Breaking News: Galeri Foto Motor Internasional di EICMA 2018
- 05/12/2018
549 views

Ajang pameran motor EICMA 2018 berlangsung di Milan, Italia hingga 11 November lalu. Ajang ini menjadi event favorit pencinta motor dari berbagai negara dikarenakan motor-motor terbaru ditampilkan di ajang ini setiap tahunnya.
F850GS Adventure
F850GS Adventure hadir dengan performa off-road yang lebih baik. Penggunaan roda depan berukuran 21 inci diharapkan membuat performa motor ini menjadi lebih ‘buas’ namun tetap mudah dikontrol.
S1000RR
S1000RR menggunakan sistem katup yang sama dengan yang digunakan pada S1000R. Dengan pengurangan bobot sebesar 11kg menjadi 197kg, S1000RR mampu menghasilkan output maksimum sebesar 207ps. Sebuah potensi yang luar biasa, tentunya.
R1250RS
Di event tersebut, dipamerkan pula BMW R1250GS dan R1250RT yang telah menggunakan sistem katup variable dan mengalami pembesaran kapasitas. Seri Roadster RS juga mengalami modifikasi serupa. Panel meter-nya menjadi full color dengan tipe TFT. Selain sebagai karakteristik aerodinamika, cowl pada RS juga membuat tampilan motor jadi lebih cantik.
Panigale V4R
Panigale V4R yang merupakan motor WSBK hadir dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 998cc, dibandingkan dengan kapasitas mesin V4 yakni 1.103cc. Sekilas V4R tampak berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, V4 atau V4S, dikarenakan motor ini juga terinsipirasi dari Ducati Motogp terutama bagian aerodinamikanya, meskipun konsep dasarnya terinspirasi dari V4 dan V4S.
Panigale V4S memiliki bobot seberat 193kg sementara Panigale V4R hadir dengan bobot 2kg lebih ringan. Output maksimum yang dapat dihasilkan V4R pun jauh lebih unggul, yakni sebesar 221ps atau setara 15.250rpm. Jika menggunakan knalpot Akrapovic, output maksimum-nya bahkan bisa menyentuh angka 234ps. Mengagumkan, bukan?
Diavel 1260S
Diavel 1260S menggunakan truss frame desain terbaru yang berfungsi untuk menunjang performa handling dan ban belakang berdiameter 240mm untuk membuatnya terlihat sempurna. Untuk bagian mesin, motor ini menggunakan mesin DVT berkatup variable seperti yang digunakan pada XDiavel. Dengan spesifikasi tersebut, motor berkapasitas 1.262cc ini mampu menghasilkan output sebesar 159ps. Cornering ABS yang disematkan pada motor naked sport ini membuatnya terasa lebih bertenaga bahkan dibandingkan motor cruiser.
Multistrada 950S
Multistrada 950S dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, di antaranya 6-axis Inertial Measurement Unit Bosch (6D IMU), cornering ABS, Vehicle Hold Control (VHC) yang membantu pengendara saat start dalam posisi menanjak, dan juga kopling hidrolik. Swingarm dan velg yang digunakan pun jauh lebih ringan. Huruf ‘S’ pada namanya melambangkan kontrol suspensi elektronik yang digunakan pada motor ini.
790 ADVENTURE R
790 Adventure R adalah motor touring yang hadir dengan nuansa motor endure. Motor berkapasitas 799cc ini menggunakan mesin parallel twin yang juga digunakan pada 790 Duke meski tentu saja, yang digunakan pada 790 Adventure R sudah jauh lebih baik. Dengan kapasitas tangki hingga 20 liter, motor ini diperkirakan mampu menempuh jarak hingga 450km.
1290 SUPER ADVENTURE R
Motor ini hanya mengalami perubahan di bagian warna dan desain grafis. Meski demikian, perubahan di kedua bagian tersebut membuatnya tampak lebih ‘sharp’ dan berperforma tinggi.
690 Enduro R
Kontrol elektronik dan WP suspension pada motor ini pun telah mengalami pembaruan.
690 SMC R
Motor ini menggunakan mesin satu silinder LC4 dan merupakan supermoto yang dapat digunakan di jalanan umum. Fitur kontrol traksi dan cornering ABS yang disematkan pada motor ini juga akan mampu meningkatkan kepercayaan diri pengandaranya. Bagian tangki telah mengalami pembesaran kapasitas hingga 5 liter sehingga Anda pun dapat mengendarainya lebih lama.
