Test Ride Honda Rebel 250 2020, Seperti Apa Keunggulannya?
- 08/05/2020
718 views
Rebel 250, salah satu motor populer Honda saat ini, mendapat beberapa ubahan pada model 2020-nya. Lampunya diubah ke LED dan assist slipper clutch terbaru dipasangkan ke model ini. Mari kita bahas fitur-fitur terbarunya lebih jauh lagi.
Test Ride New Honda Rebel 250 ABS 2019
Test Ride & Review Honda Rebel 250 (Yasuharu Ota)
Ini adalah model motor yang sangat menyenangkan untuk dikendarai.
Pertama-tama, saya ingin katakan kalau saya tidak menyangka Rebel 250 akan sepopuler ini. Memang ini adalah tipe motor yang sangat nyaman dikendarai di perkotaan. Namun, karena ini tidak seperti motor American style yang cenderung memiliki body yang “rendah dan panjang” dan tidak terlalu menekankan kesan klasik dan sporty, saya mengira jumlah orang yang menyukainya akan tidak sebanyak ini.
Keunggulannya dibuktikan ketika saya mulai test ride Rebel 250 2020. Banyak hal-hal baru yang saya temukan, seperti performanya yang halus saat dipacu, handling yang aman bahkan ketika dibawa untuk melibas jalanan pegunungan, dan mesin satu silinder yang terasa sangat mantap. Semua itu ada pada Rebel 250. Berikut ulasan lengkapnya.
Rebel 250 2020 memakai mesin satu silinder 4 katup DOHC 4-tak berpendingin cairan. Mesinnya berbasis CBR250R dan disetting untuk meningkatkan torsi pada putaran standar. Dari awal motor ini digas, motor melaju dengan mantap! Kecepatan akan bertambah seiring gasnya terus digeber. Sensasinya ringan pada putaran tinggi yang acap kali dirasakan pada motor dengan mesin satu silinder.
Motor ini dapat dipacu di jalanan bebas hambatan dengan kecepatan 120 km/jam tanpa masalah. Tidak ada getaran yang membuat berkendara menjadi tidak nyaman pada kecepatan apa pun. Suara knalpotnya juga terdengar enak di telinga. Jadi, bisa dibilang berkendara dengan Rebel 250 2020 sangatlah memuaskan. Namun, karena tidak ada windshield untuk menghalau angin, kecepatan yang paling nyaman saat melaju ada di rentang 50 hingga 80 km/jam.
Dengan assist slipper clutch terbarunya, pengoperasian handle kopling sangatlah ringan. Tangan tidak akan cepat lelah berapa kali pun melakukan penggantian gigi. Assist slipper clutch menguntungkan rider pemula yang belum familiar terhadap downshifting dan permukaan yang licin.
Ban depan dan belakangnya tebal, namun tidak disangka bannya sangatlah mudah untuk dikendalikan. Ban Rebel 250 2020 ini memiliki daya cengkram yang baik saat motor dipacu pada kecepatan rendah dan tinggi maupun saat berbelok. Handlingnya mulus.
Namun, per shocknya terasa sedikit keras. Saat badan dalam posisi tegak di atas motor, akan terasa guncangan saat per bekerja. Jika Anda ingin berkendara lebih nyaman, mungkin Anda bisa mengatur preload shock belakangnya ke level yang lebih rendah.
Foot grounding yang baik, hemat bahan bakar dan harga yang terjangkau menjadikan Honda Rebel 250 2020 sebagai pilihan terbaik bagi rider pemula. Model terbarunya memiliki setting yang sangat baik di tiap bagiannya, mulai dari mesin hingga perlengkapannya, sehingga fans Honda Rebel dijamin akan semakin bertambah.
Spesifikasi Honda Rebel 250 2020
Panjang x Lebar x Tinggi | 2205×820×1090mm |
---|---|
Jarak Sumbu Roda | 1490mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 150mm |
Tinggi Jok | 690mm |
Berat | 170kg (171 kg untuk Rebel 250 S Edition) |
Mesin | Satu silinder 4 katup DOHC 4 tak berpendingin cairan |
Kapasitas Mesin | 249cc |
Bore x Stroke | 76,0 × 55,0mm |
Kompresi Rasio | 10.7 |
Output Maksimum | 19kW(26PS)/9500rpm |
Torsi Maksimum | 22Nm(2,2kgfm)/7750rpm |
Kapasitas Bahan Bakar | 11L |
Transmisi | 6 Percepatan, tipe return | Sudut Caster | 28.00゜ |
Trail | 110mm |
Ukuran Ban | Depan: 130/90-16M/C 67H, belakang: 150/80-16M/C 71H |
Rem | Depan: single disc, belakang: single disc |
Posisi Berkendara Honda Rebel 250 2020
Informasi test rider
Tinggi badan: 176 cm, berat badan: 62 kg
Posisi stangnya lumayan nyaman ketika Anda duduk dengan tegak di atas jok. Namun, jika Anda dalam posisi duduk yang rileks, stangnya terasa cukup jauh. Jok depan yang rendah dan body yang ramping membuatnya mudah untuk dinaiki, begitu pula dengan jok belakangnya yang rendah.
Posisi Berboncengan Honda Rebel 250 2020
Jok belakangnya berukuran kecil dan posisi duduk bagi orang yang memiliki tinggi badan 163 cm akan sedikit tidak nyaman. Mungkin lebih afdol jika motor ini dipergunakan sebagai motor yang menjelajah jalanan perkotaan ketimbang dipakai berkendara jarak jauh.
Detail Perlengkapan dan Part Honda Rebel 250 2020
Sumber [ Autoby ]