Yoshimura SERT Motul Raih Kemenangan di 24 Heures Motos

  • 13/06/2021
  •  179 views

24 Heures Motos 2021 Podium 24 heures motos 2021 podium - Yoshimura SERT Motul Raih Kemenangan di 24 Heures Motos

Yoshimura SERT Motul yang merupakan tim bentukan baru aliansi Prancis-Jepang berhasil meraih kemenangan di balapan pertama mereka di 24 Heures Motos. Tim Suzuki ini mengungguli Webike SRC Kawasaki France Trickstar dan BMW Motorrad World Endurance Team di Le Mans, ronde pembuka FIM EWC 2021. Tim besutan Honda dan juara baru Superstock National Motos finish di urutan ke-5.

Setelah 819 lap terus memimpin dari total 855 lap, Yoshimura SERT Motul merengkuh kemenangan luar biasa di 24 Heures Motos edisi ke-44. Tim pabrikan Suzuki yang terdiri dari rider Gregg Black, Xavier Simeon dan Sylvain Guintoli menyelesaikan 8 lap di depan rider Webike SRC Kawasaki France Trickstar, yakni Jérémy Guarnoni, Erwan Nigon dan David Checa, yang mampu bangkit kembali setelah diterpa masalah pengereman di awal balapan.

BMW Motorrad World Endurance Team terhalang lebih banyak masalah, namun mampu finish di tempat ke-3 dan terpaut 13 lap dari sang pemimpin. Setelah kecelakaan yang terjadi di awal balapan, Markus Reiterberger, Ilya Mikhalchik dan Javier Forés harus berjuang mati-matian demi mengejar podium.

Bagi Bolliger Team Switzerland, finish di posisi ke-4 terasa sama manisnya dengan kemenangan itu sendiri. Tim independen Kawasaki ini baru saja diambil alih oleh Kevin Bolliger, anak dari sang pendiri tim. Mereka memulai dari grid ke-19 dengan jajaran rider yang benar-benar baru. Jan Bühn, Jesper Pellijeff dan Ondřej Ježek menjalani balapan dengan mulus hingga mereka mampu bertengger di urutan ke-4.

Superstock yang Penuh Persaingan
Tim-tim Superstock berkontribusi atas kehebohan di 24 Heures Motos dengan motor Superbike pertama berhasi finish di tempat ke-5. National Motos yang merupakan tim dengan motor Honda pertama di klasifikasi ini dan juara EWC Dunlop Independent Trophy, merenggut kemenangan di kelas Superstock dengan rider Stéphane Egéa, Guillaume Antiga dan Kevin Trueb. National Motos mampu menghalau gempuran serangan dari BMRT 3D Maxxess Nevers (Anthony Loiseau, Jonathan Hardt dan Julien Pilot) dan No Limits Motor Team (Luca Scassa, Alexis Masbou dan Kevin Calia). Team 33 Louit April Moto yang masih memimpin hingga 2 jam sebelum finish, terpaksa harus mengucapkan selamat tinggal kepada podium karena overheating yang disebabkan oleh radiator yang rusak. Mereka finish di urutan ke-21 keseluruhan dan ke-12 Superstock.

Finish di posisi ke-8 setelah start yang bermasalah, VRD Igol Experiences (Florian Alt, Florian Marino dan Nico Terol) akhirnya mampu memperoleh beberapa poin penting. Setelah terkena masalah di sambungan selang oli, motor Yamaha mereka yang bernomor 33 ini juga mengalami kecelakaan dan kendala di shifter-nya.

Walau terjatuh, ERC Endurance-Ducati tidak mengenal kata menyerah. Mathieu Gines, Louis Rossi dan Etienne Masson berhasil membawa Panigale mereka ke urutan ke-9 di depan F.C.C. TSR Honda France. Josh Hook, Yuki Takahashi dan Mike di Meglio sempat berada di posisi ke-2 keseluruhan, namun masalah kelistrikan yang disertai kecelakaan di jam-jam kritis terpaksa membuat mereka finish di tempat ke-10.

Balapan Pembuka yang Sangat Mendebarkan
24 Heures Motos edisi ke-44, balapan pertama dari FIM EWC 2021, memang berjalan seru dan penuh aksi seperti yang telah digembar-gemborkan. Dramanya langsung dimulai di tikungan Dunlop yang melibatkan tiga tim, Wójcik Racing Team, Team 18 Sapeurs-Pompiers CMS Motostore dan RAC41 ChromeBurner.

Aksi yang dilakukan oleh Hugo Clère, rider Yamaha 18, untuk membantu Sylvain Barrier yang terperangkap di bawah motor Wojcik yang terbakar, menghantarkannya untuk menerima Anthony Delhalle EWC Spirit Trophy. Wójcik Racing Team terus membalap dengan dua rider, Balint Kovacs dan Artur Wielebski, lalu finish di tempat ke-30.

Setelah kecelakaan tersebut dan pertarungan antara Yoshimura SERT Motul dan Tati Team Beringer Racing, terjadu duel seru dan panjang hingga menembus malam di Le Mans antara Yoshimura SERT Motul dan YART–Yamaha Official EWC Team. Duel tersebut harus disudahi ketika tim Yamaha mengalami kerusakan klep.

Tiga penantang yang diperkirakan berada di posisi atas – Tati Team Beringer Racing, Moto Ain dan 3ART Best of Bike – semuanya memulai balapan di posisi 5 besar, namun akhirnya terpaksa mundur. Tati Team Beringer Racing berhak mendapat pujian atas perjuangan mereka memimpin di awal balapan sebelum rentetan kecelakaan melanda yang harus membuat mereka tidak dapat melanjutkan balapan. Alan Techer dari Tati Team Beringer Racing merupakan rider dengan catatan waktu tercepat 1:36.743.

12 tim yang tidak menyelesaikan balapan di antaranya adalah LRP Poland yang mengalami masalah kopling, lalu dari tim Superstock ada Team 18 Sapeurs-Pompiers CMS Motostore, RAC41 ChromeBurner, Aviobike dan Slider Endurance.

Balapan FIM EWC selanjutnya ialah 12 Hours of Estoril yang menjadi balapan kedua musim ini dan akan diselenggarakan di Portugal pada Sabtu, 17 Juli 2021.

24 Heures Motos 2021 – Hasil akhir balapan

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top