Modifikasi Monster Turbo VMAX 1200 by Esper Racing Japan Custom Culture
- 04/11/2022
685 views
VMAX by ESPER
Yamaha VMAX 1200 ini merupakan hasil kreasi dari ESPER Japan. Bagian bodinya begitu unik bak monster, terlebih mesin twin turbocharger intercooler dan NOS (Nitrous Oxide System) yang melilit motor terkesan sangat unik dan berani. Motor ini juga dilengkapi dengan velg depan dan belakang yang lebih rendah 17 inci.
Turbonya adalah yang versi karbu. Ada surge tank (penyimpan tekanan untuk udara segar supercharged) ditempatkan di dalam cover tangki dengan empat injektor tambahan di atasnya seperti punya CBR1000RR untuk mengeluarkan tenaga sebanyak 350 horsepower. Alur selangnya mengikuti lekuk body yang dimodifikasi. Tapi ketika motor coba dinyalakan, sepertinya power terlalu besar, jadinya motor kembali dirombak agar tenaganya 160 hp saja.
Bodywork
Ada dua stabilizer stang untuk menopang motornya, dari Hyperpro dipasang di tengah segitiga dan satu lagi dari NHK di sebelah kirinya. Master silinder kanan kirinya datang dari seri RCS Brembo, spionnya dimodif, dan ada penambahan meter visor plus cover tangki model tonjolan sisik yang sangat unik.
Cover samping berbahan aluminiumnya dicat dengan cat wrinkle, joknya menggunakan motif jahitan cross-stitch dengan tambahan sissy bar yang berfungsi sebagai carrier juga ala motor cruiser. Fitur unik lainnya adalah jalur selang udara bersih di sekitar jok.
Mesin
Mesin V4 70 derajat berkapasitas 1199cc dan karburator BDS 35 x 4 merupakan bawaan asli VMAX 1200 yang dikombinasikan dengan tutup kopling model tengkorak dan oil cooler model lengkung. Soal superchargernya memakai single turbo Garrett’s dan NOS.
Intake & Exhaust
Udara segar bertekanan mengalir dari turbo ke bagian bawah sisi kiri body melalui intercooler ke surge tank di dalam tangki dummy lalu ke karburator. Total ada empat injektor dipasang di surge tank dan satu nozzle NOS dipasang di body throttle. Turbocharger bisa menaikkan kecepatan ke 320ps, dan total maksimalnya bisa tembus 350ps.
Tubin Garrett ada di sisi kanan belakang motor dekat shock. Udara segar yang belakang diberi tekanan oleh knalpot dan mengalir ke arah depan turbin, masuk ke surge tank dari pipa di kiri atas, melewati komponen motor ke kiri. Ada blow-off valve dipasang di bagian luar shock kiri.
Stang
Speedometer dipindahkan dari tengah ke kiri dengan tambahan tachometer PIVOT WORKS di sisi kanan.
Komponen pengecek tenaga booster juga dipasang plus GPS dan multimeter Yoshimura. Indikator bensin, tachometer mesin, dan indikator lainnya di cover tangki merupakan asli bawaan motor.
Sasis
Rearsetnya sederhana berbahan aluminium CNC dengan heel guard carbon. Cover bak mesin dan gear depan juga dicat model wrinkle.
Shock belakang diganti ke merk Ohlins. Rem depan diperkuat dengan piston casting 4 piston Brembo dan piringan cakram Motomaster. Velg depan dan belakangnya pakai yang aluminium forging Type-S 5 palang dari Gale Speed ukuran 3.50-17/5.50-17 inci (asli VMAX 1200: 2.15-18/3.50-15).
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Rem |
Kaliper Axial Casting P4 30/34 Brembo (Depan/Belakang) Master Rem Radial RCS Brembo Piringan Cakram Flame MOTOMASTER |
Velg | Depan: GALE SPEED TYPE-S 3.50-17 Belakang: GALE SPEED TYPE-S 5.50-17 |
Suspensi | Shock Belakang S36PR1C1L OHLINS |
Footstep | Rearset Kit ESPER Orginal |
Stang | Stabilizer Stang RSC HYPERPRO Stabilizer Stang NHK Master Kopling Radial RCS Brembo |
Kelistrikan |
PIVOT WORKS GEKKO TACHO LAMP F1 PRO-GRESS2 Multi-temp Meter YOSHIMURA |