Cuaca Panas Pengaruhi Volume Oli Mesin? Tips Mengganti Oli untuk Motor Berpendingin Udara
- 08/07/2020
849 views
Oli mesin memainkan peranan penting dalam melumasi bagian-bagian mesin dan perlahan-lahan akan turun kualitasnya seiring perjalanan dan waktu sehingga wajib untuk diganti secara berkala.
Oli pada motor dengan mesin berpendingin udara tidak dapat mengontrol suhu mesin. Tantangan terbesarnya adalah saat motor dikendarai pada cuaca panas.
Di artikel ini, kami akan menjelaskan prosedur penggantian oli menggunakan motor Yamaha Dragstar 250 yang sangat populer untuk kelas 250 cc.
Waktu penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan adalah setelah motor menempuh 3.000 km atau setelah selang 1 tahun pemakaian. Apakah Anda mengganti oli motor Anda secara berkala?
Jangan lupa untuk mengecek tingkat oli bahkan jika Anda belum mencapai jarak tempuh yang disarankan untuk penggantian oli
▲ Kaca inspeksi oli pada motor ini tersembunyi di balik knalpot dan sulit untuk dilihat. Agar dapat melihatnya, motor harus ditegakkan dan ditopang dengan bantuan orang lain.
Penurunan kualitas oli menyebabkan turunnya performa pelumasan dan menyebabkan part-part yang ada di dalam mesin menjadi aus.
Anda mungkin merasakan ada sedikit kelonggaran di bagian silinder dan piston. Selain itu, tarikan mesin juga tidak semantap biasanya.
Tidak peduli apakah Anda menggunakan oli berperforma tinggi, performanya juga akan turun seiring jarak dan waktu tempuh sehingga Anda diwajibkan untuk menggantinya secara rutin.
Yamaha Dragstar 250 adalah motor populer dengan mesin berpendingin udara V-twin yang terlihat dan terdengar menarik, namun mesin ini punya karakteristik yang agak rentan terhadap perubahan suhu dibandingkan dengan mesin berpendingin cairan.
Jika Anda terjebak di tengah kemacetan di bawah terik matahari, suhu mesin berpendingin udara ini akan meningkat yang turut menyebabkan kenaikan suhu pada oli mesin.
Ketika suhu oli meningkat, tingkat kekentalan oli akan menurun sehingga oli tidak dapat lagi melumasi bagian-bagian mesin yang berbahan logam secara maksimal. Sebagian oli juga tercampur di combustion chamber atau blow-by-gas yang mengakibatkan berkurangnya jumlah oli. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengecek jumlah oli dari waktu ke waktu bahkan jika Anda belum mencapai waktu atau jarak yang disarankan untuk penggantian oli.
Tingkat oli Dragstar 250 dapat dilihat di bagian bawah cover filter oli di sisi kanan mesin, tepatnya di kaca inspeksi di balik pipa knalpot. Dengan mesin motor yang masih panas, tegakkan motor dan cek tingkat oli di kaca inspeksi.
Anda harus mengisi oli jika tingkat oli ada di bawah garis terendah. Namun jika jumlah oli berkurang secara alami dan bukan karena kebocoran, maka lebih baik mengganti seluruh olinya daripada mencampur oli lama dan oli baru. Untuk mengambil langkah yang tepat, Anda disarankan untuk mengecek jumlah oli sebelum menggantinya.
Poin Penting
・ Performa pada oli akan menurun seiring dengan jarak dan waktu tempuh
・ Mesin berpendingin udara dapat menyebabkan berkurangnya jumlah oli terutama ketika cuaca panas
・ Cek jumlah oli secara rutin bahkan jika belum mencapai jarak atau waktu tempuh yang disarankan untuk melakukan penggantian oli
Drain bolt (baut pembuangan oli) memiliki posisi pemasangan yang unik dan tidak sembarang alat bisa masuk
Anda harus memilih alat yang digunakan untuk baut pembuangan dengan cermat karena lokasinya yang dilingkupi oleh part lainnya seperti cover crankcase dan bagian pedal operan gigi. Jika Anda tidak punya kunci yang tepat, mulailah menyiapkannya.
Umumnya, baut pembuangan oli terletak di bawah mesin, namun baut pembuangan Dragstar 250 terletak di sisi kiri mesin di depan pedal operan gigi. Baut ini tersembunyi di balik linkage dan rangka yang tidak dapat diputar dengan kunci pas, kunci inggris maupun kunci sock.
