Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture

  • 01/08/2022
  •  1,023 views

Yamaha XSR700 Hasil Modifikasi MOTOSALON yamaha xsr700 hasil modifikasi motosalon - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture

Japan Custom Culture

Ini adalah seri artikel JCC atau Japan Custom Culture yang ditulis oleh Webike Japan. Sudah tidak diragukan lagi kalau dunia modifikasi sepeda motor sudah membudaya di Jepang. Melalui artikel-artikel ini, kami memberikan Anda kesempatan untuk mengulik lebih dalam hasil modifikasi keren baik dari penggiat modifikasi atau pabrikan ternama di Jepang yang mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berkarya.

Motosalon Modif XSR700

Yamaha XSR700 Modif yamaha xsr700 modif - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Dalam beberapa tahun terakhir, motor yang menyatukan desain kuno dan teknologi modern telah dirilis oleh berbagai produsen dan popularitasnya meningkat. Motor-motor tersebut dikenal dengan sebutan motor Neo-Retro. Mungkin karena banyak rider merasa bahwa motor bergaya klasik yang digabungkan dengan teknologi modern lebih meyakinkan daripada motor yang sudah tidak diproduksi lagi, serta fakta bahwa produsen menawarkan performa motor yang memadai. Salah satu motor Neo-Retro yang akan dibahas di sini adalah XSR700.

Tampak Samping Kiri Yamaha XSR700 Modif tampak samping kiri yamaha xsr700 modif - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Motor XSR700 ini memakai banyak produk dari MOTOSALON. Namun, tidak seperti motor lawasnya, hanya sedikit sparepart peningkat performa yang digunakan. Modifikasi pada motor ini hanya selang rem yang diganti dengan selang rem stainless steel mesh dari SPEEDBRAKES serta beberapa baut titanium alloy (beta titanium) dari Titanium 64 untuk rem, bracket dan sparepart lain. Knalpot dan shocknya tetap memakai bawaan. Di sisi lain, dengan menambahkan sparepart yang meningkatkan tampilan klasik pada motor ini membuat atmosfer yang dimilikinya sangat berbeda dari versi standar pabrikan. Sparepart utamanya dibuat oleh JvB Moto, seperti lampu depan, bagian belakang, cowl samping dan bagian eksterior lainnya. Pemasangan produknya adalah plug and play, sehingga dapat dengan mudah dipasang dan dilepas. Meskipun produknya perlu dicat sebelum digunakan, ini adalah cara yang relatif murah untuk mengubah gaya motor.
Yamaha XSR700 Modif Tampilan Depan dan Belakang yamaha xsr700 modif tampilan depan dan belakang - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Perlu dicatat juga bahwa MOTOSALON juga menggunakan sparepart dari brand Valter Moto Components, Domino, dan GB Racing untuk modif motor ini. Sparepart tersebut digunakan untuk menonjolkan tampilan klasik motor tanpa mengorbankan sisi orisinalitasnya. Setiap sparepart yang digunakan di motor ini harganya tidak mahal, jadi jika Anda ingin mendandani XSR700 milik Anda dengan gaya yang lebih unik dan personal, Anda harus perhatikan baik-baik motor ini. Namun, semakin banyak Anda mengumpulkan sparepartnya, semakin banyak yang harus Anda beli. Karena alasan ini, sparepart yang berkaitan dengan performa motor lebih baik dikesampingkan dahulu. Anda bisa melakukan modifikasi secara perlahan untuk menciptakan gaya yang diinginkan. Setelah rampung modifikasi tampilan motornya, Anda baru mulai modifikasi sparepart yang berhubungan dengan performa motor.

Sasis

Karet Pelindung Shock Depan karet pelindung shock depan - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Motor ini menggunakan shock depan tipe pendek dan karet pelindung shock depan yang memberikan kesan off-road dari JvB Moto. Selang rem mesh stainless steel yang meningkatnya tekanan pengereman adalah produk dari SPEEDBRAKES dan tersedia dalam 13 pilihan warna.

Piringan Cakram dan Kaliper Rem piringan cakram dan kaliper rem - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Piringan rem dan kaliper rem yang digunakan adalah produk bawaan motor, tapi baut yang dipakai untuk memasang keduanya sudah diganti dari baut beta titanium ke titanium alloy produksi Titanium 64. Baut yang digunakan ini memiliki bobot yang ringan dan kekakuan yang meningkat, sehingga memberikan sistem pengereman yang lebih stabil. Jalu as roda yang dipakai dari Valter Moto Components.

Stang

Stang Yamaha XSR700 stang yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Stangnya diganti ke produk Domino. Stang ini lebih rendah dan lebih lebar dibandingkan dengan stang bawaan serta sangat cocok dengan gaya khas scrambler. Spionnya merupakan kombinasi dari Chaft.

