Little Wonder: Honda Cub Custom dari 2LOUD yang Super Kalem
- 15/07/2020
2,248 views
Kata orang sebaiknya jangan berbisnis dengan teman. Namun, di dunia motor custom beda ceritanya. Banyak teman yang kemudian berubah jadi klien dan sebaliknya. Jika temanmu adalah builder motor sekelas Ma ‘Max’ Yicheng di 2LOUD Custom, siapa sih yang tidak ingin jadi pelanggannya?
Max dan partnernya Lu Yongyu berhasil menguatkan reputasi mereka di dunia motor custom, tetapi dua hasil modifikasi mereka yang terbaru amat spesial karena dibuat khusus untuk kawan terdekat mereka. Honda Cub yang satu ini dibuat untuk seorang sahabat (pesanan custom keduanya di 2LOUD), dan pada saat yang bersamaan mereka juga membuat sebuah Cub Chopper untuk pacar Max!! [kiri bawah]
Bukti Motor Cub Bisa Diubah Jadi ala Chopper!
Hasilnya sangatlah menakjubkan, bahkan kedua pemilik Cub ini sama sekali tidak ikut campur dalam proses kreatifnya.
Awalnya motor ini hanyalah seonggok Cub 80 cc model awal, namun sekarang sudah mengalami perombakan yang cukup besar. Sang builder asal Taiwan memutuskan untuk mengganti mesinnya dengan mesin Zongshen 190 cc.
Butuh beberapa modifikasi rangka untuk mengakomodasinya, dan mereka juga memasangkan intake manifold baru yang sesuai dengan karbu Keihin CVK30.
Knalpotnya custom dan terbuat dari stainless steel. “Saat idle bunyinya tidak memekik,” kata Max. “Tapi performanya juara.”
Selain memodifikasi rangka agar pas dengan mesin, mereka juga menambahkan beberapa bagian baru. Perubahannya dirancang secara digital terlebih sebelum Max dan Lu mengeksekusinya.
Di bagian depan, Anda bisa melihat shock copotan dari SYM Wolf, motor 250 cc yang populer di Taiwan. 2LOUD memendekkan dan memolesnya sebelum disatukan dengan sepasang velg aluminium 18F/17R dengan jari-jari aluminium dan hub depan SYM.
Rem depan diupgrade sehingga kini menggunakan kaliper, master silinder, piringan rem 300 mm dari brand lokal bernama Frando.
Makin ke atas, makin seru detailnya. Shock depannya diganti jadi model single crown dan bagian klem bawahnya dibuat custom. Bagian atasnya menggunakan dudukan stang sepeda gunung.
2LOUD membuat stangnya dari nol, dan jika dilihat dengan seksama, Anda akan lihat bahwa stang ini menyatu dengan bracket box depan. Kapasitas muatan keranjangnya tidaklah banyak; sang pemilik senang barbecue, jadi fungsinya murni untuk mengangkut bahan makanan dari warung saja.
Di bagian cockpit terdapat control dan tabung minyak rem di kanan dan kiri yang berasal dari Frando karena 2LOUD sudah mengubah koplingnya jadi tipe hidrolik. Pemasangannya juga rapi dengan kabel rem diletakkan di dalam rangka.
Perubahan lainnya juga terdapat pada bodywork utama. Bodyworknya sudah dibentuk ulang sedikit dengan penambahan lubang pengisian bensin di bagian leher sehingga si pemilik tidak perlu turun dari motor dan membuka jok saat di SPBU. Akinya sekarang duduk manis di balik cover aluminium yang mengkilap, dan kunci ignitionnya terdapat tepat di sebrangnya.
Joknya dilapisi dua jenis bahan kulit yang dieratkan dengan dua buah mounting stainless handmade.
2LOUD memilih warna yang sama dengan Nardo Grey milik Audi, yang kini mereka poles hingga ke bagian hubnya. Pilihan warna yang lucu ini membuat tampilan motor jadi elegan, berbanding terbalik dengan motor lain si pemilik, Honda CB1100 cafe racer yang garang.
Dia kelihatan sangat paham bahwa tidak ada salahnya untuk memacu motor pelan-pelan, apalagi jika motornya sekeren ini.
Terakhir, Max dan Lu sepertinya tidak pernah kehabisan akal saat mengerjakan motor-motor berkapasitas kecil. Inikah saatnya gabung klub Cub?
Sumber [ BIKEEXIF ]