Bukan V4 Biasa! Multistrada V4 Ditenagai Mesin Granturismo Terbaru

  • 20/10/2020
  •  432 views

Mekanisme Mesin Granturismo V4 Ducati mekanisme granturismo v4 - Bukan V4 Biasa! Multistrada V4 Ditenagai Mesin Granturismo Terbaru

Ducati memilih untuk melenceng dari tradisi demi mesin yang lebih mantap dan awet. Mereka ternyata mengembangkan mesin V4 baru untuk Multistrada V4 yang tidak menggunakan teknologi klep desmodromic, melainkan digantikan per klep biasa. Mesin empat silidernya terbukti sama perkasanya, atau malah lebih top dari pendahulunya.

Diberi nama Granturismo, mesinnya memiliki kapasitas 1.200 cc dan silindernya diposisikan dalam sudut miring 90 derajat. Semburan tenaganya mencapai 170 hp dalam 10.500 rpm dan torsi 124.7 Nm dalam 8.750 rpm. Walau mesinnya mirip-mirip dengan milik Panigale V4, versi yang satu ini dibekali dengan per klep biasa, bukan klep desmodromic yang tersohor, yang bisa membuka dan menutup berkat rocker arm yang dikendalikan oleh noken as. Sistem ini membuat mesin bisa menghasilkan lebih banyak tenaga, tetapi membuatnya juga lebih cepat aus dan butuh disetel secara berkala.

[Baca Juga]
Multistrada V4 Jadi Motor Pertama yang Pakai Radar Depan-Belakang!

Mesin Granturismo V4 Ducati Multistrada V4 ducati granturismo v4 engine - Bukan V4 Biasa! Multistrada V4 Ditenagai Mesin Granturismo Terbaru

Ducati merancang mesin V4 khusus untuk Multistrada, motor yang biasanya dipakai untuk riding jarak jauh, sehingga para perancangnya memiliki kebebasan untuk mengorbankan sedikit tenaga demi mesin yang lebih awet. Klep V4 terbaru butuh penyesuaian ulang setelah menempuh 37.000 mil, hampir dua kali dari interval desmodromic, yakni 19.000 mil. Sebaliknya, Multistrada sepertinya membutuhkan waktu idling lebih banyak dibandingkan dengan Panigale yang memang lebih ditujukan untuk racing, sehingga mesin V4-nya diberi cylinder deactivation system yang otomatis menutup silinder belakang untuk mencegah mesin overheat saat berhenti.

Multistrada V4 dijadwalkan dirilis pada 4 November mendatang. Ia akan menjadi salah satu motor paling aman di dunia berkat radar Bosch depan-belakang, adaptive cruise control, dan blind spot detection.

Mesin Granturismo V4 Ducati 4 Silinder ducati granturismo v4 4 cylinder - Bukan V4 Biasa! Multistrada V4 Ditenagai Mesin Granturismo Terbaru

[Baca Juga]
Modifikasi Kawasaki KSR110 Jadi Ducati 1098

Sumber [ autoblog ]

Related post

Return Top