Skema Piramida Terbaru untuk Capai Puncak EWC

  • 14/09/2024
  •  322 views

EWC Pyramid

Bekerja sama dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Warner Bros. Discovery (WBD) Sports Europe, yang menandai 10 tahun sebagai promotor FIM Endurance World Championship pada tahun 2024, dengan senang hati memperkenalkan trek yang jelas menuju puncak EWC dengan kategori tingkat pemula baru, komponen utama dalam persiapan musim 2025.

Menjelang Bol d’Or yang akan menutup musim EWC penuh aksi akhir pekan ini (14-15 September), komitmen WBD Sports untuk lebih memperluas daya tarik – dan dengan demikian meningkatkan jumlah peserta – dari disiplin balap motor internasional yang paling sulit berpusat pada piramida yang memberi rider dan tim platform alternatif untuk berkompetisi, terlepas dari tingkat pengalaman dan kemampuan finansial mereka.

Dengan menggunakan sepeda motor produksi 1000cc yang dihomologasi FIM, jenjang atau perkembangan EWC dimulai dengan FIM Production World Trophy terbaru, berlanjut dengan kelas Superstock untuk mesin yang lebih dimodifikasi, dan mencapai puncaknya di Formula EWC, tingkatan tercepat dan paling maju secara teknis.

FIM PRODUCTION WORLD TROPHY UNTUK 2025

Mulai tahun 2025, FIM Production World Trophy akan diperebutkan sepanjang musim EWC dengan perhitungan tiga skor terbaik tiap tim. Sebagai kategori tingkat pemula, para peserta akan membalap dengan sepeda motor 1000cc yang sangat mirip dengan sepeda motor jalan raya tetapi hanya dengan modifikasi dasar yang diizinkan untuk membatasi biaya operasional dan memastikan kelas baru ini terjangkau baik secara finansial maupun dalam hal performa. Dengan target ini, hanya tangki bahan bakar standar yang dapat digunakan dan diganti selama pitstop dengan bantuan konektor pelepas cepat yang aman, bukan dengan mengisi ulang bahan bakar. Waktu pitstop minimum akan diatur demi alasan keselamatan.

Yang terpenting, para pesaing FIM Production World Trophy akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di lintasan pada saat yang sama dengan para pembalap Formula EWC dan Superstock serta mendapatkan keuntungan dari siaran langsung dan paparan di saluran resmi EWC.

Tinjauan umum tentang peraturan olahraga akan tersedia pada waktunya dan supplier ban tunggal juga akan dikonfirmasi.

Gilles Stafler, Koordinator Olahraga EWC dan sebelumnya seorang pembalap dan manajer tim juara dalam kejuaraan tersebut, mengatakan: “Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi EWC saat kami mengembangkan kategori baru dan mudah diakses ini. Selama beberapa bulan mendatang, kami akan mengumpulkan masukan dari semua pemangku kepentingan saat kami berupaya menyelesaikan peraturan untuk tahun 2025.

“Sebagai mantan manajer tim di EWC, saya sangat memahami tekanan finansial yang ada. Saya juga tahu betapa kompetitifnya EWC saat ini, menjadikan piramida yang melayani semua tingkat kinerja dan anggaran menjadi semakin penting. Respons yang kami terima dari para pembalap dan tim selama fase diskusi awal benar-benar menggembirakan dan kami akan terus berupaya untuk mencapai hasil yang baik pada tahun 2025.”


YAMAHA R7 ENDURANCE SERIES BARU UNTUK TAHUN 2025 AKAN BERSATU DENGAN DUA BALAPAN EWC SEBAGAI BALAPAN PENDUKUNG

Selain kategori baru, Yamaha R7 Endurance Series baru untuk tahun 2025 akan menjadi balapan pendukung di dua putaran EWC Eropa, yang berfungsi sebagai titik awal yang potensial bagi para pembalap dan tim yang mempertimbangkan untuk mendaki piramida EWC di masa mendatang.