Handle Yamaha XSR700 handle yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Handle rem dan kopling diganti ke German MFW yang dipasarkan oleh MOTOSALON. Lebar handlenya bisa disesuaikan tanpa batas dan ujungnya bisa dinaikkan hingga 20mm. Lampu sein depan dibuat oleh JvB Moto.

Bodywork

Tutup Tangki Yamaha XSR700 tutup tangki yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Tangkinya adalah produk bawaan motor, tapi logo dan tutup tangkinya sudah diganti. Tutup tangkinya terbuat dari aluminium CNC yang diproduksi oleh Valter Moto Components dan bisa dibuka-tutup tanpa kunci. Produk ini juga sedikit lebih ringan.

Dudukan Plat Nomor Yamaha XSR700 dudukan plat nomor yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Plat nomor aluminium CNC yang jadi pusat perhatian di bagian belakang motor ini merupakan produksi dari Valter Moto Components. Sebenarnya produk ini untuk MT-07, tapi cowl belakang motor XSR700 ini sudah dimodif sehingga plat nomornya bisa digunakan.

Kelistrikan

Lampu Depan Yamaha XSR700 lampu depan yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Lampu depan bawaan XSR700 memiliki gaya yang unik, tapi lampunya sudah diganti dengan lampu JvB Moto yang terhubung langsung dengan cover lampu depan. Lampunya memberikan kesan vintage pada motor XSR700 ini, sehingga bisa menyeimbangkan tampilan sparepart lainnya. Motor ini dilengkapi dengan bohlam halogen, tapi bohlam HID juga tersedia.

Bagian Belakang Yamaha XSR700 bagian belakang yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Cowl belakang dengan jok single dan lampu belakang LED yang tersambung adalah produksi JvB Moto. Keduanya dijual terpisah tapi perlu diganti secara bersamaan. Tak hanya bagian depan, tapi bagian belakangnya juga harus terlihat stylish. Lampu sein belakang diproduksi oleh CLICK’N’RIDE yang bohlamnya bisa dilepas dengan mudah tanpa alat khusus.

Mesin

Radiator Yamaha XSR700 radiator yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Pelindung cover radiator berbahan dasar aluminium dibuat oleh Kedo. Bagian sampingnya berwarna hitam dan tampilan keseluruhan motor sangat serasi. Selain bisa melindungi radiator dari hantaman batu, pelindung cover radiator ini juga digunakan untuk mempercantik tampilan motor.

Frame Slider Yamaha XSR700 frame slider yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Untuk perlindungan dari kecelakan, tim MOTOSALON menggunakan frame slider dari Valter Moto Components dan tutup mesin dari GB Racing yang menjadi brand utama di ajang balap motor, termasuk di MotoGP.

Baut Pembuangan Oli Yamaha XSR700 baut pembuangan oli yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Baut pembuangan oli saat ini terbuat dari beta-titanium agar tidak tersangkut dan filter oli sudah diganti ke produk K&P Engineering. Motor ini menggunakan filter oli stainless steel yang memiliki daya serap oli lebih stabil dan bisa digunakan kembali dibandingkan dengan filter yang terbuat dari fiber.

Footstep

Rearset Yamaha XSR700 rearset yamaha xsr700 - Yamaha XSR700 Rakitan MOTOSALON Japan Custom Culture
Rearset dibuat oleh Valter Moto Components untuk mengoptimalkan posisi.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Cover Radiator JvB Moto [KEDO]
Tutup Mesin GBRacing
Filter Oli Stainless Steel Macronic K&P Engineering
Rangka Frame Slider STREET Valter Moto Components
Jalu As Roda Valter Moto Components
Pengereman Selang Rem SPEEDBRAKES
Suspensi Karet Pelindung Shock Depan JvB MOTO
Drive System Gir Belakang Collaboration MOTOSALON OKA
Stang Stang Taper untuk On-road Domino
Grip Stang Domino
Throttle Holder High Throttle Kit Domino
Handle Kopling Tipe Revolution MFW
Handle Rem Tipe Revolution MFW
Spion Naked CHAFT
Jok Jok Single JvB Moto [KEDO]
Bodywork Frame Panel Kit JvB Moto [KEDO]
Set Panel Samping JvB Moto [KEDO]
Spakbor Depan JvB Moto [KEDO]
Spakbor Belakang JvB Moto [KEDO]
Fender Eliminator Kit Valter Moto Components
Kelistrikan Set Lampu Depan & Cover (Bohlam H4) JvB Moto [KEDO]
Lampu Sein LED JvB Moto [KEDO]
Set Lampu Sein LED CLICK’N’RIDE

Related post

Return Top