Koleksi Model Terbaru Motor Super Sport Berukuran Besar 2019 [Part 1]
- 09/08/2019
616 views
Model Super Sport 1000cc tergabung dalam kategori motor terbaik dalam “running, turning, and braking” di berbagai kejuaraan. Mesin motor ini juga merupakan basis dari motor-motor World Superbike Championship (SBK) dan Endurance World Championship (EWC). Dengan output rata-rata sebesar 200 tenaga kuda, saat ini para pabrikan sedang berlomba-lomba untuk membuatnya lebih cepat lagi! Bahkan, sayap khas MotoGP pun sudah dipasang di motor jenis ini.
Melaju dalam Puataran Tinggi! Bahkan Model Street Juga Memiliki Sayap
Seri SS, tipe motor super sport ukuran besar yang telah dikembangkan oleh manufaktur dengan keunggulan mekanis masing-masing, akhirnya dirilis. Tren sistem IMU (Inertial Measurement Unit) yang menjamur pada tahun 2010-an, kembali lagi bersamaan penggunaan sayap.
Tren Terbaru 2019
1. Penggunaan variasi valve timing dan finger follower
2. Spesifikasi untuk balapan telah ditetapkan
3. Winglet untuk motor jalan raya
Mesin 1000cc biasanya menghasilkan 200 tenaga kuda yang mustahil didapatkan pada tahun 90-an. Namun, tampaknya angka tersebut bukanlah sesuatu yang menakjubkan lagi dengan adanya beberapa mesin yang dapat dengan mudahnya menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan optimasi bore-up finger follower, serta untuk motor DUCATI, dengan mekanisme klep desmodromonic-nya yang unggul. Dan juga, regulasi knalpot tidaklah seketat dulu.
Mengikuti GSX-R1000 dengan valve timing variatif, S1000RR dengan shift cam juga mencuri perhatian dengan penyeimbangan torsinya pada level low/middle dengan rotasi penuh.
Sayapnya sendiri seperti plat yang diluruskan untuk mendapatkan downforce yang terinspirasi dari MotoGP. Sayap ini kemudian dipakai oleh PANIGALE V4R dan RSV4 1100 yang sepertinya akan populer pada tahun-tahun mendatang.
Sebagai tambahan, tren saat ini juga termasuk perilisan model superior untuk balapan. Bahkan model komplet seperti R1 dengan berbagai parts racing pun telah dirilis.
Kawasaki Ninja ZX-10R/10RR/10R KRT EDITION: Versi Terbaru dengan Mesin Paling Kuat di SBK Selama 4 Tahun dengan Output 204 Tenaga Kuda
Kawasaki memulai debutnya dalam model super sport pada 2004 dengan klaim menjadi yang tercepat dengan output sebesar 200 tenaga kuda pada tahun 2011. Model 2016-nya telah disempurnakan dengan berbagai teknologi yang ada di SBK. Model ini memiliki balance-free shock depan dengan tabung master rem oleh SHOWA, throttle elektrik, sensor 6-axis dari BOSCH dan lain-lain. Kemudian, model 2019 yang sekarang dilengkapi dengan rocker arm finger follower yang menghasilkan putaran tinggi.
Model standarnya mendapatkan tambahan 3 tenaga kunda, tetapi versi RRnya bisa mencapai 4 tenaga kuda dengan connecting rod titanium yang lebih ringan 102 gram. Dengan itu, pembalap amatir pun dapat merasakan mesin unggulan SBK selama empat tahun belakangan ini. RR sendiri merupakan model basis motor SBK yang hanya ada 500 unit di seluruh dunia dengan connecting rod titanium dan setting suspensi yang telah disempurnakan.
YAMAHA YZF-R1/GYTR/R1M: Model SS yang Tetap Melaju Setelah Juara Suzuka 8-Endurance 4 Tahun Berturut
YZF-R1 baru saja merayakan hari jadinya yang ke-21 setelah pertama kali rilis pada 1998. Model ini mengalami perombakan besar seperti versi kedelapannya pada tahun 2015 yang menggunakan mesin balap kaliber MotoGP. Mesin crossplane in-line 4 silindernya adalah pertama di kelasnya yang mengadopsi irregular interval explosion yang membuatnya melaju dengan kecepatan 200 tenaga kuda dengan bantuan connecting rod titanium.
Motor ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik, membuatnya motor pertama dengan teknologi tersebut di kelasnya. Terdapat pula sistem kontrol traksi 10-step dan sensor 6-axis horizontal. Ini adalah kali pertama bagi Yamaha untuk meraih kemenangan 4x berturut di Suzuka 8 Hours. Model 2019 ini hadir dengan warna baru.
SUZUKI GSX-R1000/R/Ryuyo: Si Juara Lintasan yang Hanya Mengalami Sedikit Perubahan di Model Terbarunya
GSX-R1000 memulai debutnya pada tahun 2001 dengan slogan “OWN THE RACETRACK” . Motor ini adalah hasil pengembangan dari versi keenamnya yang pada 2017 sukses menggunakan teknologi mesin MotoGP. Rasio powernya juga ditingkatkan dengan klep SR-VVT yang membuat torsinya bergerak dalam kecepatan low/middle yang merupakan khas SUZUKI. Perubahan untuk model 2019 ini tidaklah terlalu besar, salah satunya adalah warna heat guard ukuran besar yang berubah dari silver ke hitam. Model standarnya memiliki 2-way quick shifter, sedangkan versi superior R memiliki mekanisme pivot dan selang rem depannya terbuat dari stainless mesh.
HONDA CBR1000RR/SP: Kuda Liar yang Sudah Dewasa
Sebagai pelopor model super sport, Honda CBR1000RR telah melewati ulang tahunnya yang ke-27 sejak kemunculan CB900RR pada tahun 1992. Beratnya telah berkurang sebesar 15kg setelah perombakan model pada 2017, membuatnya super sport teringan dengan mesin 4 silinder. Model 2019 dilengkapi dengan electric computer. HSTC (HONDA Selectable Torque Control) dengan kontrol traksi 9-step membuat motor ini lebih responsif terhadap perubahan ban saat menikung. Akseleratornya juga dibuat dibuat lebih responsif sehingga kecepatan motor bertambah saat gas listrik ditekan. Selain itu, bodinya juga memiliki beberapa variasi warna.
KAWASAKI Ninja H2 Carbon/H2R: Tak Terkalahkan dengan 231 Tenaga Kuda
H2 adalah motor pertama di dunia yang dilengkapi dengan supercharger, membuatnya tak tertandingi cepatnya. Model 2019 yang telah ditunggu-tunggu selama 5 tahun ini memiliki rekor kecepatan 231 tenaga kuda, lebih cepat 26 tenaga kuda dari model sebelumnya. Model ini juga dilengkapi dengan kaliper BREMBO Stylema terbaru. Selain itu, KAWASAKI juga meluncurkan sistem yang menghubungkan sistem motor ini dengan smartphone rider dan juga ETC (Electric Toll Collection System) 2.0. Motor ini hadir dalam balutan Highly Durable Paint yang bisa menutup goresan-goresan kecil dengan sendirinya. H2 Carbon sendiri telah dijual di Jepang.
Sumber [ Young Machine ]
VIDEO: BMW 1000 RR Melawan Ariel Atom 4 dan McLaren 720S
Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP 2019 di Red Bull Ring Austria