Yamaha R7 Endurance Series yang serba baru akan menyediakan platform bagi para pembalap dan tim untuk maju dari tingkat nasional ke tingkat internasional. Dengan menggunakan sepeda motor Yamaha R7 dengan ban dari distributor yang telah ditentukan, Yamaha R7 Endurance Series akan dipertandingkan dalam dua ajang EWC Eropa pada tahun 2025. Ini akan memberi para peserta kesempatan untuk merasakan ajang EWC dengan tujuan memasuki kejuaraan sebagai tim permanen di musim mendatang. Yamaha R7 Endurance Series terbuka untuk semua orang tanpa memandang usia dan pengalaman, baik balapan untuk tim atau secara privat.

Andrea Dosoli, Manajer Yamaha Motor Europe Road Racing, mengatakan: “Kami senang menjalin kemitraan ini dengan FIM dan Warner Bros. Discovery Sports Europe untuk Yamaha R7 Endurance Series yang baru. R7 adalah yang terbaru dalam rangkaian sepeda motor seri R Yamaha, yang menggabungkan perpaduan sempurna antara handlyang lincah dan performa sport yang telah membuktikan dirinya sebagai platform balap tingkat pemula yang sempurna. Hal ini telah dibuktikan dengan keberhasilan berbagai ajang Yamaha R7 Cups dan Challenges tingkat nasional di seluruh Eropa, yang berpuncak pada R7 European Cup SuperFinale, yang untuk pertama kalinya tahun ini, diselenggarakan bersamaan dengan putaran final musim EWC di Bol d’Or. Seri baru ini akan semakin memperkuat hubungan kami dengan EWC dan memberikan cara yang terjangkau dan mudah diakses bagi masyarakat untuk melangkah maju dari balapan di tingkat nasional dan merasakan sensasi serta tantangan balapan ketahanan di hadapan khalayak global.”


PERKEMBANGAN KUNCI YANG DIDUKUNG OLEH FIM DAN PROMOTOR BALAP

Jean-Baptiste Ley, Direktur Acara Motorsport di Warner Bros Discovery Sports, promotor EWC, mengatakan: “EWC dalam kondisi baik, tetapi selama beberapa musim terakhir, kami merasa ada bagian dari teka-teki yang hilang. Sementara pendatang baru bergabung dengan kejuaraan setiap musim, kami ingin mencapai nomor grid yang lebih tinggi untuk memperkuat masa depan disiplin ini. Untuk melakukan ini, kami telah mengembangkan piramida yang tidak hanya menyederhanakan akses ke balap ketahanan tetapi juga menetapkan jalur yang jelas untuk kemajuan menggunakan sepeda dasar yang sama tetapi pada tingkat kinerja dan persiapan teknis yang berbeda. Kami tahu minat itu ada, kami hanya perlu membuat platform yang membuat EWC lebih mudah diakses. Kami yakin FIM Production World Trophy akan menyediakan titik masuk ini dan kami senang mendapatkan dukungan penuh dari FIM dan promotor balapan.

“Pada saat yang sama, kami senang bermitra dengan Yamaha Racing pada Yamaha R7 Endurance Series yang baru. Ini juga merupakan kesempatan yang bagus bagi para pebalap dan tim untuk merasakan EWC sebelum mereka benar-benar mengikutinya di masa mendatang.”


Paul King, Direktur CCR, Fédération Internationale de Motocyclisme, mengatakan: “Tingkat persaingan FIM Endurance World Championship dan FIM Endurance World Cup meningkat secara mengesankan dan FIM sangat senang dengan perkembangan ini. Namun, dampak dari perkembangan ini adalah bahwa kinerja mesin dan biaya yang melekat meningkat. Kami mencoba mengendalikan biaya ini, yang juga disebabkan oleh dampak pandemi kesehatan global COVID-19 dan inflasi di seluruh dunia serta membangkitkan minat tim yang mungkin telah berpaling dari disiplin yang sangat khusus ini, ketahanan. Penciptaan kelas produksi baru ini akan memungkinkan kami dengan lebih banyak sepeda standar dan ide-ide inovatif untuk menciptakan kelas berbiaya lebih rendah sambil memastikan bahwa kinerja mesin-mesin ini di lintasan sangat dekat dengan mesin-mesin mutakhir, mesin EWC dan Superstock. Ini merupakan tantangan tetapi juga kesempatan besar bagi kejuaraan ini untuk mendatangkan tim-tim baru dan mempertahankan beberapa teman kami yang sudah ada.”

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top