Persiapan Sambut Bol d’Or, Balapan Akhir Musim EWC

  • 15/08/2023
  •  640 views

Persiapan Sambut Bol d’Or, Balapan Akhir Musim EWC

Hitung mundur menuju babak penentu FIM EWC 2023 telah dimulai.

Pada tanggal 14-17 September mendatang, Sirkuit Paul Ricard di Prancis Selatan akan menjadi tuan rumah salah satu ajang balap motor paling terkenal di dunia yang tepat berusia 100 tahun pada musim lalu.

Sekali lagi, Bol d’Or akan menentukan hasil FIM EWC 2023 untuk Tim dan Pabrikan, FIM EWC 2023 untuk Tim dan Pabrikan, dan Trofi Independen EWC. Dengan poin yang dikalikan 1,5, seluruh peluang juara masih terbuka lebar.

Berikut adalah informasi terkait jadwal penting dan beberapa hal lainnya:

JADWAL SEMENTARA FIM EWC:
Jadwal utama FIM EWC adalah sebagai berikut*:

Kamis, 14 September:
14:30-16:30: Latihan Bebas
17:30-17:50: Kualifikasi Pertama (Rider Biru)
18:00-18:20: Kualifikasi Pertama (Rider Kuning)
18:30-18:50: Kualifikasi Pertama (Rider Merah)
19:00-19:20: Kualifikasi Pertama (Rider Hijau)
20:30-21:30: Latihan Bebas Malam

Jumat, 15 September:
09:00-09:20: Kualifikasi Kedua (Rider Biru)
09:30-09:50: Kualifikasi Kedua (Rider Kuning)
10:00-10:20: Kualifikasi Kedua (Rider Merah)
10:30-10:50: Kualifikasi Kedua (Rider Hijau)

Sabtu, 16 September:
08:30-09:15: Pemanasan
15:00: Pembukaan Bol d’Or ke-86

Minggu, 17 September:
15h00: Penutupan Bol d’Or ke-86
*Berdasarkan Waktu Eropa Tengah

INFO PENTING BALAPAN
TEMPAT: Sirkuit Paul Ricard, Prancis
LOKASI: RDN8 – 2760 Route des Hauts du Camp 83330 Le Castellet, Prancis
WAKTU: 14-17 September 2023
PANJANG LINTASAN: 5.673 kilometer
DURASI BALAPAN: 24 jam
REKOR PUTARAN KUALIFIKASI:
BMW Motorrad World Endurance Team – Illya Mykhalchyk, 1 menit 51,641 detik, 2022
REKOR PUTARAN BALAPAN:
ERC Endurance-Ducati – Xavi Forés, 1 menit 52,979 detik, 2022

KLASEMEN:
https://www.fimewc.com/standings

EWC DALAM 100 KATA: Pada tahun 1922, Tony Zind berhasil menaklukkan balapan Bol d’Or pertama tanpa rekan setim yang diadakan di trek tak beraspal sepanjang lima kilometer di dekat kota Paris. Di tahun 2022, Florian Alt, Erwan Nigon, dan Steven Odendaal menjadi juara setelah menaklukkan trek sepanjang 5,673 kilometer dalam balapan anniversary Bol d’Or ke-100 di sirkuit Paul Ricard. Balapan ini telah diselenggarakan di tujuh sirkuit berbeda sejak diadakan pertama kali. Tahun ini, balapan ini akan menjadi penutup musim EWC sekaligus menjadi balapan ke-30 yang diadakan di sirkuit Paul Ricard sejak tahun 1979. Mistral Straight, trek lurus sepanjang lebih dari satu kilometer, akan menjadi salah satu bagian sirkuit yang paling menantang dalam balapan ini.

FAKTA MENARIK:
*Bol d’Or pertama kali diselenggarakan pada tahun 1922 di sirkuit tak beraspal sepanjang lima kilometer yang terbentang antara Vaujours, Clichy-sous-Bois, dan Livry-Gargan.
*Saat itu, balapan ketahanan ini hanya membolehkan satu pembalap mengendarai satu motor tanpa jeda kecuali untuk mengisi bahan bakar.
*Pada tahun 1954, akhirnya para pembalap diperbolehkan membawa pembalap kedua, lalu pembalap ketiga pada tahun 1978.
*Meski Bol d’Or telah berusia 100 tahun pada 2022, tahun ini sebenarnya adalah penyelenggaraan yang ke-85 dan edisi ke-29 yang berlangsung di Sirkuit Paul Ricard.
*Bol d’Or sempat ditiadakan pada 1940-1946 karena Perang Dunia II, pada 1961-1968 karena menurunnya minat masyarakat, pada 2020 karena pandemi COVID-19.

APA KATA FLORIAN MARINO:
“Balapan ini lebih sulit bagi motor karena sirkuit ini memiliki lintasan lurus yang panjang dengan kecepatan penuh yang jelas bukan yang hal yang baik untuk mesin selama 24 jam. Secara keseluruhan, ini bukanlah trek yang sulit. Treknya yang cukup dinamis, tetapi perlu dipahami di mana titik pengereman yang baik ditambah dengan faktor angin. Jika kering, kami bisa mengatasinya, tetapi perlu berhati-hati dan ini tergantung pada pengalaman. Saya merasa siap untuk balapan, tetapi saya akan melakukan beberapa latihan ekstra di gym untuk memperkuat leher saya karena akan ada lebih banyak ketegangan di leher dengan lintasan lurus yang panjang disertai terpaan angin. Tapi, ini adalah trek yang cukup menyenangkan dengan banyak tempat untuk menyalip yang bagus untuk balapan.”

PARA JUARA:
2022: Viltaïs Racing Igol (Florian Alt, Erwan Nigon, Steven Odendaal) 718 lap
2021: Yoshimura SERT Motul (Gregg Black, Xavier Siméon, Sylvani Guintoli) 704 lap
2019: Suzuki Endurance Racing Team (Vincent Philippe, Étienne Masson, Gregg Black) 313 lap
2018: F.C.C. TSR Honda France (Freddy Foray, Josh Hook, Mike Di Meglio) 698 lap
2017: GMT94 Yamaha (David Checa, Niccolò Canepa, Mike Di Meglio) 683 lap

MEKANISME PERHITUNGAN POIN
Poin diberikan kepada tim dalam kategori Formula EWC dan Superstock sebagai berikut:
Ke-1 = 60 poin; ke-2 = 49.5; ke-3 = 42; ke-4 = 36; ke-5 31.5; ke-6 = 28.5; ke-7 = 25.5; ke-8 = 22.5; ke-9 = 19.5; ke-10 = 16.5; ke-11 = 15; ke-12 = 13.5; ke-13 = 12; ke-14 = 10.5; ke-15 = 9; ke-16 = 7.5; ke-17 = 6; ke-18 = 4.5; ke-19 = 3; ke-20 = 1.5.

Poin juga akan diberikan kepada tim dalam kategori Formula EWC dan Superstock setelah 8 dan 16 jam balapan sebagai berikut: Ke-1 = 10 poin; ke-2 = 9; ke-3 = 8; ke-4 = 7; ke-5 = 6; ke-6 = 5; ke-7 = 4; ke-8 = 3; ke-9 = 2; ke-10 = 1.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top