Perubahan Strategi Jelang 24 Heures Motos

  • 02/03/2020
  •  117 views

Perubahan Strategi Jelang 24 Heures Motos perubahan strategi jelang 24 heures motos - Perubahan Strategi Jelang 24 Heures Motos

Hanya 50 hari tersisa menjelang edisi ke-43 balapan 24 Heures Motos yang akan diadakan di Le Mans. Ronde ketiga FIM Endurance World Championship musim 2019-2020 tersebut akan berlangsung pada 18 dan 19 April mendatang yang akan dihiasi rider-rider baru serta motor dengan spek khusus 2020.

Beberapa tim ternama harus menata ulang susunan pembalap untuk tahun 2020. 24 Heures Motos yang diselenggarakan di sirkuit Bugatti akan menjadi balapan pertama di mana berbagai tim unggulan menggunakan konfigurasi tiga rider terbarunya.

Suzuki Endurance Racing Team, yang saat ini menduduki posisi puncak klasemen, akan memasangkan rider asal Belgia Xavier Siméon dengan Gregg Black serta Etienne Masson untuk pertama kalinya. Selepas kepergian Siméon, VRD Igol Pierret Experiences telah merekrut Mathieu Gines asal Prancis serta rider Spanyol Nicolás Terol yang merupakan juara dunia di kelas 125cc tahun 2011.

YART Yamaha, pemenang 8 Hours of Sepang, resmi menunjuk Karel Hanika untuk menjadi partner Niccolò Canepa asal Italia dan Marvin Fritz asal Jerman. Pembalap Australia Broc Parkes, yang sebelumnya memperkuat tim ini, akan membela Wójcik Racing Team yang mencetak hasil gemilang di Bol d’Or. Parkes akan memacu motor Yamaha tim asal Polandia tersebut bersama rider Inggris Gino Rea dan Axel Maurin dari Prancis. Kepergian Karel Hanika membuat Maco Racing memutuskan untuk merekrut rider Inggris Stefan Hill, yang akan menemani kompatriotnya James Ellison dan Enzo Boulom asal Prancis.

Pembalap Swiss Sébastien Suchet juga sudah memastikan kepindahannya ke Tati Team Beaujolais Racing dan akan menjadi rekan Alan Techer dan Julien Enjolras. Sebagai hasilnya, Bolliger Team Switzerland harus mengubah susunan pembalapnya yang sekarang meliputi Roman Stamm, Nigel Walraven, dan Jan Bühn.

Beberapa tim favorit telah memutuskan untuk mempertahankan lini pembalapnya, termasuk sang juara bertahan Webike SRC Kawasaki France Trickstar, yang juga merupakan juara 24 Heures Motos tahun lalu. Motor Kawasaki #1 akan tetap ditunggangi trio Jérémy Guarnoni, Erwan Nigon dan David Checa.

Tim pabrikan baru BMW Motorrad World Endurance Team, yang berhasil meraih posisi podium di kedua balapan pembuka, akan tetap diperkuat Kenny Foray, Ilya Mykhalchyk dan Markus Reiterberger.

Motor spesifikasi baru
F.C.C. TSR Honda France juga telah mengonfirmasi bahwa mereka tetap mempertahankan Josh Hook, Freddy Foray, dan Mike di Meglio di lini pembalapnya. Perubahan besar yang dibawa oleh tim asal Jepang tersebut adalah penggunaan motor baru CBR 1000 RR 2020.

Usai menjalani tes musim dingin di Spanyol, YART Yamaha juga mengaku puas dengan performa YZF-R1 versi 2020.

Setelah menjalani debutnya di 8 Hours of Sepang pada Desember lalu, Ducati Panigale V4 milik Team ERC Endurance akan benar-benar diuji di 24 Heures Motos. Tim asal Jerman tersebut akan menjadi sorotan utama di Le Mans. Kemudi Ducati #6 sudah dipercayakan kepada Louis Rossi, Julien da Costa, dan Ondřej Ježek.

Sebelum balapan inti 24 Heures Motos pada 18 dan 19 April mendatang, semua tim yang terlibat akan menjalani tes prabalapan terlebih dahulu di sirkuit Bugatti pada 31 Maret dan 1 April.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top