LiveWire
Yang paling mengejutkan di ajang EICMA adalah Harley-Davidson yang tampaknya akan menjadi pelopor motor elektrik. Mesin LiveWire terdapat di bagian samping bawah bodi. Dari cuplikan video yang memperlihatkan motor ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa motor ini tampak seimbang dan bertenaga.
SVARTPILEN 701
Svartpilen 701 mengkombinasikan kesan flat tracker dan street scrambler, membuatnya terlihat jauh berbeda dari motor café racer Vitpilen 701.
Lainnya
SuperNEX
Perusahaan motor asal Taiwan, Kymco, pun ikut memperkenalkan mesin prototype motor super sport elektrik buatannya di ajang EICMA. Meski detail mesin masih belum jelas, namun desain SuperNEX terlihat sangat cantik. SuperNEX diklaim mampu bergerak dari diam hingga 100km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik. Namun, pihak Kymco mengatakan bahwa motor ini masih dalam tahap pengembangan.
Lainnya
RSV4 1100 Factory
RSV4 1000 hadir dengan kapasitas yang lebih besar dari RSV4, yakni 1.078cc. Motor ini mampu menghasilkan output maksimum sebesar 217ps, mengungguli RSV4 yang hanya mampu menghasilkan output sebesar 201ps. Selain itu, terdapat pula winglet ala MotoGP di bagian fairing-nya. Perubahan offset steering yoke dikurangi sampai 2mm, sehingga wheelbase-nya menjadi lebih pendek 4mm.
Concept RS 660
Untuk sebuah prototype, Concept RS 660 sudah tampak sangat matang layaknya motor yang sudah diproduksi massal. Motor ini menggunakan mesin parallel twin seperti yang digunakan pada RSV4 dan diperkirakan sanggup menghasilkan output sebesar 271ps, potensi yang tentu saja tidak bisa diremehkan. Aprilia mengatakan bahwa motor ini akan segera diproduksi massal.
SUPERVELOCE 800
Terinspirasi dari Turismo Veloce 800, Superveloce 800 merupakan motor bergaya café racer yang mengkombinasikan kesan vintage dan kekinian. MV Agusta dengan bangga memperkenalkan Superveloce 800 sebagai motor tercantik. Motor ini rencananya akan dipasarkan di pertengahan kedua tahun 2019.
Lainnya

Concept KX
Royal Enfield, perusahaan motor asal Inggris, juga ikut meramaikan EICMA dengan memperkenalkan Concept KX, motor dengan mesin V-twin yang terinspirasi dari Royal Enfield KX keluaran tahun 1938. Motor ini hadir dalam bentuk konsep dan belum ada pernyataan resmi bahwa motor ini akan diproduksi secara massal.
Scrambler 1200XE
Scrambler 1200XE hadir dengan berbagai fitur canggih, seperti IMU, Cornering ABS, dan kontrol traksi. Selain itu, Triumph juga akan merilis Scrambler 1200XC yang dikabarkan akan memiliki performa off-road yang lebih baik meski tanpa IMU.
Lainnya
Lihat Laman Indeks Motor BMW
Lihat Laman Indeks Motor Ducati
Lihat Laman Indeks Motor KTM
Lihat Laman Indeks Motor Harley-Davidson
Lihat Laman Indeks Motor Husqvarna
Lihat Laman Indeks Motor Kymco
Lihat Laman Indeks Motor Aprilia
Lihat Laman Indeks Motor MV Agusta
Lihat Laman Indeks Motor Royal Enfield
Lihat Laman Indeks Motor Triumph
Lihat Aksesoris untuk BMW S1000RR
Lihat Aksesoris untuk KTM 1290 Super Adventure R
Lihat Aksesoris untuk KTM 690 Enduro R
Lihat Aksesoris untuk KTM 690 SMC R
Lihat Aksesoris untuk Triumph Scrambler 1200XE
- 1290 SUPER ADVENTURE R, 690 Enduro R, 690 SMC R, BMW S1000RR (K46), Concept KX, Concept RS 660, Diavel 1260S, EICMA 2018, F850GS Adventure, KTM 790 ADVENTURE R, LiveWire, Multistrada 950S, Panigale V4R, R1250RS, RSV4 1100 Factory, S1000RR (K46), Scrambler 1200XC, Scrambler 1200XE, SuperNEX, Superveloce 800, Svartpilen 701
Suzuki GSX150 Bandit, Touring Perkenalan di Bali
Webike IKAZUCHI Racing Menjadi Juara Tim pada Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018