CT125 Hunter Cub vs Super Cub C125: Prediksi Kemampuan CT125 Hunter Cub

  • 27/03/2020
  •  2,124 views

Perbandingan CT125 dan Super Cub C125

Honda memperlihatkan beberapa deretan motor terbarunya di situs resmi mereka yang sebelumnya dijadwalkan untuk ditampilkan di ajang Motorcycle Show di Osaka dan Tokyo bulan Maret ini yang akhirnya dibatalkan untuk mencegah persebaran wabah virus corona. Di antara deretan motor terbaru Honda tersebut, CT125 Hunter Cub adalah salah satu motor yang paling sering dibicarakan. CT125 Hunter Cub berbasis Super Cub C125, jadi mari kita perkirakan kemampuan berkendara CT125 Hunter Cub dengan membandingkan spesifikasinya dengan Super Cub C125.

[Baca Juga]
Kupas Tuntas Perbandingan CT110 “Hunter Cub” dan CT125 2020

Mencoba membandingkan dan memprediksi sensasi dari dua motor yang memakai body yang sama ini

Artikel ini akan membahas secara detail perbedaan antara CT125 Hunter Cub yang akan dirilis dengan Super Cub C125 yang sudah lebih dulu beredar di pasaran.

Perbedaan utama yang paling terlihat jelas adalah handling CT125 Hunter Cub yang lebih sporty karena perubahan pada bentuk shock depannya. Super Cub C125 memiliki ukuran shock depan yang besar karena strukturnya dan shaft-nya yang juga dipasang dengan karet sehingga cukup nyaman dikendarai. Namun, handlingnya kurang terasa gereget.

Struktur bagian depan CT125 Hunter Cub dilengkapi dengan segitiga atas yang umumnya ditemukan di motor sport. Ini membuat CT125 Hunter Cub lebih mudah dikontrol dan memiliki respon yang baik saat dikendarai di jalanan yang tidak rata. Super Cub C125 mengusung velg racing dengan ban tubeless, sedangkan CT125 Hunter Cub mengadopsi velg jari-jari dan ban biasa seperti Cub pada umumnya. Selain itu, bannya juga satu ukuran lebih tebal, yakni 80/90-17.

Keunggulan Super Cub C125 adalah kestabilannya saat menikung yang jarang ditemukan di motor bebek. Selain itu, Super Cub C125 juga andal dalam menempuh jarak yang lumayan jauh dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Sepertinya hal ini didukung dengan penggunaan sprocket 39T (3T lebih banyak dibandingkan dengan CT125 Hunter Cub).

Detail dan Spesifikasi CT125 Hunter Cub dan Super Cub C125

Honda CT125 Hunter Cub

Honda CT125 Hunter Cub menggunakan rangka utama dan swingarm Super Cub C125 dan mesin Wave. Ini adalah motor model terbaru yang mengusung kesan yang lebih sporty dibandingkan dengan Super Cub C125.

Honda CT125 Hunter Cub

Spesifikasi utama: Panjang 1.960mm, lebar 805 mm, tinggi 1.085 mm. Jarak sumbu roda: 1.255 mm; jarak terendah ke tanah: 165 mm; tinggi jok: 800 mm. Berat: 120 kg, mesin 124 cc SOHC satu silinder 4-tak berpendingin udara; output maksimum 8,8 ps/7.000 rpm dan torsi maksimum 1,1 kg-m/4.500 rpm; Kapasitas tangki bahan bakar: 5,3L. Ukuran ban depan = 80/90-17, ukuran ban belakang = 80/90-17. Harga: 440.000 Yen (atau sekitar 64 juta Rupiah). Warna: Glowing Red, Matte Fresco Brown. Tanggal rilis: 26 Juni 2020 (di Jepang).

Honda Super Cub C125
Honda Super Cub C125 berbeda dari motor bebek lainnya dengan tampilannya yang lebih mewah dan performa larinya yang mumpuni, Motor ini dapat dengan mudah dipacu pada kecepatan 60 km/jam. Motor ini juga memakai rem depan jenis cakram dan dilengkapi dengan smart key serta velg racing.

Honda Super Cub C125

Spesifikasi utama: Panjang 1.915 mm, lebar 720, tinggi 1.000 mm. Jarak sumbu roda 1.245 mm, jarak terendah ke tanah 125 mm, tinggi jok 780 mm. Berat 110 kg. Mesin 124 cc SOHC satu silinder 4-tak berpendingin cairan, output maksimum 9,7 ps/7.500 rpm dan torsi maksimum 1,0 kg-m/5.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar 3,7L. Ukuran ban depan = 70/90-17 dan ukuran ban belakang = 80/90-17. Warna: Pearl Niltava Blue, Pearl Cadet Gray, Pearl Shining Black (rencananya akan dirilis pertengahan tahun ini).

Perbandingan antara CT125 Hunter Cub vs Super Cub C125

Mesin

Mesin CT125

Walau berbasis Super Cub C125, CT125 Hunter Cub mengutamakan ketangguhan torsi pada putaran rendah dibandingkan dengan Super Cub C125 yang lebih mengedepankan suara mesin yang halus dan kemulusan saat berganti gigi.

Output dan Torsi

Output CT125 Hunter Cub 8,8 ps/7.000 rpm dengan torsi 1,1 kg-m/4.500 rpm, sedangkan output Super Cub C125 9,7 ps/7.500 rpm dengan torsi 1,0 kg-m/5.000rpm.

