Pandangan Ahli Xavier Siméon Soal EWC Bol d’Or
- 21/09/2025
2 views
Sang juara FIM Endurance World Championship 2021, Xavier Siméon, menjadi bagian dari kru peliputan pitlane EWC bersama Greg Haines. Ini adalah pandangan ahli dari rider Belgia tersebut menjelang Bol d’Or penentu musim.
Gelar juara: “Sungguh luar biasa bahwa begitu banyak tim masih bisa memenangkan gelar. Ketika Anda memulai musim, tekanan yang Anda rasakan sudah tinggi, tetapi tekanan di pundak semua tim, semua rider akan sangat ekstrem. Anda harus menyiapkan motor dalam potensi terbaiknya, tetapi juga berhati-hati agar tidak melakukan terlalu berlebihan karena kita tahu Paul Ricard sangat berat dengan trek lurus panjang, Mistral. Para rider harus memaksimalkan dorongan, namun juga mampu memahami batasnya. Akan ada kompromi besar antara menyerang habis-habisan selama 24 jam atau menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi. Sangat sulit untuk dimainkan, itulah mengapa balapan ini akan sangat menarik.”
Dorongan terakhir: “Setiap rider akan memiliki pendekatannya sendiri. Beberapa akan berkata ini seperti balapan lainnya, berlangsung normal saja tanpa ubahan apa pun, tetapi saya tidak percaya itu. Dulu ketika saya bisa merasakan tekanan ekstra harus membuat hasil, saat itulah saya tampil lebih baik. Saya suka memiliki perasaan itu, tetapi saya tidak tahu apakah perasaan itu sama bagi rider lain. Beberapa punya pengalaman dalam situasi seperti itu, beberapa tidak. Bagi banyak tim, penting untuk memenangkan kejuaraan karena mereka belum pernah menang sebelumnya, itulah mengapa saya bilang ini akan menjadi salah satu balapan paling gila dalam beberapa musim terakhir.”
Prestise: “Ini adalah kejuaraan dengan ruang tanpa sedikit pun kesalahan. Konsentrasi yang harus Anda miliki di atas motor, di luar motor, itu cukup berat. Setelah 24 jam, jika Anda bisa memiliki gelar juara di tangan, itu adalah kepuasan yang sungguh besar.”
Trek: “Sirkuit ini memiliki tata letak yang sangat mengalir, jadi tidak ada yang istimewa. Saya tidak akan mengatakan ini trek yang mudah karena tidak, tetapi Mistral Straight ini adalah yang terpanjang di dunia. Untuk mesin, motor-motor sekarang sangat cepat tetapi mereka menyiapkan mesin untuk menjadi cepat, tapi juga konsisten. Anda harus mendorong hingga batas maksimal, tapi tetap mengontrol agar mesin tidak rusak. Beda cerita dengan di Le Castellet dan itulah tujuan dari balapan ketahanan: untuk menunjukkan kepada dunia motor mana yang terbaik.”
Panduan performa: “Saya melihat kualifikasi yang sangat menantang, dengan poin yang bisa didapet, semua orang akan mengerahkan segalanya sejak lap pertama, mencetak rekor lap baru. Saya sangat bersemangat.”
Sumber [ FIM EWC ]