Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

  • 24/05/2019
  •  343 views

000 12 1024x576 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Katana model terbaru diperkenalkan di Osaka Motorcycle Show yang digelar tanggal 15-17 Maret lalu dan dipamerkan di Tokyo Motorcycle Show tanggal 22-24 Maret lalu. Sejumlah video official-nya sudah dirilis dan makin membuat penasaran. Test ride dilakukan di Kyoto oleh Nobuatsu Aoki, seorang mantan pembalap MotoGP!

Dilengkapi mesin K5 yang sangat serasi dengan sasisnya

Dalam video riding impression ini, Nobuatsu Aoki menjelaskan secara rinci mulai dari pertama kali menaiki motor sampai test ride selesai dilakukan.

“Saya tak menyangka betapa menyenangkannya mengendarai motor ini. Performa mesin dan sasisnya sangat baik. Posisi berkendaranya juga nyaman sehingga motor ini mudah diajak bermanuver.”

Nobuatsu Aoki juga menambahkan bahwa All-new Katana dilengkapi dengan mesin yang mengutamakan kenyamanan berkendara, yakni mesin K5 GSX-R1000. Suzuki menggunakan konfigurasi mesin K5 dengan long stroke yang memiliki torsi di putaran rendah yang besar dan respon mesin linear. Akselerator dan ban belakang bergerak secara serasi sehingga pengendara dapat bermanuver dengan penuh percaya diri.

“Traction control dan ABS yang dimiliki motor ini memudahkan manuver saya sehingga saya dapat berkendara dengan percaya diri di jalanan basah, licin, dan dipenuhi dedaunan seperti ini sekalipun.”

“Saya suka posisi berkendara yang dihadirkan di Katana ini, terutama posisi stangnya. Saya baru pertama kali mengendarai All New Katana, namun saya merasa sudah menaikinya berkali-kali karena posisi stangnya yang terasa natural. Inilah nilai tradisional Suzuki yang terus dipertahankan.”

Ia juga menegaskan bahwa saat throttle mulai dibuka, itulah momen pentingnya. 005 16 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Ia juga menegaskan bahwa saat throttle mulai dibuka, itulah momen pentingnya.

Menurutnya, power pada full thottle memang penting, namun waktu yang dihabiskan sangatlah sedikit saat motor dalam keadaan full power. Waktu banyak dihabiskan untuk membuka throttle dari posisi tertutup. Dan ia juga berpendapat kalau impresinya tak jauh berbeda dari motor MotoGP. Ketika mesin mulai menyala dan rantainya menegang, perlu adaya mekanisme yang menambah beban pada ban belakang secara perlahan-lahan. Motor Katana ini nampaknya punya sistem semacam itu, namun masih tersembunyi. Nobuatsu Aoki yakin Katana menyediakannya. Secara keseluruhan, Nobuatsu Aoki sangat terkesan dengan motor ini. Katana dilengkapi dengan traction control dan ABS, sehingga nyaman dikendarai di mana saja, seperti di jalanan perkotaan, jalanan pedesaan yang berliku, atau di lintasan sirkuit. Ini adalah motor yang cocok untuk semua tipe pengendara.

Seperti itulah impresi Nobuatsu Aoki mengenai All-new Katana. Jangan lewatkan artikel lainnya!

Berkendara ditemani Black Katana dan dedaunan musim gugur. 001 19 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Berkendara ditemani Black Katana dan dedaunan musim gugur.

Di bawah cahaya matahari, karakter motor ini terlihat lebih jelas dibandingkan hasil dari foto studionya. 002 19 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Di bawah cahaya matahari, karakter motor ini terlihat lebih jelas dibandingkan hasil dari foto studionya.

Bagian belakang motor ini terlihat lebih bervolume dengan penggunaan ban belakang berukuran tebal. 003 19 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Bagian belakang motor ini terlihat lebih bervolume dengan penggunaan ban belakang berukuran tebal.

Berkat ABS (Anti-lock Braking System) dan Traction Control System, berkendara di jalanan licin, basah dan dipenuhi dedaunan yang berguguran pun masih dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. 004 20 - Review dan Test Ride New Suzuki Katana oleh Nobuatsu Aoki

Berkat ABS (Anti-lock Braking System) dan Traction Control System, berkendara di jalanan licin, basah dan dipenuhi dedaunan yang berguguran pun masih dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Lihat video lengkapnya!

Sumber [ Young Machine (Artikel Asli dalam Bahasa Jepang) ]

Related post

Return Top