Partner EWC Dunlop Luncurkan Ban Premium SportSmart Mk4 untuk Kelas Motor Hypersport
- 22/10/2024
278 views
Dunlop, partner ban resmi FIM Endurance World Cup atau kelas Superstock, telah memperkenalkan ban hypersport terbarunya yang berfokus pada trek jalan raya, yakni SportSmart mk4, yang memiliki berbagai penyempurnaan dari seri terdahulu untuk sepeda motor sport.
Menggantikan SportSmart Mk3 yang sangat populer dalam kelasnya, yang diluncurkan pada tahun 2019, SportSmart mk4 merupakan hasil dari pengembangan berkelanjutan yang tiada henti Dunlop. Dirancang untuk penggunaan utama di jalan raya, SportSmart mk4 berada dalam kelas yang sama dengan SportSmart TT yang berfokus pada jalan raya/lintasan.
Komponen baru memberikan performa dalam cuaca basah yang lebih baik
Seperti pendahulunya, SportSmart mk4 dilengkapi kompon MultiTread Dunlop pada ban belakang, yang menggabungkan kompon tengah yang lebih kuat, dan kompon bahu atau bagian tepi ban yang lebih lembut untuk memberikan kombinasi terbaik antara daya tahan dan performa menikung. Ban depan memiliki campuran senyawa yang sama dengan bahu ban belakang di seluruh lebar tapaknya, menawarkan penampilan dan umpan balik yang sama kuatnya terlepas dari sudut kemiringan ban.
Bahan ban baru ini memungkinkan peningkatan kinerja dalam cuaca basah secara dramatis dengan peningkatan traksi sebesar 20 persen pada permukaan dengan cengkeraman rendah dan peningkatan sebesar 18 persen pada permukaan dengan cengkeraman sedang, bersama dengan peningkatan traksi pada cuaca kering (1). Bahan MultiTread yang baru memiliki campuran polimer baru dan silika dengan area permukaan tinggi, resin cengkeraman basah dan kering, serta teknologi Fine Carbon. Kombinasi bahan-bahan ini membantu mengurangi waktu pemanasan ban dan lebih mudah mendapatkan cengkeraman dan traksi pada hari-hari yang dingin serta mengurangi ban selip sehingga bisa menempuh jarak lebih jauh.
“Sejak awal kami tahu bahwa kami meminta banyak hal dari tim pengembangan kami,” jelas Roberto Finetti, Manajer Pemasaran, Dunlop Motorcycle Europe. “Bahkan hingga saat ini, spek ban pendahulunya masih sangat tinggi, tetapi kami ingin membuat gebrakan agar ban baru ini menonjol di segmen hypersport premium yang sangat kompetitif. Kami senang bahwa tim tidak hanya mencapai target, tetapi juga berhasil melampaui target, terutama dengan peningkatan performa di cuaca basah. Hasilnya adalah ban hypersport yang memungkinkan pengendara sepeda motor sport dari semua kemampuan untuk menguasai tikungan.”
Teknologi juara balapan memberikan rider performa yang lebih presisi dan memuaskan
Pengalaman luas Dunlop dalam balap superbike dan supersport tingkat tinggi menjadi inspirasi bagi sebagian besar teknologi yang digunakan dalam rangkaian hypersport premiumnya. SportSmart mk4 adalah ban terbaru yang mendapatkan manfaat dari inovasi yang telah terbukti di balapan tersebut.
Pengembangan ini meliputi Dynamic Front Formula pada ban depan, yang membantu mendapatkan keseimbangan sempurna yang meminimalisir gerakan pada stang, cengkeraman dan stabilitas yang lebih baik, serta kecocokan yang tepat antara kedua ban depan dan belakang. Ada pula Carcass Tension Control System untuk menyetel ketegangan casing dan mengoptimalkan penggunaan bahan kompon ban.
Hasilnya, SportSmart mk4 memberi pengendara kemudahan berbelok, ganti arah yang mudah, presisi kemudi yang sangat baik, dan perilaku netral di tikungan. Kenyamanan pengendara ditingkatkan untuk pengendaraan yang lebih menyenangkan dan presisi di jalan yang bergelombang atau tidak terawat dengan baik.
Dunlop telah menggunakan analisis elemen hingga (FEA) untuk mengembangkan pola tapak ban baru yang khas, yang didasarkan pada SportSmart Mk3 dan TT tetapi dimodifikasi agar sesuai dengan konstruksi dan sifat bahan yang baru. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk mendapatkan tapak yang ideal dan kekakuan rangka agar lebih mudah dikendalikan, serta keausan yang konsisten dan pemanasan yang cepat.
“Masukan dari rider penguji menunjukkan hampir tidak adanya kejadian ban terangkat saat pengereman pada tikungan, dan bahwa ban secara umum tidak terpengaruh oleh perubahan beban,” kata Dmitri Talboom, Manajer Produk Dunlop Motorcycle Europe. “Ini merupakan indikasi pengembangan yang telah dilakukan tim R&D kami dalam semua aspek kinerja ban untuk memberikan pengendara sepeda motor sport dari semua kemampuan pengalaman yang memuaskan. Rider yang paling menuntut akan menghargai tingkat kinerja yang luar biasa, terutama dalam kondisi yang lebih dingin atau basah, sementara pengendara dengan tingkat kemampuan lain akan memperhatikan presisi, kemudahan berbelok, dan kenyamanan tambahan untuk membuat perjalanan mereka lebih menyenangkan.”
SportSmart mk4 hadir dalam jajaran ban hypersport premium Dunlop bersama SportSmart TT (50/50 untuk penggunaan jalan raya/trek), D212 GP Racer (untuk hari-hari trek) dan GP Pro D213 (ban balap untuk kejuaraan yang mewajibkan ban legal untuk jalan raya). SportSmart Mk3 yang ada akan tetap tersedia dalam sejumlah ukuran terbatas.
(1) Dibandingkan dengan Dunlop SportSmart Mk3 pada ban depan 120/70ZR17 dan ban belakang 180/55ZR17.
Ukuran yang tersedia saat peluncuran
120/70ZR17 (58W)
160/60ZR17 (69W)
180/55ZR17 (73W)
190/50ZR17 (73W)
190/55ZR17 (75W)
200/55ZR17 (78W)
Sumber [ FIM EWC ]