Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

  • 27/03/2020
  •  759 views

KTM 390 Adventure ktm 390 adventure - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Rating Keseluruhan (4/5)

KTM dengan bangga memproduksi KTM 390 Adventure yang unggul dan sesuai kebutuhan rider masa kini. Motor ini hadir dengan slipper clutch dan transmisi enam percepatan yang sangat cocok dengan mesin 4 tak berkapasitas 373 cc single silinder berpendingin cairannya.

Kemiripan KTM 390 Adventure dengan pendahulunya, yaitu KTM 790 dan 1290 Adventure terletak pada lampu LED yang digunakan dan dilengkapi dengan quickshifter sebagai fitur standar.

KTM telah membuktikan di berbagai kesempatan bahwa mereka bisa menciptakan motor yang tangguh dan unggul dalam berbagai medan jalan dan kondisi, tapi jika memakai kata Adventure, seharusnya performa motor ini bisa lebih baik lagi.

Seperti apa KTM 390 ini?

KTM 390 Adventure merupakan motor yang sangat andal dikendarai dan bisa membawa Anda pergi kemana pun dalam kondisi apa pun. Motor ini cukup nyaman untuk melaju di jalan yang rata dan sifatnya yang easy-going akan membuat rider pemula sangat senang mengendarainya.

KTM 390 Adventure ktm 390 adventure 2 - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Jika Anda ingin berkendara jauh, motor ini akan siap menemani, walaupun hembusan angin dan getaran motor akan menggangu kenyamanan Anda pada akhirnya. Tapi, KTM 390 merupakan motor off-road yang tangguh dan unggul. Bagi siapa pun yang menginginkan kendaraan yang praktis dan kualitas terbaik dengan kemampuan melaju di jalur trail, KTM 390 Adventure memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Berikut ulasan mendalam MCN.

[Baca Juga]
Test Ride KTM 1290 SUPER DUKE R 2020

Kualitas Berkendara dan Sistem Pengereman (3/5)

KTM 390 Adventure ini bukanlah motor seperti yang digunakan di Reli Dakar yang sangat bertenaga, melainkan motor yang diperuntukkan untuk rider yang baru mencoba riding off-road untuk pertama kali. Pihak KTM mengatakan “motor ini ditujukan untuk rider yang ingin mencoba jalur off-road tapi belum terbiasa.”

Model Adventure ini berbeda dengan versi Duke jika dilihat dari karakteristik suspensi yang lebih panjang, dengan stroke 170 mm pada shock depan adjustable-nya dan shock belakang 177 mm yang lebih panjang dari brand WP. Dengan ukuran velg depan yang lebih besar, yakni 19 inci ditambah dengan ukuran ban terbaru sebesar 100/90×19 dan 130/80×17 membuat motor ini mampu melaju dengan baik di jalanan off-road yang tak rata.

KTM 390 Adventure memiliki tinggi jok 855 mm, sehingga rider setinggi 170 cm bisa menyentuh permukaan tanah dengan ujung kakinya. Panel instrumen LEDnya sangat mudah dibaca dan ada sebuah tombol di sebelah kiri yang bisa memunculkan pilihan mode Tarmac atau Dirt. Untuk motor dengan harga Rp105 jutaan, motor ini cukup bagus karena sudah dilengkapi juga dengan kontrol traksi dan ABS. Cornering ABS dipelopori oleh Bosch yang bekerja sama dengan KTM.

KTM 390 Adventure Melaju di Jalan yang Menantang ktm 390 adventure melaju di jalan yang menantang - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Tak sulit mengendarai KTM 390, karena motor adventure selalu mudah untuk dikontrol. Anda bisa duduk dengan nyaman dan motor ini akan mengikuti keinginan Anda. Sistem quickshifter yang mudah digunakan membuat berkendara menjadi lebih mudah lagi dan akselerasi yang kuat membuat motor ini gampang dikendalikan di tengah kemacetan lalu lintas Tenerife, Spanyol. Suara mesin KTM 390 ini kedengarannya juga bagus.

