Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

  • 14/12/2020
  •  429 views

Triumph Trident 660 2021 Review review triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Akhir-akhir ini dunia motor internasional dipenuhi dengan kehadiran motor-motor 1000 cc ke atas yang powerful, punya banyak komponen, dan mahal. Di tengah ramainya pasar motor besar ini, Triumph hadir dengan Trident 660 dalam kategori motor kelas cc menengah yang simpel, user friendly dengan spek yang tidak kalah saing.

Kualitas Riding (5/5)

Triumph sebelumnya sudah membuat mesin 660 cc yang menjadi inti Street Triple S. Trident juga memiliki mesin serupa yang sudah dimodifikasi menjadi lebih mudah dikendalikan dibandingkan dengan Street Triple S yang lebih sporty. Trident punya model yang benar-benar baru mulai dari sasis tubular berbahan baja, desain minimalis dan komponen elektronik ride-by-wire.

Test Ride Triumph Trident 660 2021 triumph trident ride - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Ruang kaki lebih lega serta tinggi jok 805 mm membuat rider yang bertubuh tidak terlalu tinggi bisa dengan mudah menapakkan kaki. Stangnya dibuat agak condong ke arah rider sehingga selain bergaya sporty ia tidak membuat sakit pergelangan tangan.

Trident bisa digunakan untuk bepergian sehari-hari maupun keperluan balapan. Kebolehannya untuk beradaptasi pada trek yang dilibas sungguh menakjubkan.

Berat motornya hanya 189 kg dan memiliki keseimbangan yang hingga kini masih belum bisa diraih oleh pabrikan Jepang (kebanyakan terlalu soft di bagian belakang dan keras di bagian depan). Inilah hasil kerja keras para desainer, tim pengembang, dan test rider Triumph.

Suspensinya bekerja dengan sempurna; tidak terlalu lembek maupun keras. Stirnya ringan, pengeremannya mantap, dan ABS tidak terlalu merecoki.

[Baca Juga]
Triumph Akhirnya Perlihatkan Wujud Asli Trident

Mesin (4/5)

Mesin Triumph Trident 660 2021 mesin triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Motor bermesin tiga silinder terkenal dengan dualitasnya; raungannya menyerupai mesin dua silinder plus rev khas empat silinder. Inilah rahasia kesuksesan Yamaha MT-09 dan seri Triple Triumph bisa terjual lebih dari 600,000 unit pada akhir 2020.

Trident 660 punya gelegar mesin yang wah, namun output powernya mudah dikendalikan walaupun besar. Mesinnya tidak rewel ketika digeber dalam gir berapapun. Tenaga 80 hp yang memang tidak bertanding dengan motor-motor kelas wahid dengan 200 hp, tapi bagi rider yang tidak mengejar hal tersebut, motor ini punya mesin kelas juara.

Switchgear Triumph Trident 660 2021 switch triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Aksi gas, kopling, dan transmisi sangatlah mulus. Walau ada kontrol traksi dan ABS, keduanya tidak menimbulkan masalah baik dalam keadaan kering maupun basah.

Mesinnya bekerja sempurna, khususnya berkat gir kelima dan keenam yang cukup tinggi. Dibandingkan dengan mesin Street Triple S, mesin Trident punya 67 komponen baru, termasuk kruk as, piston, pin, liner silinder, kepala silinder, cam, casting crank, radiator, alternator, filter udara, knalpot, dan lain-lain.

Tidak seperti mesin Daytona 675, Trident punya rider-by-wire system yang mengatur segalanya, mulai dari bahan bakar hingga riding mode (Road dan Rain).

Jok Triumph Trident 660 2021 jok triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

[Baca Juga]
Harley LiveWire vs Zero SR/S: Motor Listrik Sultan Mana yang Lebih Jago?

ws_headline1>Perlengkapan (5/5)

Komponen Trident punya estetika tersendiri mulai dari saklar stang yang rapi, spion teardrop, dan twin display yang elegan, semuanya dikerjakan dengan hati-hati dan ketelitian tinggi. Duduk di atas kemudi adalah LCD hitam yang menampilkan informasi seperti kecepatan, rev, dan tingkat bahan bakar. TFT screen berwarna di bawahnya menampilkan jam, tripmeter, posisi gear, menu setting, dan ketika dikombinasikan dengan aplikasi Triumph juga akan memuat navigasi, musik, dan panggilan.

Selain itu, komponen lainnya termasuk komponen biasa seperti lighting LED, self-cancelling indicator, immobilizer, velg lima palang aluminium, ban Michelin Road 5, handle rem adjustable, rem Nissin, dan knalpot underslung yang menghasilkan suara raungan yang merdu.

Rem Nissin Triumph Trident 660 2021 rem nissin triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Shock depan Showa yang digunakan tidak dapat disesuaikan, tetapi untuk riding biasa dan rider kebanyakan tidak masalah jika tidak bisa diotak atik. Shock belakangnya punya preload adjuster dan linkage yang penting jika Anda ingin berboncengan maupun membawa bagasi.

Salah satu fitur motor yang menonjol adalah tail belakang dengan kombinasi plat nomor, mudguard, dan sein yang terpasang pada swingarm. Under cowl bisa diganti dengan behel motor.

Aksi Triumph Trident 660 2021 triumph trident action - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Cut-out tangki yang dilengkapi dengan tank pad plastik dan emblem aluminium menempatkan lutut lebih rapat sehingga motor lebih mudah diajak kompomi.

Cat motornya yang dominan warna hitam, silver dan merah mempunyai beberapa detail emblem dan logo kecil yang ada pada knee pad, tutup tangki, lampu depan, lampu belakang, klem stang, dan jam.

Triumph tak lupa menyematkan Bluetooth, quickshifter up/down, USB charger di bawah jok, lampu indikator LED, sistem monitor tekanan ban, winshiled, belly pan aluminium, spion jalu, grip penghangat, dan behel motor.

[Baca Juga]
5 Rekomendasi Sparepart Best Seller KLX250

Dash Triumph Trident 660 2021 dash triumph trident - Review Test Ride Trident si Jagoan Baru Triumph

Sumber [ MCN ]

Related post

Return Top