Suzuki Bakal Rilis Motor Listrik di 2021

  • 06/03/2020
  •  341 views

Suzuki Burgman suzuki burgman - Suzuki Bakal Rilis Motor Listrik di 2021

Sejak Eropa dan India mulai menerapkan peraturan standar emisi gas yang lebih ketat kepada produsen motor, banyak manufaktur yang beralih memproduksi motor listrik untuk menjaga bisnis mereka tetap berjalan baik. Jumlah produsen baru yang bermain di segmen kendaraan listrik tumbuh sangat pesat, tapi bukan hanya mereka yang ambil bagian. Beberapa pabrikan terkenal juga ikut mengembangkan motor listrik versi mereka sendiri.

Ada beberapa pabrikan yang sudah bergelut di arena motor listrik ini, seperti Kawasaki yang sedang mengerjakan prototipe motor listrik mirip Ninja, sementara BMW membuat motor listrik ‘Frankenstein’ yang komponennya berasal dari berbagai part yang telah ada. Perlahan tapi pasti, Honda berencana memproduksi skuter listrik dan Yamaha bekerja sama dengan Gogoro dalam membuat skuter EC-05 yang memiliki konsep baterai habis pakai. Lalu, di mana Suzuki?

Suzuki akhirnya siap masuk ke arena motor listrik. Banyak media India yang mengabarkan manufaktur ini akan merilis skuter listrik di tahun 2021. Mengingat Big Four sudah bekerja sama menggarap teknologi baterai motor yang bisa diganti, sudah saatnya Suzuki bergerak.

[Baca Juga]
BMW Urungkan Peluncuran Motor Listrik

Rumor tentang Suzuki yang sedang membuat motor listik telah beredar cukup lama. Tahun 2018 lalu Suzuki mengisyaratkan bahwa mereka akan membuat sebuah motor listrik, dan kabar tersebut dikonfirmasi kembali di pertengahan 2019. Beberapa media India mengungkapkan bahwa saat ini Suzuki mungkin sudah menjadwalkan tahun 2021 untuk memperkenalkan kendaraan listrik mereka yang pertama dan diperkirakan akan bermodel skuter. Mengutip dari Motorbeam, bahkan Suzuki India sedang dalam perbincangan dengan pihak Maruti Suzuki (produsen mobil) untuk menggunakan infrastruktur stasiun pengisian daya milik Maruti.

Mantan CEO Suzuki Motorcycle India Satoshi Uchida mengatakan bahwa ketika ia masih menjabat India akan mempunyai model motor listrik sendiri dari Suzuki yang cocok dengan pasar negara mereka, tapi teknologinya juga akan diaplikasikan pada produk-produk global Suzuki lainnya.

Meskipun pergerakan Suzuki cukup lambat dalam pembuatan motor listrik, tapi sepertinya rencana ini sudah lebih jelas. Jika motor listrik ini rilis sesuai jadwal, seharusnya Suzuki bisa mengejar ketertinggalannya. Akankah bisa? Hanya waktu yang dapat menjawab.

[Baca Juga]
Kembalinya Sang Legenda: Ini Bocoran Paten Suzuki Hayabusa Terbaru

Sumber [ RideApart ]

Related post

Return Top