Gagahnya Ninja “Danger Zone” yang Terinspirasi dari Top Gun!

  • 09/06/2020
  •  322 views

Ninja "Danger Zone" Top Gun Custom danger zone 1984 kawasaki gpz1100 - Gagahnya Ninja “Danger Zone” yang Terinspirasi dari Top Gun!

Top Gun adalah salah satu film ikonik yang turut membentuk perkembangan budaya Amerika sejak dirilis pada 1986. Film aksi yang melejitkan nama Tom Cruise di Hollywood ini juga menyumbangkan nama panggilan seperti Goose maupun Iceman ke dalam bahasa sehari-hari, dan bahkan turut membesarkan nama Kawasaki Ninja. Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal Ninja?

GPZ900R yang dipacu Tom Cruise sepanjang film sangat sesuai dengan karakternya yang penuh aksi dan pemberontak. Dalam sekuel yang akan dirilis bertajuk Maverick, si pilot yang sudah berumur akan memacu Ninja H2R dalam beberapa adegan. Sementara itu, ketika Federal Moto memutuskan untuk membuat Kawasaki Ninja versi custom yang terinspirasi dari serial Top Gun, mereka memutuskan untuk menggunakan desain yang berbasis kepada film pertamanya.

Body Unik Ninja "Danger Zone" Top Gun Custom danger zone 1984 kawasaki gpz1100 top gun - Gagahnya Ninja “Danger Zone” yang Terinspirasi dari Top Gun!

Builder asal Chicago ini menggunakan rangka original Kawasaki GPZ1100 1984, kakak GPZ900R. Mereka ingin membuat tampilan motor menjadi modern dengan performa yang apik. Motor custom ini pun diberi nama Danger Zone yang merupakan judul lagu hits Kenny Loggins yang digunakan dalam film.

Menggunakan teknik modern seperti perancangan digital, 3D printing, hingga water-jet cutting, tim Federal Moto mampu menyulap GPZ1100 yang bongsor menjadi roadster yang minimalis. Lampu depan kotak dan mini fairingnya dilepas, bagian tail yang awalnya panjang sekarang lebih ramping. Monoshock menggantikan dual shock lama yang memberikan tampilan dan kinerja motor menjadi semakin simple. Sebagai pengganti lampu depan model 80-an, lampu depan model dua tiang pun menjadi pilihan mereka untuk semakin menekankan gaya hits Top Gun.

Tampak Atas Ninja "Danger Zone" Top Gun Custom danger zone 1984 kawasaki gpz1100 atas - Gagahnya Ninja “Danger Zone” yang Terinspirasi dari Top Gun!

Dalam urusan performa, Federal Moto memberikan upgrade pada rem lewat penggunaan piringan rem waby dan kaliper dual 4P dari Tokico. Mesinnya perlu penyesuaian, sehingga builder memutuskan untuk kembali menggunakan mesin OEM 1.089 cc empat silinder segaris dan dipasangkan dengan karburator 4 barrel dari Mikuni. Finishing Cerakote melindungi body ruang bakar dan header knalpot.

Donor shock upside down dari Suzuki Hayabusa dan master silinder depan Brembo memperkuat handling dan kekuatan pengereman GPZ1100 yang kini menapaki usia 36 tahun. Finishing body termasuk dengan cat hitam mengkilap dengan aksen warna hijau khas Kawasaki, jok bahan kulit dan beludru custom, dan gauge serta ignition dari MotoGadget. Kurang keren apa lagi sih motor ini?

[Webike Indonesia]
Cek sparepart Kawasaki GPZ1100 di sini
[Webike Indonesia]
Cek sparepart Kawasaki GPZ900R di sini

Sumber [ RideApart ]

Related post

Return Top