KTM Siap Lepas 890 Adventure R dan Rally 2021

  • 08/10/2020
  •  827 views

KTM Siap Lepas 890 Adventure R dan Rally 2021

KTM baru saja meluncurkan model motor terbaru 890 Adventure R dan 890 Adventure R Rally 2021. Sama seperti model Rally sebelum-sebelumnya, yang satu ini juga dilengkapi dengan travel suspensi yang lebih panjang dan lincah, livery yang lebih funky, dan knalpot Akrapovic.

Seperti yang tertera pada namanya, seri Adventure kini menggunakan mesin kaliber 889 cc yang mampu menyemburkan tenaga 103 bhp dan torsi 104 Nm.

Perubahan internal lainnya meliputi piston, balancer, stang seher, klep, per klep baru, dan masih banyak lainnya. KTM berkata bahwa komponen mesin kini 20% lebih ringan, namun tidak mempengaruhi output tenaga dan kestabilan motor saat melibas tikungan.

Ada juga beberapa perubahan kecil seperti slipper clutch dan transmisi baru yang membuat pergantian gir menjadi lebih mudah, serta oli cooler yang lebih besar dan knock sensor yang menjaga keawetan mesin. Kedua seri baru ini juga sudah lolos uji emisi Euro5.

KTM  890 Adventure R dan 890 Adventure R Rally 2021

[Baca Juga]
Multistrada V4 Jadi Motor Pertama yang Pakai Radar Depan-Belakang!

KTM juga tak lupa memberikan upgrade pada piranti elektroniknya, termasuk sistem kontrol traksi baru yang membedakan wheelie roda depan dan spin roda belakang. Katanya sistem ini berfungsi jauh lebih cepat, walau mode “Rally” sayangnya baru hadir khusus seri Rally saja.

Sebelumnya opsi ini ada di seri R sebagai komponen standar. ABS-nya juga tak lupa ditingkatkan speknya untuk mengakomodasi tenaga yang lebih besar dan mengurangi intervensinya saat motor sedang dipacu kencang-kencangnya. Terakhir, cruise control kini jadi bawaan untuk seri R dan Rally.

Dari segi sasis, perubahannya tidak begitu banyak, hanya subframe baja baru dan steerer aluminium yang tercipta untuk mengurangi berat motor yang bertambah karena beberapa penyesuaian untuk lolos Euro5. Ternyata perubahan ini tidak terlalu sukses karena berat bersih motor masih lebih berat 7 kg dibandingkan versi biasa.

Versi Rally tetap menggunakan shock depan Cone Valve fully adjustable dan shock XPlor. Sementara itu, si R mendapat suspensi gubahan baru. Keduanya menggunakan velg 21/18, namun Rally memiliki tipe velg yang lebih ramping untuk mengakomodasi jalanan off-trail.

Rally dijual secara terbatas dengan 700 unit yang tersedia, lebih banyak dari versi 790 yang hanya ada 500 unit.

Belum ada pengumuman dari KTM kapan peluncuran resminya atau tentang harganya, tetapi jika sudah ada detail sebanyak ini sepertinya tidak akan lama lagi.

[Baca Juga]
Beberapa Perubahan Anyar untuk CB650R 2021

Sumber [ MCN ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top