Test Ride Yamaha MT-25 ABS 2020
- 09/07/2020
2,078 views
MT-25 memiliki komponen dasar yang sama dengan YZF-R25 yang sebelumnya mendapat ubahan pada model keluaran tahun 2019. Selang setahun kemudian, MT-25 yang juga disebut sebagai YZF-R25 versi naked ini dirancang dalam balutan gaya dan dilengkapi fitur-fitur terbaru pada model 2020-nya.
7 Poin Perombakan MT-25 dan MT-03 Terbaru
MT-25 2020 dibekali dengan ABS
MT-25 2020 yang baru mendapat perubahan kecil pertama kali sejak peluncurannya pada Oktober 2015 ini masih satu saudara dengan MT-15 dan MT-125. Perubahannya meliputi style, shock depan upside down dan part lainnya yang memang dirancang berbasis YZF-R25. Patut digarisbawahi bahwa MT-25 2020 kini sudah dilengkapi dengan ABS.
Dari awal menaiki motor ini, perbedaan versi 2020 dan versi sebelumnya sangatlah jelas: MT-25 2020 memiliki cover tangki 51 mm lebih lebar, posisi berkendara yang lebih tegak dan panel meter full LCD yang menyuguhkan informasi yang dapat dibaca dengan jelas. Ukuran dan struktur bodynya lebih besar dari versi sebelumnya. Kaki dapat dipijakkan dengan mantap dan permukaan pada bagian knee grip-nya didesain agar lebih mudah untuk dicengkram. MT-25 versi sebelumnya dapat dikatakan merupakan YZF-R25 versi naked, namun versi 2020-nya lebih terlihat seperti modelnya sendiri.
MT-25 2020 ditenagai mesin 249 cc 2 silinder in-line berpendingin cairan yang menghasilkan 35 hp. Pada putaran rendah, motor ini sangat mudah dikendalikan. Pada putaran sedang, respon saat gas sedikit saja digeber sangatlah terasa. Namun, jika Anda terlalu banyak memberi gas saat berbelok, motor jadi sulit untuk dikendalikan. Powernya diperlihatkan dengan jelas saat motor menginjak rentang 7.000 rpm dan responnya sangat stabil bahkan jika motor terus dipacu hingga lebih dari 7.000 rpm. Sinkronisasi antara handling dengan gasnya patut diacungi jempol. Mesinnya sangat mumpuni.
Selanjutnya, mari kita bahas mengenai performa MT-25 2020 yang telah mengadopsi shock depan upside down terbarunya. Test rider belum pernah mencoba MT-25 versi sebelumnya, jadi ia tidak bisa membandingkan performa model terbaru dengan yang lama. Kebetulan ia pernah mencoba YZF-R25 dan menurutnya, MT-25 ini lebih nyaman dikendarai dibanding YZF-R25 yang terasa lebih keras. Selain itu, MT-25 juga lebih mudah untuk urusan handlingnya berkat posisi stang yang memudahkan rider dalam bermanuver. Pergerakan di atas MT-25 terasa lebih bebas dibandingkan dengan R25. Ditambah lagi rem MT-25 yang sangat pakem.
Tidak terasa getaran yang mengganggu kenyamanan berkendara
Dalam majalah edisi bulan Desember 2015, Young Machine pernah membahas mengenai test ride MT-25 2015 yang pertama kali dirilis. Pada versi tersebut, terasa getaran yang cukup mengganggu di area tangan. Namun, masalah ini sudah tidak dijumpai lagi di versi terbarunya, mungkin karena perubahan model stangnya. Tangan Anda tidak akan terasa kebas bahkan setelah mengendarai MT-25 ini dalam durasi yang cukup panjang.
Direkomendasikan untuk Anda
Jajaran motor MT series memang lahir dari konsep yang sama, namun tetap memiliki daya tariknya masing-masing. Itulah yang membedakan model motor seri ini dibanding seri lainnya. Saingan terberatnya adalah Kawasaki Z250. Jika Anda lebih sering berkendara harian, kami sarankan MT-25 dibanding R25.
Cek sparepart MT-25 di sini
Sumber [ Young Machine ]
Kawasaki Umumkan Deretan Dirtbike untuk 2021
Super Cub Warna Pink Edisi Terbatas! Terinspirasi dari Film Animasi Jepang Tenki no Ko