Brembo Ungkap Statistik Pengereman pada Motor Kelas Premium MotoGP di Circuit de Barcelona-Catalunya

  • 21/06/2019
  •  569 views

Setelah Prancis dan Italia, MotoGP kembali ke Spanyol dalam rangka MotoGP Catalunya, balapan ketujuh dalam kalender Kejuaraan Dunia 2019 yang diadakan dari 14 hingga 16 Juni di Circuit de Barcelona-Catalunya.

Dari total 4 balapan yang diadakan di Semenanjung Iberia, balapan ini adalah seri kandang bagi Maverick Viñales, Marc Marquez, dan Alex Rinz. Ketiganya tumbuh besar tidak jauh dari sirkuit ini. Peletakan batu pertama dilaksanakan pada Februari 1989 diikuti oleh pembukaan sirkuit pada 10 september 1991 dengan balapan pertama ajang Spanish Tourism Championship.

Balapan kelas 500cc diadakan sejak tahun 1992 dengan 4 rangkaian seri dinamakan GP Eropa hingga akhirnya berganti menjadi GP Catalunya. Dengan panjang 4.627 meter, sirkuit ini memiliki 5 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan dengan trek lurus sepanjang 1.047 meter.

Banyak rekor top speed yang dicetak para pembalap di sirkuit ini karena layoutnya. Kecuali di trek lurus, proses pengereman di bagian lain sirkuit ini sangat tajam dan bertubi-tubi. Suhu aspal yang relatif tinggi mengakibatkan masalah pada sistem pendingin rem. Imbasnya adalah temperatur cakram rem karbon dan kampas rem saat balapan menjadi lebih tinggi. Tapi, atas investasi Brembo dalam proses produksi dan penggunaan material rem selama satu dekade belakangan ini, sistem pengereman tetap efektif walaupun suhunya mencapai 800 derajat Celcius.

Menurut Teknisi Brembo yang menangani seluruh pembalap MotoGP, Circuit de Barcelona-Catalunya ada di kategori sirkuit yang sangat menguji rem. Dari skala 1 sampai 5, sirkuit ini mendapatkan skor penuh 5 dalam tingkat kesulitan. Nilai tersebut hanya diraih oleh Red Bull Ring, Twin Ring Motegi, dan Sirkuit Sepang.

07_spagna

Penggunaan Rem Selama Balapan

Bersama dengan Sirkuit Austin, Circuit de Barcelona-Catalunya adalah satu-satunya trek di paruh awal Kejuaraan di mana motor mengalami perlambatan sebesar 200km/h saat mengerem, dua kali dalam satu lap: di tikungan pertama perlambatan sebesar 239 km/h sedangkan saat di tikungan 10 sebesar 198 km/h.

Dalam setiap lap, pembalap menggunakan rem dengan total durasi 32 detik untuk 10 kali pengereman. Di trek yang sama, mobil F1 menggunakan rem kurang dari 15 detik setiap lapnya. Ini berarti rem digunakan sebesar 32% selama MotoGP Catalunya dan hanya 19% selama F1 GP Spanyol.

Hal ini dikarenakan oleh adanya 5 pengereman yang tingkat deselerasi maksimumnya hanya sebesar 1G; rata-rata deselerasi di Circuit de Barcelona-Catalunya sekitar 1,04G. Hanya Sirkuit Sachsencring dan Austin memiliki angka yang lebih rendah. Sedangkan di ajang Formula 1 deselerasinya mencapai 4G.

Total jumlah gaya yang diberikan pembalap terhadap handle rem Brembo sejak mulai balapan sampai checkered flag adalah lebih dari 1.000kg; setiap putaran pembalap diharuskan untuk menggunakan gaya sebesar 42kg. Jumlah yang tergolong besar mengingat tingginya temperatur saat balapan.

Brembo_2017_08

Pengereman Paling Menantang

Dari 10 tikungan yang ada di Circuit de Barcelona-Catalunya, 4 diantaranya tergolong membebani rem, 2 memiliki kesulitan tingkat mendium, dan 4 lainnya tergolong cukup mudah.

Tikungan yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi bagi rem adalah tikungan pertama: motor mencapai tikungan dengan kecepatan 340km/h dan memasukinya dalam 101km/h setelah menempuh jarak 293 meter untuk perlambatan. Menariknya, mobil Formula 1 mencapai tikungan dalam kecepatan yang lebih “rendah” yakni 325km/h dan memasukinya dengan kecepatan 146km/h yang diraih hanya diraih dari jarak sepanjang 119 meter.

Untuk menyelesaikan pengereman, pembalap menekan rem selama 5,4 detik dan menumpukan gaya sebesar 6,7kg pada handle rem. Deselerasi sebesar 1,5G yang dihasilkan mengalahkan milik Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio yang mengalami deselerasi sebesar 0,35G dari pengurangan percepatan 200km/h ke 0km/h. Tekanan yang diterima Minyak Rem Brembo HTC 64T mencapai 14,3 bar.

Pembalap kembali merasakan deselerasi sebesar 1,3G di tikungan 10. Kecepatan menurun tajam dari 264km/h ke 66km/h dalam waktu 5,3 detik dan jarak 223 meter. Pada saat itu, gaya yang ada di handle sebesar 5,6kg dan tekanan pada minyak rem sebesar 12,1 bar.

Tikungan 7 juga merupakan tikungan yang tergolong menuntut rem. Motor MotoGP melambat dari 231km/h ke 105km/h hanya dalam jarak 155 meter dan waktu 3,5 detik. Kebrutalan deselerasi ini dirasakan pembalap yang mengalami gaya 1,3G.

MotoGp_forza leva_pramac

Performa Brembo
Dari 27 edisi GP Catalunya yang dimenangkan motor dengan rem Brembo, 12 dimenangkan oleh Yamaha, 10 oleh Honda, 4 oleh Ducati, and 1 oleh Suzuki. Valentino Rossi tercatat telah memenangkan 7 edisi GP Catalunya di kelas MotoGP, 2 kemenangan di kelas 250cc dan satu di kelas 125cc. Semuanya ia raih dengan menggunakan sistem pengereman dari Brembo.

Sumber [ Brembo ]

Related post

Hot news

  1. YART Yamaha Suzuka
  2. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  3. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  4. TRT27AZ Moto
Return Top