Tricity 300 Motor Roda Tiga Terbaru Yamaha, Apakah Akan Ada Versi 250-nya?
- 01/11/2019
1,469 views
Yamaha LMW (Leaning Multi Wheels) yang keempat diluncurkan sebagai model konsep 3CT di EICMA 2018 lalu. 3CT Arata Tricity 300 dipajang sebagai referensi di Tokyo Motor Show sebelum pengumuman lebih detailnya di EICMA 2019 di Itali bulan November ini. Tricity 300 akan dipasarkan di Eropa, namun kabar yang didapat Young Machine menyebutkan bahwa akan ada Tricity 250 spek lokal.
Tricity 300 dikembangkan dengan basis XMAX 300 ditambah mekanisme LMW
Tricity 300 adalah LMW atau motor roda tiga Yamaha yang keempat setelah Tricity 125, Tricity 155, dan NIKEN. Berdasarkan nama dan gayanya, ini adalah model flagship dari seri Tricity yang berkonsep city commuter. Tricity 125 dan Tricity 155 cocok untuk dikendarai di dalam kota, namun Tricity 300 dapat menjangkau wilayah yang jauh lagi dengan kelincahan dan kecepatannya.
Struktur dari LMW berbentuk parallelogram. Melihat dari mekanismenya, geometri LMW Ackermann yang diciptakan untuk NIKEN juga diadopsi di motor ini sehingga handling-nya menjadi lebih baik. Desain bodinya, terutama di bagian tail-nya, terinspirasi dari XMAX dan kapasitas bagasinya juga hampir sama.
Berbicara mengenai XMAX, motor ini memiliki range kapasitas mesin beragam, mulai dari 125 cc hingga 400 cc. Ini memunculkan ekspektasi perihal Tricity 250 yang digadang-gadang akan menjadi motor favorit di pasar lokal. Belum ada info lebih lanjut mengenai hal ini, namun Young Machine sudah memprediksi motor ini sedang dalam proses pengembangan.
Di Tokyo Motor Show 2019 lalu, muncul prototipe Tricity 300 dan spesifikasi serta detail lainnya akan diumumkan tanggal 4 November mendatang sebelum pembukaan EICMA 2019.
Detail Yamaha Tricity 300
Motor ini memiliki penampilan yang mewah. Bagian depannya memunculkan imej CT3 sebagai model konsepnya. Lampu depan LED-nya dipasang di bagian fairing.
Panel meternya bertipe digital dan mudah dilihat. Di bagian kunci kontaknya, nampak bahwa motor ini memakai kunci biasa dan bukan smart key. Terdapat pula parking brake lever dan DC12V cigar plug di panel meternya.
Motor ini memakai mesin XMAX 300, yakni mesin silinder tunggal berpendingin cairan SOHC 292cc “Blue Core Engine” yang menyeimbangkan antara efisiensi bahan bakar dengan performa bertenaga tinggi. Belum ada informasi resmi mengenai detail Tricity 300. Sebagai referensi, XMAX 300 spek Eropa memiliki output sebesar 28 ps dan XMAX 250 spek Jepang 23 ps.
Dilengkapi dengan pedal misterius di footstep kanan. Ada pula handle rem di sebelah kiri dan parking brake lever di panel meter. Namun, sebenarnya pedal ini adalah pedal rem belakang. Dengan kata lain, ada dua konfigurasi untuk pengereman. Alasan dari spesifikasi rumit ini adalah di Eropa terdapat peraturan bahwa motor roda tiga harus memiliki pengereman kaki, sehingga Tricity 300 menyediakannya untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa. Menurut kabar, rem kombinasi ini dapat dioperasikan dengan kaki dan tangan kiri.
Shock depan kanan kiri dan arm atas bawah terhubung membentuk parallelogram sehingga roda dapat tetap sejajar saat berbelok. Geometri LMW Ackermann pertama kali dikembangkan untuk NIKEN dan diadopsi pada bagian kemudinya. Teknologi ini membuat roda sisi dalam membentuk sudut belok yang sama dengan roda sisi luarnya meski radiusnya berbeda. Hal ini memungkinkan motor untuk menikung dengan sempurna.
Sumber [ Young Machine ]