Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

  • 11/11/2020
  •  352 views

Test Ride BMW R18 test ride bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

“Boxer engine” yang disematkan di sisi kanan dan kiri body menjadi ciri khas motor BMW. Salah satu motor yang menggunakan boxer engine ini adalah R18 yang berkapasitas 1.800 cc, setara mobil. Yuk simak bagaimana detail dan sensasi berkendara dengan R18 yang kalau kata test rider sih torsinya mantap betul!

[Baca Juga]
BMW Ikuti Ducati Pakai Teknologi Radar untuk R1250RT 2021

Motor BMW bergenre cruiser dengan tampilan unik

Review BMW R18 review bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

BMW terkenal akan motor tourer dan adventure yang berukuran besar, namun R18 ini adalah motor cruiser yang beda dari yang lain!

Cruiser adalah sebutan bagi motor gaya Amerika yang diadopsi oleh banyak manufaktur di luar Amerika, termasuk BMW yang bermarkas di Jerman. Nyatanya, BMW sudah pernah mengeluarkan motor cruiser bernama R5 pada 1936 yang menjadi basis bagi R18.

Boxer Engine BMW R18 boxer engine bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Fitur utamanya tentu saja boxer engine 1.800 cc dan silindernya yang besar.

Knalpot BMW R18 knalpot bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Body Plating BMW R18 body plating bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Kehadiran dua knalpot besar kanan kirinya lalu body motor yang banyak dilapisi plating berkesan mewah menyuguhkan aura yang memesona.

[Baca Juga]
BMW R nineT Lolos Euro5 dan Dapat Warna Baru untuk 2021

Perlengkapan paling modern di body vintage

R18 sudah dilengkapi dengan komponen paling canggih. Rem depan dan belakangnya bertipe ABS dan ACS: Traction Control juga sudah dipasang untuk mecegah ban selip.

Mode berkendara dapat dipilih dari tiga tipe, yakni ROCK (high power), ROLL (normal) dan RAIN (berkendara saat hujan). Anda dapat memilih mode yang sesuai dengan kondisi berkendara sesuka Anda.

Lampu Depan dan Panel Meter BMW R18 headlight meter bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Lampu Belakang BMW R18 lampu belakang bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Lampu depan dan belakangnya semua sudah LED. Pencahayaannya sangatlah terang sehingga Anda bisa berkendara pada malam hari tanpa kendala.

Shaft Drive BMW R18 shaft drive bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Sistem penggeraknya mengadopsi “shaft drive” yang unik khas BMW. Ini sengaja dirancang untuk menunjukkan proses rotasi dengan asnya yang terlihat jelas.

Foot grounding paling oke

Foot Grounding BMW R18 foot grounding bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Tinggi jok R18 adalah 69 cm dan dibuat dalam bentuk yang rendah khas motor cruiser. Untuk rider dengan tinggi badan 173 cm, Anda bisa menapakkan kaki dengan mantap dan masih ada sisa ruang yang nyaman ketika Anda menekukkan lutut.

Bahkan untuk rider wanita berpostur tubuh kecil, kaki masih bisa berpijak. Namun yang menjadi masalah adalah berat motornya yang mencapai 345 kg.

Torsi melimpah untuk akselerasi yang mantap!

Sensasi Berkendara BMW R18 sensasi berkendara bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Dengan kapasitas 1.800 cc, motor ini mampu berakselerasi dengan baik di semua gigi. Anda bahkan bisa langsung start di gigi 3 atau 4. Jika Anda geber motornya, langsung terasa sensasi tiada tara yang sangat mendebarkan jiwa berkat torsinya.

Aksi Berbelok BMW R18 aksi berbelok bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Awalnya test rider merasa ragu ketika berbelok karena R18 memiliki jarak sumbu roda yang panjang. Namun, ternyata motor ini mampu menikung dengan mulus.

Karena R18 memakai pedal operan gigi tipe “see-saw” yang umum ditemukan di motor cruiser, upshift dan downshift bisa dioperasikan secara terpisah dengan pedal depan dan belakangnya.

Sebelumnya, test rider belum pernah mencoba motor cruiser. Setelah mengendarai R18 selama 10 menit, ia perlahan-lahan terbiasa termasuk soal koplingnya yang terasa agak berat.

Pijakan Kaki BMW R18 pijakan kaki bmw r18 - Test Ride BMW R18, Torsi Dahsyat Geberan Motor 1.800 cc!

Begitu mesin dinyalakan, body motor akan mengayun cukup kuat ke arah kiri, sehingga pastikan kedua kaki sudah berpijak dengan baik untuk menahan motor. Ini memang bagian dari hal yang harus diperhatikan ketika berkendara dengan motor sejenis R18.

Coba dulu sebelum menilai

Jika mendengar tentang motor cruiser jumbo bermesin 1.800 cc, mungkin kebanyakan orang pasti langsung berpikir, “Ah, sepertinya tidak mungkin untuk mengendarainya…” Tapi, alangkah baiknya untuk mencobanya dulu sebelum menilai.

R18 punya torsi yang ganas dan mesin superior. Sensasi berkendaranya tentu jangan sampai dilewatkan!

[Baca Juga]
Review Test Ride Aprilia RS660 yang Ditunggu-tunggu!

Sumber [ ForRide ]

Related post

Return Top