Yoshimura SERT Motul: Kolaborasi Tim Prancis-Jepang yang Siap Pukau FIM EWC

  • 03/11/2020
  •  454 views

Yoshimura SERT Motul yoshimura sert motul - Yoshimura SERT Motul: Kolaborasi Tim Prancis-Jepang yang Siap Pukau FIM EWC

Dua pabrikan legendaris menyatukan kekuatan untuk mendirikan tim pabrikan baru FIM EWC. Yoshimura asal Jepang dan Suzuki Endurance Racing Team dari Prancis mendirikan Yoshimura SERT Motul dengan tujuan merengkuh gelar FIM EWC 2021.

Tim blasteran Prancis-Jepang baru akan mengisi grid FIM Endurance World Championship sekaligus membawa pertarungan di antara tim-tim pabrikan ke level yang lebih tinggi.

Yoshimura dan Suzuki Endurance Racing Team — keduanya sudah menorehkan kejayaan masing-masing di ranah balapan selama puluhan tahun — telah menyatukan kekuatan untuk mendirikan Yoshimura SERT Motul. Suzuki GSX-R1000R andalan mereka akan dicat dalam warna baru yang merepresentasikan tim Prancis-Jepang ini dalam debutnya di tahun 2021 dan tak tanggung-tanggung, meraih titel juara dunia adalah tujuan mereka.

Yoshimura merayakan hari jadinya yang ke-66 tahun tahun 2020 ini, di mana Suzuki Jepang resmi berusia 100 tahun. Yoshimura Racing Team mengoleksi empat kemenangan dan beberapa podium di gelaran Suzuka 8 Hours dan Suzuki Endurance Racing Team menjadi tim langganan juara dunia balapan ketahanan dunia selama 40 tahun terakhir. Tim Prancis ini baru saja meraih titel FIM EWC mereka yang ke-16.

Masa depan yang menjanjikan untuk kerjasama yang legendaris
Yoshimura telah menjadi partner Suzuki Endurance Racing Team selama beberapa tahun; kerja sama yang kian erat sejak Damien Saulnier mengambil alih tampuk kepemimpinan SERT.

Sejarah Yoshimura sendiri dipenuhi dengan hasrat balapan yang besar. Yohei Kato, keponakan presiden direktur Fujio Yoshimura, mewakili generasi ketiga pabrikan yang didirikan oleh ‘Pop’ Yoshimura tersebut.

Damien Saulnier, manajer tim baru SERT mulai musim ini, adalah pengganti Dominique Méliand, pendiri sekaligus boss SERT selama empat dekade. Di musim pertamanya sebagai manajer tim, Damien mampu membawa SERT mengunci gelar dunia balapan ketahanan yang ke-16 di 12 Hours of Estoril. Yohei Kato dan Damien Saulnier bersama akan memimpin Yoshimura SERT Motul.

Eurosport Events, promotor FIM Endurance World Championship sejak 2015, sangatlah bangga bisa menjadi bagian dari pembentukan tim pabrikan baru yang menyatukan hasrat balapan ketahanan dua tim dunia.

Fujio Yoshimura, Presiden Yoshimura Japan
“Majalah Amerika ‘Cycle’ menampilkan Suzuki GS750, motor 4-tak dan 4 silinder pertama Suzuki, di edisi musim gugur 1976. Ayah saya, ‘Pop’ Yoshimura, yang saat itu sedang berada di Negeri Paman Sam, menelpon saya dan berkata, ‘Kita akan balapan pakai motor ini!’. Kami mendapat dukungan teknis dari grup teknisi Suzuki dan memenangkan ronde AMA Laguna Seca 1977. Hal ini membuka jalan bagi kemenangan perdana kami di Suzuka 8 Hours pada 1978, dan sejak saat itu kami terus aktif balapan dengan motor-motor Suzuki. Mantan manajer tim SERT Dominique Méliand adalah rekan Suzuki yang sangat baik, dan saya senang Yohei Kato, perwakilan generasi ketiga kami, bekerja sama dengan SERT untuk memenangkan gelar EWC.”

Yohei Kato, Direktur Yoshimura SERT Motul
“Rasanya sudah lima tahun yang lalu saya bertemu François untuk pertama kalinya dan ia mendorong kami untuk bergabung ke EWC. Kami memikirkan tawaran itu dengan sangat matang. SERT dan Yoshimura telah terlibat di balapan ketahanan selama lebih dari 40 tahun dan kami bangga bisa berbagi sejarah balapan. Kami bersyukur atas kesempatan untuk menyatukan kekuatan dalam bentuk Yoshimura SERT Motul untuk memenangkan gelar EWC 2021 dengan GSX-R1000R.”

Damien Saulnier, Manajer Tim Yoshimura SERT Motul
“Juli 2019 menjadi awal baru bagi SERT dengan pensiunnya si Boss. Usai perpindahan kepemimpinan tersebut, Suzuki, Yoshimura, dan SERT bekerja sama untuk mengembangkan motor khusus balapan ketahanan FIM EWC.

Selama bertahun-tahun, Yoshimura selalu punya andil dalam membuat GSXR menjadi lebih baik. Hal ini kemudian menjadi fokus utama Yohei Kato, perwakilan Yoshimura di ajang ini dan keturunan langsung ‘Pop’ Yoshimura. Bukanlah hal yang mengejutkan ketika kami akhirnya memutuskan untuk melakukan kerja sama. Dianugerahi gelar dunia ke-16 adalah pencapaian luar biasa bagi seluruh anggota tim yang memiliki ikatan erat, baik di masa lalu dan akan datang, di antara dua pabrikan. Hari ini kami dengan bangga memperkenalkan warna baru motor kami yang kini mengombinasikan logo Yoshimura, SERT, dan Motul sebagai peresmian kerja sama SERT dengan Yoshimura.”

François Ribeiro, Direktur Eurosport Events
“Sejak kami menjadi promotor FIM EWC pada 2015, kami telah menggabungkan beberapa pabrikan dari dua negara yang memiliki ikatan erat dengan balapan ketahanan, yakni Prancis dan Jepang. FCC TSR Honda adalah tim Jepang pertama yang berkomitmen di FIM EWC dengan bantuan Honda France, yang menjadi pembuka jalan bagi kerja sama Webike Trickstar dengan SRC Kawasaki France. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi FIM EWC dengan diumumkannya kerja sama antara dua pabrikan legendaris dengan Suzuki. Selamat datang Yoshimura SERT Motul, tim baru yang akan membawa persaingan FIM EWC ke level yang lebih tinggi.”

Jadilah yang pertama mengeksplor GSX-R1000R #1 terbaru

Simak lebih lanjut perjalanan dua tim legendaris, SERT dan Yoshimura

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top