Modifikasi Kawasaki Lawas Zephyr 750 jadi Injeksi ala Bagus! Japan Custom Culture

Profil

Kawasaki Zephyr 750 warna fireball ini memiliki shock depan dan belakang yang sudah dimodifikasi agar tampilan motornya lebih sporty, serta beragam perubahan di sisi intake. Motor lawas sudah injeksi, lho! Sebenarnya banyak motor karbu yang dimodif ke injeksi agar handling lebih enak dan efisien dari segi pengaturan bahan bakarnya. Sang pemilik motor sengaja mengganti ke injeksi karena ingin menurunkan pekikan suara karburator FCR dan knalpotnya yang sangat menggelegar.

Tapi, tidak ada set produk khusus untuk mengganti motor karbu ke injeksi, jadi si builder harus cari-cari part yang sesuai jadi perakitan motornya tidak sebentar. Throttle body dan injektor diambil dari motor injeksi zaman sekarang. Adaptornya yang dipasang di mesin adalah original buatan Bagus! Motorcycle. Bensin tidak pernah bisa mengalir sendiri, jadi fuel pump wajib dipasang berserta beragam sensor dan setting ECU yang sangat teliti agar jumlah bensin yang disemprotkan ke throttle body akurat sesuai kebutuhan.

Setelah seluruh settingannya rampung, suara knalpot jadi lebih oke dan tentunya suara dari karbu bisa teredam dengan baik dan lebih masuk ke regulasi. Zephyr 750 dari Bagus! Motorcycle ini bisa dipacu dengan gas penuh 1.500rpm tanpa ngadat.

Handle

Shock depan memakai set Ohlins E x M dari Noblest bermodel upside down dengan set segitiga SCLUPTURE. Master remnya adalah Brembo ” rel=”noopener” target=”_blank”>Brembo RCS dan dudukan handle kopling KOHKEN. Ada monitor sensor tambahan di bagian kiri speedometer, dekat lampu indikator settingan injeksinya.

Bodywork

Warna tangki dan cover samping fireball adalah murni bawaan motor. Kondisinya sangat mulus dan bersih walau umurnya sudah puluhan tahun.

Joknya adalah item rekomendasi Bagus! dengan model khusus agar riding bisa lebih nyaman. Bahannya adalah kulit Alcantara. Tail cowlnya dari Power Builder.

ECU MoTec M84 yang mengontrol sistem injeksinya beserta perlengkapan ECU lainnya ditaruh di bawah jok.

Mesin

Sinyal dari tiap sensor dikalkulasi jumlahnya untuk mengontrol ignition dan jumlah bahan bakar. Foto menunjukkan posisi sensor noken as. Sensor lainnya, seperti suhu oli, tekanan atmosfer, tekanan intake, dan sensor kruk as juga terpasang.

Mesinnya tetap sama 738cc, tapi sudah dibongkar dan kemungkinan akan dibubut agar naik hingga 850cc. Mesinnya juga dilengkapi dengan cover pulsar Wheelie, guard slider STRIKER, dan part lainnya. Fuel pump dipasang di bawah throttle body.

Intake & Exhaust


Sistem intakenya diubah dari karbu FCR 35mm ke injeksi. Throttle body memakai punya Z1000 38mm dengan adaptor custom khusus.

Sasis

Rearset Special dari STRIKER dengan settingan mundur / naik 25mm.

Rem depan memakai kaliper Brembo 484 dengan kombinasi cakram racing Sunstar. Spakbor depan carbon fiber sudah termasuk dari set shock ExM.

Kaliper belakang P2 34 Brembo dengan bracket KEINZ dan cakram Sunstar. Knalpotnya adalah tipe titanium dari Bagus!.

Wheelie membuat swingarm triple square cross dari aluminium dengan coating RX black. Shock belakangnya dari Ohlins. Velg pakai Marchesini M10S ukuran 3.50-17 dan 5.50-1. Banyak baut-bautnya yang sudah diganti ke baut titanium dari Titanium 64.

Galeri

Spek

Part Detail
Mesin Guard Slider STRIKER
Pulsar Cover Zephyr750 Wheelie
Intake Fuel Injection Z1000
ECU MoTec M84
Frame Swingarm Zephyr750 Wheelie
Rem Master Rem Radial RCS Brembo
Kaliper .484 P4 32 CNC Brembo
Set Cakram Depan Belakang Racing Premium SUNSTAR
Kaliper Belakang P2 34 Brembo
Bracket Kaliper Belakang KEINZ untuk Brembo
Velg MARCHESINI M10S Racing Evo
Suspensi Set Ohlins NEW Foldable “E x M” Noblest
Shock Belakang Legend-Twin Ohlins
Rearset Rearset Kit STRIKER
Stang Set Segitiga SCULPUTRE
Dudukan Handle Kopling KOHKEN
Jok Jok original Bagus! Motorcycle
Bodywork Tail Cowl POWER BUILDER
Integrated Fender Eliminator Kit Black Bagus! Motorcycle

wid_staff

Recent Posts

Performa Membaik, Para Pembalap Cetak Hasil Memuaskan di French Superbike

Mike Di Meglio dan Kenny Foray bangkit dari rasa kecewa mereka di 24 Heures Motos…

1 day ago

Modifikasi Simple Yamaha R6 2017- Japan Custom Culture

Yamaha YZF-R6 ini milik salah satu langganan Webike dengan inisial 'R'. Modifikasinya menggunakan silencer Titanium…

3 days ago

Team 33 Louit April Moto Tetap Harap Sukses yang Besar

Nasib apes dialami Team 33 Louit April Moto di 24 Heures Motos akhir pekan lalu…

3 days ago

Maco Racing Bertekad Balas Kekecewaan Le Mans di Laga EWC Berikutnya

Musim ke-22 Maco Racing di FIM Endurance World Championship mungkin berawal kurang mulus di Le…

3 days ago

Penuh Tantangan, Kawasaki Webike Trickstar Selesaikan Balapan EWC Pertama di Posisi Keempat

Kawasaki Webike Trickstar memulai FIM Endurance World Championship 2024 dengan hasil yang mengesankan, di mana…

3 days ago

Modifikasi Kawasaki W800 Klasik Elegan Japan Custom Culture

W800 Custom Klasik Inilah Kawasaki W800 modifikasi oleh user komunitas Webike bernama Rojin. Knalpotnya memakai…

5 days ago