Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

  • 01/11/2019
  •  1,768 views

Spek Kawasaki Ninja ZX-25R spesifikasi kawasaki ninja zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R yang dilengkapi mesin 250 cc 4 silinder akhirnya tampil di hadapan publik di Tokyo Motor Show 2019. Sebelumnya, berita kemunculan motor ini sangatlah dinanti-nanti banyak pihak. Young Machine mendatangi booth Kawasaki di Tokyo Motor Show dan memperoleh informasi selengkapnya mengenai Kawasaki Ninja ZX-25R. Berikut ini adalah liputan eksklusifnya.

[Baca Juga]
Tricity 300 Motor Roda Tiga Terbaru Yamaha, Apakah Akan Ada Versi 250-nya?

Dibekali dengan Quick Shifter dan Auto-Blipper!

Tachometer ZX-25R tachometer zx 25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Tachometer hingga skala 20.000 rpm. Zona merahnya mulai dari 17.000rpm.

Mesin 249 cc berpendingin cairan 4 tak dan 16 katup DOHC yang dimiliki ZX-25R adalah mesin yang benar-benar baru dan bukanlah mesin lama dari ZXR250 series. Tachometer-nya menunjukkan angka maksimum 20.000rpm dengan zona merah mulai dari 17.000rpm. Rev limiter-nya mungkin lebih tinggi, sehingga kecepatan rotasi maksimumnya dapat dinaikkan 1.000rpm menjadi 18.000rpm. Output maksimumnya belum diinformasikan hingga saat ini, namun menurut perwakilan Kawasaki, ZX-25R memiliki output dan performa yang lebih dari motor 250 cc yang ada. Motor kelas 250 cc yang memiliki output terbesar adalah Ninja 250 dengan 37 ps dan CBR250RR yang menyemburkan output hingga 38 ps. Kita nantikan saja apakah output ZX-25R lebih tinggi atau tidak.

Spesifikasi Utama ZX-25R spesifikasi utama zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Spesifikasi utama Kawasaki Ninja ZX-25R ■ Mesin 249 cc 16 katup DOHC 4 silinder segaris 4 tak berpendingin cairan ■ Output belum diinformasikan ■ Rangka tralis baja high tensile ■ Suspensi depan = SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston) ■ Suspensi belakang = horizontal back-link ■ Rem depan = cakram tunggal, kaliper monoblok radial mount ■ Electronic control = KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter), Power Mode ■ Warna: Lime Green x Ebony

Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki mesin 250 cc 4 silinder seperti motor WorldSSP300 atau motor balap di World Superbike Championship lainnya. Namun, motor ini juga memiliki fungsi yang dapat menunjang segala aktivitas, mulai dari berkendara di dalam kota maupun touring.

Motor ini dibekali dengan Quick Shifter tipe downshift yang merupakan perlengkapan tergolong canggih di kelasnya. Hanya dengan menginjak pedal operan gigi saja, tanpa perlu mengoperasikan handle kopling atau gas, Anda dapat segera merasakan kecepatan tinggi mesin 4 silinder motor ini. Sangat luar biasa.

Sebagaimana yang terlihat dari auto-blipper motor ini, gasnya dikendalikan secara elektronik dan memiliki power mode yang bisa mengubah karakteristik mesin. Belum diketahui apakah traction control-nya akan memiliki IMU atau tidak, namun perangkat kendali elektroniknya sudah melebihi motor 250 cc lainnya.

Ban Depan Belakang ZX-25R ban depan belakang zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Ban depan dan belakangnya telah di-upgrade. Motor nampak ramping karena knalpot yang didesain lebih compact.

Mesin dan Knalpot ZX-25R

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mesin motor ini benar-benar baru. Salah seorang perwakilan Kawasaki menyebutkan bahwa ini adalah perkembangan yang sangat dinanti-nantikan. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai bore stroke dan rasio kompresi ZX-25R. Namun karena tensioner-nya terlihat di sisi kanan silinder, camshaft utamanya (crankshaft, mainshaft, countershaft) nampak diposisikan di bagian yang sama.

Di bagian mesinnya, terdapat oil pan yang dipasang off-set agar tidak terbentur knalpot. Bentuknya dibuat sedemikian rupa sehingga mengurangi resistensi oli mesin dan sudut silindernya kelihatannya lebih dari 30 derajat dibanding ZXR sebelumnya. Dengan kata lain, mesinnya dapat ditempatkan lebih dekat dengan velg depan atau beban pada velg depan dapat ditingkatkan.

Oil Pan Kawasaki Ninja ZX-25R oil pan zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Oil pan nampak dalam dan runcing. Dengan mengumpulkan oli di satu tempat, maka akan mengurangi resistensi oli dan akhirnya dapat menyuplai oli ke pompa oli bahkan selama akselerasi dan deselerasi yang intens atau saat motor berbelok dengan kemiringan tajam.