Grafik Perbandingan Output dan Torsi CT125 Hunter Cub dengan Super Cub C125

Terdapat perbedaan sekitar 1 ps pada output maksimum kedua motor ini. Super Cub C125 memang memiliki sistem yang sama dengan Wave, namun memiliki output yang sedikit lebih tinggi dengan suara yang lebih halus dan perpindahan gigi yang lebih mulus. Sumber: Young Machine (dengan Pengubahan)

Rangka

Rangka CT125 Hunter Cub

Berbasis Super Cub C125, bagian bawah leher rangka CT125 Hunter Cub dibuat lebih kokoh. Rangka belakangnya juga dibuat lebih panjang agar mampu membawa box yang besar.

Tinggi Jok dan Dimensi

Tinggi jok CT125 Hunter Cub: 800mm
Tinggi jok Super Cub C125: 780mm

Posisi Berkendara dan Dimensi CT125 Hunter Cub

Jok CT125 Hunter Cub lebih tinggi 2 cm karena adanya peningkatan panjang stroke shock depannya. Selain itu, CT125 Hunter Cub memiliki jarak terendah ke tanah setinggi 165 cm, sedangkan Super Cub C125 berjarak 125mm. Sumber: Young Machine (dengan Pengubahan)

Roda

CT125 Hunter Cub: Velg jari-jari dengan ukuran ban depan = 80/90-17 dan ban belakang = 80 / 90-17
Super Cub C125: Velg racing dengan ukuran ban depan = 70/90-17 dan ban belakang = 80/90-17

Roda CT125 Hunter Cub

Perbedaan mendasar antara CT125 Hunter Cub dan Super Cub C125 terletak pada bannya. CT125 Hunter Cub memakai ban biasa, sedangkan Super Cub C125 menggunakan ban tubeless. Selain itu, keempukannya lebih terasa dengan penggunaan velg jari-jari dan ban yang lebih lebar.

Shock Depan

CT125 Hunter Cub: Panjang stroke 110mm, General Telescopic
Super Cub C125: Panjang stroke 100mm, Unit Steer

Shock Depan CT125 Hunter Cub

Shock depan Super Cub C125 disebut sebagai Unit Steer tanpa segitiga atas seperti motor bebek dan skuter pada umumnya, sedangkan CT125 Hunter Cub memiliki segitiga atas.

Stang

CT125 Hunter Cub: Sudut kemiringan 27⁰ / Trail 80mm
Super Cub C125: Sudut kemiringan 26⁰ 30′ / Trail 71mm

Stang CT125 Hunter Cub

CT125 Hunter Cub memiliki stang tipe up. Sudut kemiringan dan trailnya sedikir berbeda dari Super Cub C125 karena perubahan tipe dan panjang stroke di shock depan dan belakangnya.

Kunci Mekanis

Kunci Mekanis CT125 Hunter Cub

Dibandingkan dengan Super Cub C125 yang sudah mengadopsi smart key dan tombol untuk membuka jok, CT125 Hunter Cub menggunakan kunci mekanis sama seperti Wave dan Monkey 125.

Kapasitas Tangki

CT125 Hunter Cub: 5,3L
Super Cub C125: 3,7L

Kapasitas Tangki CT125 Hunter Cub

CT125 Hunter Cub memiliki kapasitas tangki lebih besar 1,6L dibandingkan dengan Super Cub C125. Efisiensi bahan bakar dengan penghitungan WMTC mode adalah 67,2 km/L dengan jarak yang cukup jauh, yakni 356 km.

Kapasitas Daya

CT125 Hunter Cub: 190W
Super Cub C125: 152W

Kapasitas Daya CT125 Hunter Cub

Daya yang dimiliki CT125 Hunter Cub lebih besar dari Super Cub C125 sehingga lebih mudah untuk ditambahkan piranti elektronik seperti grip heater, socket dan lampu kabut. Tersedia pula bracket socket aksesoris 12V (opsional).

Jumlah Gigi

CT125 Hunter Cub: 36T
Super Cub C125: 39T

Sprocket CT125 Hunter Cub

Dibandingkan dengan Super Cub C125, CT125 Hunter Cub lebih berfokus pada kemampuan putaran rendahnya. Perbandingannya mungkin tidak bisa sebanding karena kedua motor tersebut menggendong mesin yang berbeda, namun dapat dipastikan bahwa performa lari Super Cub C125 sangat mumpuni dan dapat menempuh jarak yang cukup jauh.

Rem Belakang

CT125 Hunter Cub: Cakram
Super Cub C125: Tromol

Rem Belakang CT125 Hunter Cub

CT125 Hunter Cub menggunakan rem cakram pada bagian depan dan belakang. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan ABS depan satu channel.

Pedal Kaki

CT125 Hunter Cub: Dapat dilipat
Super Cub C125: Fixed type (tidak dapat dilipat)

Pedal Footstep CT125 Hunter Cub

CT125 Hunter Cub mengadopsi pedal yang dapat dilipat. Per shocknya membuat tubuh berlonjak-lonjak saat berkendara di medan yang tidak rata. Jika karet pedalnya dilepas, akan terlihat footstep yang berbentuk bergelombang.

Sumber [ Young Machine ]

[Baca Juga]
Honda Africa Twin Kapasitas Sedang Akan Segera Hadir!

Related post

Hot news

  1. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  2. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  3. TRT27AZ Moto
  4. Rekor! 15 Tim Permanen dari Total 55 Peserta EWC Siap Tempur di Suzuka 8H
Return Top