Tips Merawat Motor Matik Saat Bulan Puasa

  • 24/05/2019
  •  134 views

ngabuburit matic - Tips Merawat Motor Matik Saat Bulan Puasa

Banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain ngabuburit, waktu sore kalian juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek skutik kesayangan.

Pekerjaan kecil yang bisa memberikan dampak yang baik yang kadang kerap diabaikan pemilik motor skutik.

  1. Mengecek Bahan Bakar
  2. Motor-motor saat ini mayoritas menggunakan injeksi untuk sistem asupan bahan bakar. Sedangkan bahan bakar adalah hal paling penting dari motor injeksi. Suplai bahan bakar yang kosong akan membuat injektor menjadi rentan rusak.

  3. Memanaskan Mesin
  4. Hal paling sederhana sebenarnya, tapi sering diabaikan. Padahal hanya butuh waktu 5 menit untuk membuat sepeda motor benar-benar siap dilakukan.

  5. Mengganti Oli
  6. Mesin akan terasa halus dan tidak cepat panas dengan rutin mengganti oli. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer. Mengganti oli juga sebaiknya jangan terlalu penuh, karena akan membuat kinerja mesin jadi tidak maksimal.

  7. Perawatan Shockbreaker
  8. Komponen ini kerap diabaikan. Padahal motor matik hanya punya single shockbreaker. Maka itu, perhatikan muatan ya. Jangan samakan shockbreaker motor matik dengan motor bebek.

  9. Memeriksa V-Belt dan Roller
  10. Komponen ini penting, karena punya peran menghubungkan mesin dengan roda. Jika V-Belt tidak prima bisa dirasakan secara langsung dengan menurunnya kemampuan laju motor. V-Belt punya batas usia pakai, sekitar 20.000 km sampai 25.000 km.

Nah, semoga bisa menginspirasi kalian ya, Webikers..

Sumber [ Liputan6.com ]

Related post

Return Top