Saat dikendarai melalui lorong-lorong sempit, menaiki lereng perbukitan dengan konstruksi bangunan batu tua dan menyebrangi jembatan yang tampaknya berusia ribuan tahun, KTM 390 Adventure ini bisa memanfaatkan tenaga maksimalnya sebesar 44 bph dengan baik. Posisi berkendara di atas body yang proporsional ini sempurna karena posisi duduknya yang tegap dikombinasikan dengan posisi stang yang tinggi dan lebar.

Motor lincah yang ringan ini bisa dibawa bermanuver ala riding off-road. Aksi tersebut disokong oleh shock depan upside down APEX 43 mm yang berpadu sangat baik dengan shock belakang yang keduanya datang dari WP. Setiap shocknya memiliki per sendiri dengan karakteristik masing-masing. Shock sisi kiri mengatur tekanan damping serta shock sisi kanan untuk rebound dan adjuster. Keduanya dapat dioperasikan dengan sangat mudah.

Sebagai motor street, ada banyak hal yang disukai dari KTM 390 Adventure ini, tapi ini saatnya untuk tahu jika KTM 390 Adventure bisa dikendarai di jalan off-road. Anda hanya perlu menjentikkan sebuah tombol untuk mengganti mode motor ke mode off-road dan sistem elektronik tidak akan mengganggu Anda.

Mesin (3/5)

Mesin KTM 390 ini sangat cocok dikombinasikan dengan bobot kering motor seberat 158 kg sehingga membuat motor ini asyik diajak berlaga di jalanan yang lebih menantang. Saat Anda terjatuh, motor ini cukup ringan untuk bisa Anda angkat sendiri.

Mesin KTM 390 Adventure mesin ktm 390 adventure - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

KTM 390 Adventure juga diperuntukan untuk rider yang tidak terlalu berpengalaman. Motor ini memiliki komponen yang cukup bagus dan mudah dikontrol serta menawarkan pilihan off-road sehingga cocok bagi rider yang belum terbiasa melibas jalanan tak rata.

Kualitas Body (3/5)

Setelah test ride KTM 390 Adventure ini selama 2 jam, rasanya perlu ada busa lebih di joknya. Motor ini menggunakan windshield standar yang tidak bisa disesuaikan sehingga membuat pengendara merasa sedikit kelelahan karena terpaan angin. Saat melaju, ada juga sedikit getaran yang mengganggu yang sebagian besar dikarenakan ban Continental TKC 70 yang memiliki karakteristik tonjolan di permukaannya.

KTM 390 Adventure body ktm 390 adventure - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Komponen (3/5)

KTM 390 standar hadir dengan skid plate plastik berwarna hitam yang sesuai dengan body motor, tapi tidak cukup kuat untuk menghadapi benturan yang bertubi-tubi. Namun, KTM juga menawarkan versi aluminum yang jauh lebih tangguh dengan biaya tambahan Rp3 jutaan.

Lampu Depan KTM 390 Adventure lampu depan ktm 390 adventure - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Motor ini memakai lampu LED yang lebih kecil dan bertenaga sehingga terlihat lebih keren dan berfungsi dengan baik. KTM 390 Adventure ini masih menerapakan model lampu LED twin, tapi desainnya kali ini sudah disempurnakan kini terlihat lebih apik daripada sekedar desain yang monoton seperti versi sebelumnya!

Knalpot KTM 390 Adventure knalpot ktm 390 adventure - Test Ride KTM 390 ADVENTURE 2020

Beberapa motor KTM menggunakan knalpot Akrapovic, begitu juga dengan KTM 390 Adventure ini. Tak kurang dari 160 KTM Powerpart tersedia untuk Kid 390 Adventure. (Suara knalpot Akrapovic yang satu ini juga mempunyai… suara lebih menggelegar).

[Baca Juga]
Setelah Penantian Panjang, KTM 1290 Super Duke R Siap Meluncur ke Pasar Tahun 2020

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top