Style Amerika Jadi Inspirasi Café Racer SR400 Japan Custom Culture

Modifikasi SR400 dari 9-GATE


Saat datang ke bengkel motor custom, motor biasanya dibuat berdasarkan diskusi panjang antara pemilik motor dan bengkel custom, atau atas keinginan pemilik motor. Namun, kali ini sedikit berbeda. Sebelumnya, motor ini dimodif di bengkel berbeda, tapi kemudian dibawa ke 9-GATE untuk finishing-nya. Sudah ditentukan bahwa salah satu konsep modifikasi motor ini adalah SR400 berperforma tinggi yang dibuat oleh pemilik motor dan teman-temannya.


Sparepart one-off yang digunakan dalam proses modifikasi ini tidak dibuat oleh 9-GATE. Tail cowl one-off dan pengecatan produk, semuanya dilakukan oleh pemilik motor dan teman-temannya, sementara 9-GATE bertugas memasang berbagai sparepart, memilih komponen, dan menyesuaikan keseimbangan desain secara keseluruhan. Tentu saja, produksi dan pemasangan sparepartnya tidak mudah, tapi hal itu akan menjadi kenangan yang indah nantinya.

Motor yang selesai dimodif menyerupai tampilan “stealth fighter” dengan body motor yang ramping dan rapi, kontras dengan suspensi mewah dan berperforma tinggi yang sangat menonjolkan performa motor. Siluet yang ciamik memadukan dengan mulus estetika Cruiser yang datar dengan garis-garis elegan dari café racer Eropa, sehingga seperti menyiratkan keahlian para profesional yang terlibat.

Stang


Lampu depan HIGHSIDER dipilih untuk dipasang di motor ini. Desain mika lampunya unik dan menambah kesan simpel di bagian depan.


9-GATE memasang stang jepit Battle Factory di segitiga stang OEM TZ250. Untuk speedometernya, mereka memilih produk dari brand COGNITOMOTO, khususnya tipe speedometer berbasis GPS yang mulai populer beberapa tahun terakhir.


Saklar stang dengan desainnya yang unik juga merupakan fitur yang penting. Dengan memperhatikan detail terkecil sekalipun, mereka telah berhasil memodifikasi motornya dengan tampilan yang berbeda dan sesuai dengan konsep custom-nya.

Bodywork


SR400 ini menggunakan tangki bahan bakar one-off. Dengan mempertahankan tinggi motor, siluet motornya bagus. Pengecatan dilakukan oleh rekan pemilik motor dengan menggunakan warna yang lebih gelap daripada warna yang mencolok agar tampilannya kalem.

Mesin


9-GATE menggunakan kruk as OEM yang disatukan dengan piston WISECO. Yoshimura ST-1M dipakai untuk noken as-nya. Motor ini dilengkapi dengan karburator FCRΦ39 dan knalpot full system Belt Drive. Modifikasi ini secara signifikan mampu meningkatkan performa motor.

Sasis


Motor ini menggunakan velg jari-jari 17 inci di ban depan dan belakang yang dipadukan dengan kaliper OEM YZF-R1. Pengaturan ini dapat mengeluarkan power luar biasa dari motor berkapasitas 534cc ini.


Seat cowlnya juga tipe one-off. Karena pemilik motor dan 9-GATE sangat memperhatikan detailnya, proses finishingnya bisa dibilang sangat menantang. Namun, produk-produk yang dipakai menyiratkan tentang keterampilan dan kualitas produk yang luar biasa.


Motor ini memadukan swingarm CRAFTMAN dan shock belakang Ohlins. Shock depannya menggunakan shock depan OEM TZ250, sehingga keseimbangan antara pengaturan produk di bagian depan dan belakangnya juga diatur dengan baik.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Mesin Knalpot Full System Megaphone Original BELTLAN
Noken As ST-1M YOSHIMURA
Silinder OEM
Kruk As OEM SR500
Karburator FCR Φ39mm
Piston High Compression WISECO
Rangka Swingarm Polished Aluminium SR400/500 CRAFTMAN
Rem Kaliper Rem Depan OEM YZF-R1
Piringan Cakram Rem Depan Φ320mm SUNSTAR
Selang Rem Depan GOODRIDGE
Master Silinder Rem Depan RCS Brembo
Rem Belakang OEM
Velg Velg Depan 3.50-17
Velg Belakang 4.00-17
Suspensi Shock Depan OEM TZ250
Shock Belakang OHLINS
Rearset Rearset untuk SR (Spesifikasi Rem Tromol Belakang Standar) CRAFTMAN
Stang Stang Battle Factory
Segitiga Stang OEM TZ250
Spion Morphing CRAFTMAN
Jok Jok OEM
Bodywork Tangki Bensin One-off
Spakbor Depan Tipe TZ AAA
Spakbor Kolong Thruxton Carbon
Kelistrikan Highsider 5 3/4 Inch Main Headlight SKYLINE LED Parking Light Ring
Lampu Belakang LED Interstate Highsider
Lampu Sein LED Faith POSH
Speedometer COGNITOMOTO

wid_staff

Recent Posts

Modifikasi Simple Yamaha R6 2017- Japan Custom Culture

Yamaha YZF-R6 ini milik salah satu langganan Webike dengan inisial 'R'. Modifikasinya menggunakan silencer Titanium…

1 day ago

Team 33 Louit April Moto Tetap Harap Sukses yang Besar

Nasib apes dialami Team 33 Louit April Moto di 24 Heures Motos akhir pekan lalu…

1 day ago

Maco Racing Bertekad Balas Kekecewaan Le Mans di Laga EWC Berikutnya

Musim ke-22 Maco Racing di FIM Endurance World Championship mungkin berawal kurang mulus di Le…

1 day ago

Penuh Tantangan, Kawasaki Webike Trickstar Selesaikan Balapan EWC Pertama di Posisi Keempat

Kawasaki Webike Trickstar memulai FIM Endurance World Championship 2024 dengan hasil yang mengesankan, di mana…

1 day ago

Modifikasi Kawasaki W800 Klasik Elegan Japan Custom Culture

W800 Custom Klasik Inilah Kawasaki W800 modifikasi oleh user komunitas Webike bernama Rojin. Knalpotnya memakai…

4 days ago

F.C.C. TSR Honda France Gagal Ulang Kemenangan di 24 Heures Motos EWC

Tim papan atas FIM Endurance World Championship F.C.C. TSR Honda France gagal mempertahankan kemenangan mereka…

4 days ago