Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

  • 07/08/2022
  •  444 views

Update Suzuka 8 Hours 4 Jam Balapan update suzuka 8 hours 4 jam balapan - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Team HRC #33 memimpin balapan dengan YART – Yamaha Official Team EWC #7 sebagai tim EWC terdepan saat ronde ketiga FIM Endurance World Championship, Suzuka 8 Hours, mencapai separuh laga.

Setelah minggu yang dipenuhi hujan dan cuaca lembap, langit tampak cerah menjelang balapan dengan para rider berlari melintasi garis start-finish langsung menuju motor mereka di bawah langit biru dihiasi awan-awan indah.

Start berjalan mulus, kecuali bagi Yamaha YZFF-R1 #7 yang turun ke urutan 22 dengan Niccolò Canepa yang harus mengejar ketertinggalannya, sementara sebaliknya Gregg Black dari Yoshimura SERT Motul GSX-R1000R #1 melesat naik ke urutan keempat pada lap pertama.

Start Suzuka 8 Hours start suzuka 8 hours - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Tidak lama usai lap pertama, safety car keluar untuk pertama kalinya setelah Kosuke Sakumoto dari Astemo Honda Dream SI Racing CBR1000RR-R #17 menabrak Naomichi Uramoto dari SDG Honda Racing CBR1000RR-R menuju T13 yang menyebabkan keduanya keluar lintasan. Pupus sudah impian tim mereka untuk meraih kejayaan yang akhirnya berubah menjadi mimpi buruk.

Kedua motor dan penghalang yang perlu diperbaiki membuat safety car harus memutari lintasan sebanyak tujuh lap. Di belakang safety car, tim # 33 menjadi yang pertama mengiringi, kemudian FCC TSR CBR1000RR-R Fireblade #5 dengan rider Josh Hook. Lalu, ada Kawasaki Racing Team Suzuka 8H ZX-10R #10 dengan Leon Haslam, disusul oleh SERT dan BMW MOTORRAD WORLD ENDURANCE TEAM M1000RR #37 dengan Illya Mykhalchyk.

Safety Car Suzuka 8 Hours safety car suzuka 8 hours - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Safety car membuat posisi para rider berdekatan dan tidak lama setelah balapan dimulai kembali, Black, Takahashi, dan Haslam semua terlibat persaingan sengit sebelum HRC kembali ke posisi pertama dan mulai menjauh dari para rivalnya.

Setelah itu, muncul pertanyaan siapa yang akan masuk pit lebih dulu dari para jagoan ini? Jawabannya ialah YART. Canepa telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk menebus startnya yang terlambat, naik ke urutan ke-10 pada lap 10, lalu ke-7 satu lap kemudian, dan terakhir ke posisi ke-3 pada lap 14.

Pada lap ke-26, YART melakukan pergantian rider dari Canepa ke Marvin Fritz. Selanjutnya, tim #5 yang masuk pit dengan pergantian dari Hook ke Di Meglio, lalu SERT mengganti Black ke Watanabe. HRC #33 menunggu hingga lap 28 untuk masuk pit dan mengganti dari Takahashi ke Nagashima.

YART Suzuka 8 Hours yart suzuka 8 hours - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Selagi HRC di pit, Kawasaki #10 memimpin balapan untuk satu lap sebelum mereka juga masuk pit. Strategi konsumsi bahan bakar kini menjadi perhatian semua orang.

Konsumsi bahan bakar bukan satu-satunya pertimbangan bagi tim Webike SRC Kawasaki France #11 setelah Randy de Puniet mengalami penurunan kecepatan di Degner 2 yang mengharuskannya kembali ke pit dan menghabiskan waktu selama 7 menit sebelum Florian Marino kembali ke lintasan.

Webike SRC Kawasaki France Suzuka 8 Hours webike src kawasaki france suzuka 8 hours - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Safety car kedua keluar saat balapan memasuki dua jam setelah rider #51 mengalami kecelakaan. Sang rider baik-baik saja, walau kondisi motor sedikit hangus karena terbakar. Namun, drama terjadi di tim Honda #5 dengan pit-stop yang berkepanjangan untuk mengganti master rem sehingga posisi mereka merosot ke bawah.

Tepat sebelum paruh waktu, ada lebih banyak drama. Masalah untuk BMW #37 membuat Mykhalchyk harus mendorong M1000RR kembali ke pit – bukan hal sepele di bawah terik matahari – sementara Jonathan Rea terjatuh dari ZX-10R saat masuk ke chicane. Rider Inggris itu segera bangkit dan saingan terdekatnya YART segera melakukan pergantian rider berikutnya, sehingga posisi mereka bertukar. Namun, sayangnya tim BMW harus mundur karena masalah radiator yang tak mampu diselesaikan.

Update Suzuka 8 Hours update suzuka 8 hours - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

HRC #33 terus memimpin disusul oleh Kawasaki #2 di urutan kedua memasuki empat jam balapan, dengan SERT Suzuki #1 unggul atas YART Yamaha #7.

Posisi 4 jam balapan

Posisi Tim Suzuka 8 Hours 4 Jam posisi suzuka 8 hours 4 jam - Update Suzuka 8 Hours Setelah 4 Jam Balapan

Hasil EWC:

Live timing EWC:

Siaran langsung

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top