Modifikasi Honda CB1100 RS oleh 5Four Motorcycles

  • 01/11/2019
  •  229 views

CB1100 RS 5Four 2019 modifikasi honda cb100rs 5four 2019 - Modifikasi Honda CB1100 RS oleh 5Four Motorcycles

Tahun ini Honda akan merilis CB1100 RS versi custom hasil kolaborasi antara Honda Inggris dan bike shop 5Four Motorcycle. Dengan jok khusus untuk satu penumpang dan stang model lebar khas motor Honda tahun 80-an, motor ini akan diproduksi sebanyak 54 unit saja dan hanya tersedia di Inggris Raya.

Tahun 1969 merupakan tahun yang bersejarah dengan diluncurkannya Honda CB750 bermesin empat silinder segaris yang mengundang decak kagum dunia sekaligus mengukuhkan desain original superbike yang masih digunakan hingga hari ini.

Selang 50 tahun setelahnya, Honda masih menjaga warisan dan semangat CB yang kini hadir dalam bentuk CB1100 EX dan CB1100 RS bermesin empat silinder dengan dua pendingin udara. Kedua motor ini dibuat di pabrik Kumamoto, dengan proses produksi menggunakan teknologi paling mutakhir di bawah arahan berbagai ahli yang memiliki keterampilan dan ketelitian tingkat tinggi.

[Berita Terkait]
Inikah Honda CBR1000RR yang Sedang Tes di Suzuka?

CB1100 RS 5Four 2019 di Jalanan cb1100 rs 5four 2019 - Modifikasi Honda CB1100 RS oleh 5Four Motorcycles

Tahun 2019 ini Honda Inggris akan merayakan hari jadi CB750 yang ke-50 dengan berkolaborasi bersama 5Four Motorcycles dalam pembuatan sebuah motor custom edisi terbatas berdesain unik dengan menggunakan CB1100 RS sebagai basisnya.

Merupakan keputusan yang tepat untuk menggunakan CB1100 RS. Motor ini pada dasarnya sudan memiliki tampilan khas tahun keemasan Honda pada millenia yang lalu dan memiliki karakteristik café racer. Bentuk stangnya yang dinamis dikombinasikan dengan shock depan Showa berkualitas tinggi, rem radial empat piston, velg 17 inci cast aluminium dan ban khusus sportbike.

Tetapi untuk Guy Willison, komandan 5Four Motorcycles–seorang perakit sepeda motor tersohor yang pernah tampil di acara TV “The Motorbike Show” dan pernah bekerja sebagai kurir, mekanik, dan tukang stem di masa mudanya–CB1100 RS memiliki sesuatu yang spesial dan personal baginya.

Tampak Samping CB1100 RS 5Four 2019 tampak samping honda cb1100 rs 5four 2019 - Modifikasi Honda CB1100 RS oleh 5Four Motorcycles

“5Four Motorcycles dibentuk untuk membuat motor serbabisa standar yang banyak dijual di pasaran menjadi tunggangan berkualitas dan berperforma tinggi, memiliki desain keren nan eksklusif. Ketika saya pertama kali melihat CB1100 RS, saya langsung tahu bahwa motor ini punya potensi untuk jadi motor balap dengan jok single yang bisa menaklukkan berbagai rintangan.

Jadi kami membuat CB1100 yang hanya diproduksi sebanyak 54 unit dan tiap motornya memiliki nomor unik bagi setiap pemiliknya. Nomor tersebut disematkan dalam emblem 5Four yang ada di bagian belakang motor. Pengecatan motor ini juga terinspirasi dari periode ketika Honda mendominasi dunia balapan ketahanan dengan motor balap warna merah, putih, dan biru sehingga tidak ada emblem atau tempelan sama sekali, semuanya dicat secara sempurna. Kami sangat bersemangat dalam mengerjakan proyek ini.

Ketika motor yang telah kami buat dengan penuh perasaan ini selesai, kami memandangnya begitu lama dan rasanya tidak ingin berpisah untuk selamanya!” Dan kenapa nama 5Four? “Jawabannya mudah. 5Four adalah nomor panggil saya ketika bekerja sebagai kurir dulu..”

Tampilan Stang Honda CB1100 RS 5Four 2019 stang honda cb1100 rs 5four 2019 - Modifikasi Honda CB1100 RS oleh 5Four Motorcycles

Pandangan mendalam Willison seputar dunia sepeda motor (dan berbagai detail yang membuat karyanya semakin membanggakan) tercetak jelas pada hasil kreasinya. Setiap komponen CB1100 RS 5Four dapat dikategorikan benda seni yang masing-masing dapat ditampilkan di bawah lampu sorot. Setiap detailnya dipilih dengan begitu hati-hati untuk meningkatkan kontak visual maupun fisik antara si pengendara dan motor ini.

Kemudi CB1100 RS 5Four dibuat secara khusus menggunakan stang dari Renthal Ultra Low, grip stang Tomaselli, handle rem pendek dan spion berbahan billet yang semuanya dibalut dalam cat hitam. Jok ukuran singlenya sendiri datang dari brand Alcantara yang dibuat menggunakan kulit asli dan dijahit menggunakan tangan dalam pola diamond. Dudukan footstepnya sendiri berbahan aluminium dan memiliki finishing mengkilap layaknya cermin.

[Berita Terkait]
Spesifikasi dan Informasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Penggunaan komponen berbahan plastik terlihat sangat minimal pada motor ini. Fairing depan stang yang berguna menghalau angin dan seat tail-nya dibuat dengan tangan menggunakan bahan aluminium. Sepasang knalpot titanium Urban Growler dari Racefit–manufaktur knalpot top asal Inggris–memiliki tampilan yang mempesona dan mengeluarkan suara khas yang mampu membuat siapapun yang mendengar berdebar-debar.

SPESIFIKASI HONDA CB1100 RS 5FOUR

Sayangnya CB1100 RS 5Four hanya tersedia di Britania Raya saja. Proses pengerjaan tiap motor ini membutuhkan waktu tiga bulan dan dirakit secara manual. Harganya mulai dari Rp280 jutaan.

[Berita Terkait]
Aston Martin x Brough Superior Hadirkan Motor Edisi Terbatas

Sumber [ Honda Engine Room ]

Related post

Return Top