Jonathan Rea Test Ride Kawasaki Ninja ZX10R, Bagaimana Reviewnya?

Sang juara World Superbike enam kali Jonathan Rea mencoba Kawasaki ZX-10R di Circuito de Jerez. Bagaimana menurutnya?

Jika disuruh memilih orang yang tepat untuk melakukan test ride Kawasaki Ninja ZX-10R, pastilah nama Jonathan Rea berada di daftar paling atas. Ia adalah pemegang rekor juara World SBK enam kali berturut-turut dengan Kawasaki Racing Team dan merupakan rider paling sukses sepanjang sejarah kejuaraan ini.

Jonathan Rea berbakat sekali memberi review soal motor, simak saja videonya. Ia menjelaskan semua informasi yang diperlukan mengenai Ninja ZX-10R 2021 terbaru dan punya skill untuk menguji coba motor dari A sampai Z. Ditambah lagi, ia punya pengetahuan langsung mengenai part-part yang biasa ia jumpai di motor Kawasaki Racing Team (KRT) sehingga dapat membandingkannya dengan versi street ini. Ia bahkan mengajak kita berkeliling Jerez!

Rea memulai reviewnya dengan menjabarkan spesifikasi baru Ninja ZX-10R: Apa saja perubahannya lalu apa perbedaan motor baru ini dari Ninja versi sebelumnya dan versi motor balap KRT yang ia pakai di WSB. Ia juga membahas mengenai fairing baru Ninja ZX-10R dan downforce, lalu peningkatan dalam posisi berkendara (berkat jok terbaru yang lebih tinggi, rearset yang lebih naik dan stang yang ditempatkan lebih maju 10 mm). Kemudian, ia juga mengorek tentang perubahan desain Ninja ZX-10R yang menurutnya memiliki setup superbike yang sempurna – sebenarnya ini karena desainnya tidak sengaja digambar dari setup motor KRT World SBK miliknya.

Dari sisi teknis, Rea membahas mengenai rasio gigi yang lebih pendek dan rendah si ZX-10R ini yang menyuguhkan akselerasi yang lebih meningkat dan gas yang lebih mumpuni berkat torsinya. Selain itu, ZX-10R juga dilengkapi dengan kaliper depan dan master silinder Brembo agar mampu meraih pengereman yang pakem.

Tur Circuito de Jerez bersama Jonathan Rea di atas Kawasaki Ninja ZX-10R!

Test ride yang dilakukan di sirkuit Jerez ini dimulai dengan rev-limiter launch yang besar setelah penjelasan singkat mengenai power-map dan bagaimana memanfaatkan fitur Kawasaki secara maksimal. Ia mengawali lap dengan berkata, “Lap pertama, tidak pakai penghangat ban… sepertinya saya akan memacu motor dengan stabil untuk lap ini”. Namun, nyatanya Rea gas pol di tengah-tengah lap.

Memang beda kalau sang top rider superbike yang turun tangan langsung menguji coba di sirkuit yang notabene merupakan salah satu sirkuit terbaik di dunia.

Mengakhiri lapnya, Rea berkata bahwa Ninja ZX-10R bukanlah motor yang dapat dipandang sebelah mata. Fairing ZX-10R membaluti motor dengan baik, posisi berkendara di atas ZX-10R ini hampir sama dengan yang ia rasakan di motor balapnya. Lalu, downforce-nya juga patut disandingkan. Rea berujar bahwa Ninja ZX-10R adalah jenis motor yang dapat membuat rider yang menungganginya lebih percaya diri. Jika sang juara enam kali saja sudah berpendapat demikian, ya memang ZX-10R patut menyandang sebutan motor top superbike.

Rea menilai, “Bahkan saya merasa performa saya lebih baik di atas ZX-10R ini dibanding di atas motor balap saya!”

Tuh, sang juara sudah membuktikan kebolehan Ninja ZX-10R. Jadi, tertarik mempunyai motor yang sangat direkomendasikan oleh Jonathan Rea ini?

Sumber [ Visor Down ]

wid_staff

Recent Posts

Moriwaki Luncurkan Knalpot Performa Tertinggi Blade di Tokyo Motorcycle Show 2024

Moriwaki, salah satu produsen ternama asal Jepang, telah mengembangkan knalpot seri terbaru yang dinamakan Blade.…

7 hours ago

Vietti-Ramus Ingin Kembali ke EWC Walau Jalani Le Mans Penuh Drama

Doriano Vietti-Ramus membuka diri untuk kembali mengikuti ajang FIM Endurance World Championship walau membalap di…

8 hours ago

Modifikasi Honda CBR250RR dengan Knalpot AKRAPOVIC Japan Custom Culture

Honda CBR250RR yang satu ini dimodifikasi dengan Knalpot Slip-on Line dari AKRAPOVIC yang memiliki suara…

1 day ago

Pérez Tak Sabar Kembali Berlaga di EWC Pasca Jalani Balapan Terberat di Dunia

Mika Pérez tidak ingin perjalanannya di FIM Endurance World Championship bersama Team Players hanya berlangsung…

1 day ago

Modifikasi Honda Grom Riding Nyaman Pakai Part Premium

Modifikasi Honda Grom (MSX125) ini dilakukan oleh salah satu anggota komunitas Webike bernama Seaside106. Honda…

2 days ago

Wójcik Siap Hadapi Spa Setelah Aksi Heroiknya di Le Mans EWC

Wójcik Racing Team akan memulai balapan perdana 8 Hours of Spa Motos di Belgia bulan…

2 days ago