Mengenai knalpotnya, coba perhatikan posisi katalitik dan pipa knalpotnya. Jika prioritasnya adalah efisiensi bahan bakar, maka katalitiknya harus diposisikan setelah exhaust port dan setinggi mungkin. Namun, tidak demikian dengan knalpot ZX-25R. Pipa knalpotnya tidak ditambahkan item lainnya dan hal ini memungkinkan chamber dapat diperluas dan katalitiknya berada di chamber tersebut. Bentuk knalpot seperti ini bertujuan agar alirannya lancar dan strukturnya dibuat dengan konsep high performance.

Knalpot ZX-25R adalah tipe 4-2-1. Satu hal yang membuat kecewa adalah ujung knalpot yang mencuat di bawah swingarm. Sebagian besarnya tersembunyi oleh covernya, namun nampaknya akan sulit jika Anda ingin memasang knalpot slip-on di motor ini.

Berbicara mengenai performa mesinnya, terdapat air duct besar di tengah fairing depan dan nampaknya juga akan menyulitkan. Belum dapat dipastikan apakah ini terhubung ke box filter udara atau tidak. ZXR250 dulunya merupakan motor Kawasaki pertama yang dilengkapi ram-air dan ZX-25R juga diharapkan untuk mengikuti jejak ZXR250.

Pipa Knalpot Kawasaki Ninja ZX-25R pipa knalpot zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Pipa knalpot dengan layout agar mencapai performa yang tinggi.

Air Duct Kawasaki Ninja ZX-25R air duct zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Belum diketahui apakah air duct berukuran besar yang dipasang di bagian tengah memiliki fungsi ram-air atau tidak. Sekedar info, ram-air ZXR250 berada di under cowl.

[Baca Juga]
Aston Martin x Brough Superior Hadirkan Motor Edisi Terbatas

Bodi Khas Motor Racing

Kawasaki sering memakai rangka tralis yang menggunakan pipa baja dengan tingkat kekokohan tinggi untuk motor-motor keluaran terbarunya. Patut diakui bahwa Kawasaki cukup ahli dalam memproduksi rangka semacam itu. ZX-25R memiliki swingarm pivot di rangkanya. Apakah ini berarti ZX-25R memiliki struktur yang sama dengan motor balap?

Bahan yang digunakan pada swingarm berbentuk U ini belum diketahui secara pasti, namun jika dilihat dari strukturnya, nampaknya swingarm tersebut terbuat dari baja dengan proses pressing dan bukan aluminium.

Swingarm Pivot Adjuster Nut Kawasaki Ninja ZX-25R swingarm pivot adjuster nut zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Swingarm pivot dengan mur setelan agar motor dapat mencapai torsi yang tinggi dan acap kali diadopsi di motor kelas 250 cc.

Swingarm Kawasaki Ninja ZX-25R swingarm zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Swingarm yang terbuat dari baja. Walaupun menggunakan bahan tidak ringan, motor ini berbodi ramping agar mengurangi berat totalnya.

Motor ini memakai radial mount monoblock caliper yang tidak memiliki mekanisme setelan. Selain itu, terlihat bahwa motor ini dilengkapi shock depan SFF-BP Showa. Bracket bawahnya merupakan tipe high rigidity. ZX-25R yang dipamerkan memakai ban Dunlop GPR-300. Ban depannya berukuran 110/70R17 dan bagian belakangnya berukuran 150/60R17 yang satu ukuran lebih tebal. Suspensi belakangnya memakai tipe horizontal back-link yang juga terdapat di ZX-10R dan Z900RS dan memiliki cam-type preload adjustment.

Suspensi Belakang Horizontal Back-link Kawasaki Ninja ZX-25R suspensi belakang horizontal back link zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Suspensi belakang tipe horizontal back-link. Mekanisme cam-type preload adjustment juga tersedia.

Soal harganya, diprediksi akan lebih mahal dari Ninja 250 2-silinder karena ZX-25R dibekali peralatan canggih di atas motor 250 cc lainnya. Mungkin harganya bahkan melampui CBR250RR. Produksi motornya bisa dilakukan di Jepang atau negara lain. Saat ini, Kawasaki belum menentukan lebih lanjut mengenai harga dan produksinya.

Pasar utamanya adalah di Asia Tenggara terutama Indonesia. Tentu saja motor ini juga akan dipasarkan di Jepang. Masih simpang siur apakah motor ini juga akan masuk pasar Eropa dan Amerika Serikat atau tidak. Di Indonesia, rencananya ZX-25R akan dirilis tahun 2020. Nantikan saja perkembanganya.

Rem Depan ZX-25R rem depan zx25r - Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Rem depannya mengadopsi cakram tunggal dan memakai kaliper monoblok dengan radial mount. Terdapat bosh di bagian hub roda yang menghubungkannya dengan piringan cakramnya. Ada dua kemungkinan: pertama, cakram tersebut sebenarnya adalah tipe double disc dengan spek racing atau rodanya memang berbeda dari model lainnya.

Sumber [ Young Machine ]

[Baca Juga]
Honda CT125: Reinkarnasi CT110 Hunter Cub 1980 yang Kekinian

Related post

Return Top