincah baik pada medan on-road maupun off-road. Sangat menyenangkan dan mudah untuk dikendarai.

Test Ride CT125 Hunter Cub Off-Road test ride ct125 hunter cub off road - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Penasaran akan seperti apa jika motor ini membawa muatan banyak di bracket belakangnya, namun yang jelas memang CT125 Hunter Cub tanpa beban muatan dirancang sebagai motor off-road yang dapat bermanuver secara gesit dan aktif. Dapat dikatakan bahwa motor ini merupakan perwujudan dari Super Cub C125 versi off-road.

CT125 Hunter Cub mempunyai kesamaan dengan Super Cub C125. Namun, untuk pertama kalinya pada motor Cub series, CT125 Hunter Cub dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan dan belakangnya. Respon dan performa pengeremannya memang lebih baik dari rem tromol dan tidak dapat dipungkiri perbedaan ini membawa perubahan yang besar.

Speedometer CT125 speedometer ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Desain simpel panel meter bulat dengan layar LCD. Speedometernya ditempatkan di tengah, fuel gauge-nya di atas, sedangkan odometer dan tripmeter terletak di bawah.

Tangki CT125 tangki ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Tangki bahan bakarnya terletak di bawah jok, sama seperti Cub series lainnya. Kapasitas tangkinya adalah 5,3 liter (lebih banyak 1,6 liter dari Super Cub C125).

Ada kekhawatiran bagaimana ABS-nya akan berfungsi dan apakah fans berat motor Cub dapat menerima kenyataan bahwa CT125 Hunter Cub memakai rem depan belakang tipe cakram dan bukannya tromol seperti yang sudah-sudah. Fitur lainnya dari CT125 Hunter Cub ada panel meter digital, jok dengan kunci, dan lampu LED yang seluruhnya menjadikan CT125 sebagai motor bebek tingkat tinggi.

CT125 Hunter Cub lebih murah dibanding Super Cub C125. Motor ini cocok untuk Anda yang ingin berganti suasana ke motor bebek dengan desain berbeda ini. Terlebih lagi, CT125 Hunter Cub memiliki gaya yang keren.

CT125 Hunter Cub memiliki sejarah bentuk motor original Honda yang bisa ditelusuri hingga 60 tahun silam yang kemudian diperbaharui lagi. Harus diakui CT125 Hunter Cub memiliki penampilan yang sangat menarik.

Honda CT50 honda ct50 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

CT50 diluncurkan di Jepang tahun 1968 (penjualan hanya berlangsung satu tahun). Inilah motor pertama yang menggunakan auxiliary gearbox (super torque).

Honda CT110 honda ct110 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

CT110 dijual di Jepang dari tahun 1981 sampai 1983. Motor ini dilengkapi dengan auxiliary gearbox untuk pasar luar negeri yang tidak ada pada CT110 versi lokal Jepang.

Terlepas dari itu, CT125 Hunter Cub yang berbasis Super Cub C125 ini bukanlah variasi model dari Super Cub C125. CT125 Hunter Cub memang masih satu keturunan dengan Cub series, namun motor ini hadir dengan unsur off-road. Jadi, CT125 Hunter Cub adalah motor Cub jenis berbeda.

Spesifikasi CT125 Hunter Cub

[Mesin] Satu silinder, 4-tak, OHC, 2 katup, berpendingin cairan, bore x stroke: 52,4 mm x 57,9 mm. Kapasitas mesin: 124 cc. Output maksimum: 6,5 kW (8,8 ps)/7.000 rpm, torsi maksimum: 11 Nm (1,1 kgm)/4.500 rpm. Kapasitas tangki: 5,3 L. Transmisi: 4 percepatan tipe return.

[Ukuran dan Berat] Panjang: 1.960 mm, lebar: 805 mm, tinggi: 1.085 mm, jarak sumbu roda: 1.255 mm, tinggi jok: 800 mm. Berat: 120 kg. Ukuran ban depan:80/90-17, ban belakang: 80/90-17

Spesifikasi CT125 spesifikasi ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Jarak terendah ke tanah CT125 Hunter Cub adalah 165 mm untuk menunjang performa off-road. Bracket box belakangnya memiliki panjang 477 mm dan lebar 409 mm.

CT125 Hunter Cub: Foot Grounding dan Posisi Berkendara

Posisi Berkendara CT125 foot grounding ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Stang tipe up dan tinggi jok 800 mm menghadirkan posisi berkendara yang terlihat lebih seperti posisi di motor pada umumnya dan bukannya motor Cub series.

Posisi Berkendara CT125 Hunter Cub posisi berkendara ct125 - Test Ride Honda CT125: Motor Bebek Off-Road Sekaligus Touring

Bagi rider yang memiliki tinggi badan 170 cm, masih harus agak berjinjit saat menapakkan kaki ke jalanan. Namun, CT125 Hunter Cub adalah motor yang ringan, jadi tidak masalah.

[Baca Juga]
Sparepart Hunter Cub CT125 Neo-Classic dari Daytona!
[Webike Indonesia]
Cek sparepart CT125 Hunter Cub di sini
[Webike Indonesia]
Cek sparepart Super Cub C125 di sini

Sumber [ Mosai ]

Related post

Return Top