Satu-satunya alat yang bisa digunakan adalah kunci ring atau kunci kombinasi ukuran 17 mm. Namun jika kunci ini bertipe off-set dengan lekukan di antara bagian ring dan gripnya, kemungkinan ini akan bersinggungan dengan rangka motor. Maka dari itu, siapkanlah kunci yang bertipe lurus atau yang memiliki off-set yang tidak terlalu drastis.
Memutar baut pembuangan di Dragstar 250 yang memiliki jarak rendah ke tanah ini memang agak sulit. Anda harus memegang kunci dengan keras untuk mencegah terjadinya selip.
Setelah melonggarkan baut dengan kunci, lepas dengan memutar bautnya dengan jari Anda. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan wadah penampungan oli untuk menampung oli yang keluar begitu baut dilepas. Siapkan wadah berukuran pendek agar tidak berbenturan dengan bagian bawah motor.
Untuk mengeluarkan oli lama sebanyak mungkin, Anda juga bisa memiringkan motor ke kiri (hati-hati jangan terjatuh) atau mengaplikasikan rem depan dan guncang motor ke sana ke mari.
Gasket baut pembuangannya menggunakan tipe crush (crush washer) yang mencegah kebocoran oli saat dikencangkan dengan baut. Bentuknya pasti sudah berubah karena tekanan baut, sehingga Anda juga harus menggantinya.
Crush washer sebelah kiri adalah washer yang baru, sedangkan washer sebelah kanan adalah washer lama yang sudah pipih karena tekanan baut.
Washer tipe crush ini mencegah kebocoran dengan bentuknya yang berubah menjadi pipih saat dikencangkan dengan baut. Jadi, jangan lupa untuk menggantinya juga saat dilepas.
Poin Penting
・Pilih alat atau kunci yang tepat untuk membuka baut pembuangan oli
・Pegang kunci dengan baik saat membuka bautnya
・Siapkan washer yang baru
Tips menuangkan oli yang baru
Oli yang direkomendasikan adalah Yamalube Premium Synthetic, Sport dan Standard Plus yang memiliki viskositas 10W-40. Volume oli mesin Dragstar 250 adalah 1,4 liter saat penggantian dan 1,6 liter saat filter oli dilepas. Ini adalah jumlah yang dirinci oleh pabrikan, namun sebagian oli mungkin masih tertinggal di mesin. Jadi, penambahan oli dilakukan tergantung kondisi.
Jangan menuangkan oli sejumlah yang disarankan secara langsung. Tuang sedikit demi sedikit sekitar 0,1 hingga 0,2 liter lalu coba cek tingkat oli di kaca inspeksi.
Jika oli masih belum mencapai batas bawah, tuangkan lagi. Namun jika sudah di atas batas bawah, Anda tidak perlu menuangkannya lagi hingga ke batas atas. Jika oli yang dituangkan terlalu banyak, maka uap oli dari pipa udara crankcase akan bertambah sehingga tekanan internal di crankcase akan meningkat yang memberi dampak negatif pada putaran mesin.
Mengganti oli seharusnya membuat mesin menjadi semakin mulus, suaranya halus dan penggantian gigi juga semakin lancar. Namun, oli juga bisa turun kualitasnya seiring waktu, jadi Anda harus menggantinya secara rutin jika Anda ingin mesin motor Anda tetap prima.
Poin Penting
・Karena ada sebagian oli yang masih tertinggal di dalam mesin, jangan tuangkan oli langsung dalam jumlah yang banyak
・Cek tingkat oli di kaca inspeksi setelah menuangkan oli yang baru sedikit demi sedikit
・Jika tingkat oli belum mencapai batas bawah, tambahkan lagi. Nmaun jika sudah di atas batas bawah, Anda tidak perlu menambahkannya lagi hingga ke batas atas.
・Terlalu banyak oli berakibat buruk bagi mesin
Perhatikan juga waktu tempuh, tidak hanya jarak tempuh sebagai penanda sudah saatnya untuk mengganti oli
Dengan mengganti oli yang kualitasnya sudah menurun akibat panas dan gesekan, Anda sudah melakukan langkah pemeliharaan motor yang paling penting agar mesinnya tetap awet dan berumur panjang.
Bahkan jika Anda merasa tidak terlalu sering memakai motor Anda, lama-lama oli mesin motor Anda akan menurun kualitasnya karena panas dan kontak dengan udara sehingga Anda wajib menggantinya secara berkala.
Cek sparepart Yamaha Dragstar 250 di sini