Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!
- 11/11/2020
356 views
“Boxer engine” yang disematkan di sisi kanan dan kiri body menjadi ciri khas motor BMW. Salah satu motor yang menggunakan boxer engine ini adalah R18 yang berkapasitas 1.800 cc, setara mobil. Yuk simak bagaimana detail dan sensasi berkendara dengan R18 yang kalau kata test rider sih torsinya mantap betul!
Motor BMW bergenre cruiser dengan tampilan unik
BMW terkenal akan motor tourer dan adventure yang berukuran besar, namun R18 ini adalah motor cruiser yang beda dari yang lain!
Cruiser adalah sebutan bagi motor gaya Amerika yang diadopsi oleh banyak manufaktur di luar Amerika, termasuk BMW yang bermarkas di Jerman. Nyatanya, BMW sudah pernah mengeluarkan motor cruiser bernama R5 pada 1936 yang menjadi basis bagi R18.
Fitur utamanya tentu saja boxer engine 1.800 cc dan silindernya yang besar.
Kehadiran dua knalpot besar kanan kirinya lalu body motor yang banyak dilapisi plating berkesan mewah menyuguhkan aura yang memesona.
Perlengkapan paling modern di body vintage
R18 sudah dilengkapi dengan komponen paling canggih. Rem depan dan belakangnya bertipe ABS dan ACS: Traction Control juga sudah dipasang untuk mecegah ban selip.
Mode berkendara dapat dipilih dari tiga tipe, yakni ROCK (high power), ROLL (normal) dan RAIN (berkendara saat hujan). Anda dapat memilih mode yang sesuai dengan kondisi berkendara sesuka Anda.
Lampu depan dan belakangnya semua sudah LED. Pencahayaannya sangatlah terang sehingga Anda bisa berkendara pada malam hari tanpa kendala.
Sistem penggeraknya mengadopsi “shaft drive” yang unik khas BMW. Ini sengaja dirancang untuk menunjukkan proses rotasi dengan asnya yang terlihat jelas.
Foot grounding paling oke
Tinggi jok R18 adalah 69 cm dan dibuat dalam bentuk yang rendah khas motor cruiser. Untuk rider dengan tinggi badan 173 cm, Anda bisa menapakkan kaki dengan mantap dan masih ada sisa ruang yang nyaman ketika Anda menekukkan lutut.
Bahkan untuk rider wanita berpostur tubuh kecil, kaki masih bisa berpijak. Namun yang menjadi masalah adalah berat motornya yang mencapai 345 kg.
Torsi melimpah untuk akselerasi yang mantap!
Dengan kapasitas 1.800 cc, motor ini mampu berakselerasi dengan baik di semua gigi. Anda bahkan bisa langsung start di gigi 3 atau 4. Jika Anda geber motornya, langsung terasa sensasi tiada tara yang sangat mendebarkan jiwa berkat torsinya.
Awalnya test rider merasa ragu ketika berbelok karena R18 memiliki jarak sumbu roda yang panjang. Namun, ternyata motor ini mampu menikung dengan mulus.
Karena R18 memakai pedal operan gigi tipe “see-saw” yang umum ditemukan di motor cruiser, upshift dan downshift bisa dioperasikan secara terpisah dengan pedal depan dan belakangnya.
Sebelumnya, test rider belum pernah mencoba motor cruiser. Setelah mengendarai R18 selama 10 menit, ia perlahan-lahan terbiasa termasuk soal koplingnya yang terasa agak berat.
Begitu mesin dinyalakan, body motor akan mengayun cukup kuat ke arah kiri, sehingga pastikan kedua kaki sudah berpijak dengan baik untuk menahan motor. Ini memang bagian dari hal yang harus diperhatikan ketika berkendara dengan motor sejenis R18.
Coba dulu sebelum menilai
Jika mendengar tentang motor cruiser jumbo bermesin 1.800 cc, mungkin kebanyakan orang pasti langsung berpikir, “Ah, sepertinya tidak mungkin untuk mengendarainya…” Tapi, alangkah baiknya untuk mencobanya dulu sebelum menilai.
R18 punya torsi yang ganas dan mesin superior. Sensasi berkendaranya tentu jangan sampai dilewatkan!
Sumber [ ForRide ]