Yoshimura SERT Motul Juarai Bol d’Or

  • 20/09/2021
  •  191 views

Yoshimura SERT Motul Menangkan Bol d'Or boldor podium 2021 - Yoshimura SERT Motul Juarai Bol d’Or

Yoshimura SERT Motul – juara dunia bertahan sekaligus pemenang Bol d’Or 2019 – sukses merengkuh gelar juara dan disusul oleh Moto Ain (Yamaha) dan tim Superstock BMRT 3D Maxxess Nevers (Kawasaki).

Yoshimura SERT Motul memimpin 615 dari total 704 putaran yang diselesaikan. Bol d’Or ke-84 memecahkan rekor sebelumnya sebesar 698 putaran pada tahun 2018.

Gregg Black, Xavier Simeon dan Sylvain Guintoli mampu menghalau gempuran tim unggulan lainnya di awal balapan dan langsung mantap memimpin. YART–Yamaha Official EWC Team dan Webike SRC Kawasaki France Trickstar menjadi lawan yang sangat sengit bagi mereka. Namun, senasib dengan tim pabrikan lainnya, mereka tidak dapat menyentuh garis finish.

Moto Ain mengekor di belakang Suzuki dengan selisih 19 lap. Podium ini merupakan yang pertama bagi mereka usai naik kelas ke EWC berkat Randy de Puniet, Robin Mulhauser dan Roberto Rolfo. Mereka membalap tanpa banyak hambatan, kecuali sebuah insiden kecil menjelang akhir balapan.

Kejutan dari BMRT 3D Maxxess Nevers
Finish empat lap di belakang Moto Ain adalah BMRT 3D Maxxess Nevers. Kesempatan yang sangat jarang bagi tim Superstock bisa mengakhiri balapan dengan podium dalam balapan 24 jam. Tim Superstock terakhir yang meraih podium FIM EWC dalam seri balapan 24 jam adalah Bol d’Or 2014. Bermotor Kawasaki, Anthony Loiseau, Jonathan Hardt dan Julien Pilot memimpin kelas Superstock hampir sepanjang balapan. BMRT 3D Maxxess Nevers memimpin sepanjang 621 dari 681 lap yang diselesaikan dalam kelas balapan ini.

BMRT 3D Maxxess Nevers juga turut berbuah titel juara dunia FIM Superstock World Cup 2021 – yang perdana bagi mereka– bahkan sebelum balapan akhir di Most.

Podium Bol d’Or tahun ini juga sangat berwarna. Ada 3 pabrikan motor berbeda yang menjadi juara, yakni Suzuki, Yamaha dan Kawasaki, serta tiga pabrikan ban – Bridgestone, Dunlop dan Michelin.

Seakan ingin membuktikan bahwa motor Superstock bisa menantang motor tim EWC, ada dua tim Superstock lainnya yang finish di posisi 5 besar. RAC41 ChromeBurner menghuni posisi ke-4 dan menjadi tim Honda satu-satunya yang bisa menyelesaikan balapan. No Limits Motor Team (Suzuki) juara ke-5.

Klasemen baru FIM EWC
VRD Igol Experiences finish di posisi ke-6. Florian Alt, Florian Marino dan Nico Terol sejatinya berada di posisi 5 besar pada awal balapan sebelum mereka terjatuh. Tim bermotor Yamaha ini kini menghuni posisi ke-2 klasemen EWC di belakang Yoshimura SERT Motul, yang mengambil alih posisi pertama sebelum laga final di Most.

Superstock Bol d’Or
11 dari 20 motor yang melintasi garis finish adalah milik tim Superstocks. OG Motorsport by Sarazin dan Falcon Racing finish di posisi ke-7, unggul atas dua tim EWC, yakni Motobox Kremer Racing dan Maco Racing Team.

ADSS97 yang merupakan tim Superstock asal Inggris, baru memulai debutnya FIM EWC dan finish di posisi ke-11.

Dengan start yang penuh aksi dan guyuran hujan di malam hari, Bol d’Or tahun ini menjadi salah satu yang paling sulit sepanjang sejarah, baik bagi rider dan motor. Hanya 20 motor yang mampu menyelesaikan balapan usai 24 jam.

Kecelakaan dan kerusakan mesin yang terjadi sepanjang malam dialami oleh banyak tim-tim favorit. Para pemain kunci yang tampil menjanjikan di awal yang kemudian menghilang adalah Webike SRC Kawasaki France Trickstar, BMW Motorrad World Endurance Team, F.C.C. TSR Honda France, YART–Yamaha Official EWC Team dan ERC Endurance-Ducati.

Beberapa tim yang mundur karena kerusakan mesin salah satunya adalah Bolliger Team Switzerland dan Wójcik Racing Team. 3ART Best of Bike berhenti karena kerusakan gearbox usai terjatuh. Team 18 Sapeurs-Pompiers CMS Motostore mengalami masalah pada motor ketika sedang berjuang meraih podium. National Motos Honda mundur karena kebocoran oli setelah terjatuh. Team 33 Louit April Moto berusaha untuk melanjutkan balapan dengan dua rider saja usai Luca Vitali mengalami cedera, namun akhirnya menyerah.

Bol d’Or also 2021 juga menandai kembalinya penonton sejak edisi 2019. Ada 48.000 penonton yang meramaikan sirkuit Paul Ricard pada akhir pekan ini.

Balapan FIM EWC selanjutnya: final di Most, Republik Ceko, pada 9 Oktober.

Bol d’Or 2021 – Hasil final

Sumber [ FIM ]

Related post

Return Top