Dari GL ke SR: Evolusi Chopper ala Kris Panji
- 31/07/2025
128 views

SR400 satu ini berhasil tampil beda dari yang lain! Bukan sekadar tampilan, tapi juga filosofi yang dibawa sang owner, Kris Panji, lewat nama “Miyabi Chopper.” Nama ini sebenarnya udah lebih dulu disematkan di proyek chopper bermesin GL miliknya, dan kini diadaptasi ke Yamaha SR400 sebagai bentuk evolusi konsep. Gaya yang diusung tetap sama: Japanese Traditional Chopper dengan sentuhan minimalis dan clean. Fokusnya hanya pada frame, roda depan-belakang, dan mesin tanpa embel-embel yang gak perlu.
Motor ini dibeli Kris dalam kondisi sudah berbentuk bobber, tapi kemudian dirombak ulang menjadi chopper dan menyesuaikan dengan konsep Chopper Miyabi yang diusung. Mulai dari stang pendek biar kelihatan simpel, spakbor belakang yang dipotong separuh buat mengekspos profil ban, sampai ke detail frame rigid yang mempertegas kesan old-school. Proses modifikasinya bisa dibilang cepat karena tinggal mengacu pada konsep sebelumnya, tapi tetap makan energi karena semua fitting part dikerjakan sendiri, mulai dari beli online, ubahan manual, sampai bolak-balik ke tukang bubut.
Urusan part lainnya hampir semuanya custom dan dipilih cermat. Bagian depan pakai shock Yamaha Scorpio, segitiga atas custom, dan stang dengan model menekuk. Velg depan pakai D.I.D ring 21 dibungkus ban Swallow Sprinter, sedangkan bagian belakang pakai velg TK Racing ring 16 plus ban Unilli ukuran 500. Tromol depan bawaan SR400 dibiarkan tanpa rem (brakeless), dan rem belakang menggunakan kaliper F1ZR dengan disc buta. Semua disusun rapi untuk menjaga kesan bersih dan ringan secara visual.
Detail body juga gak kalah niat. Jok dan spakbor dibuat khusus sesuai konsep, dengan frame rigid bernuansa old-school dan footstep custom hasil kolaborasi dengan @t.o13.working. Bagian kelistrikan juga diupgrade dengan CDI Shogun, koil racing Hutech, aki dari Katros Garage, dan voltmeter buat monitoring tegangan aki. Fungsional dan tetap stylish.
Penyempurnaan terakhir dari motor Miyabi ini ada pada sektor cat. Mulai dari cat tangki, frame, sampai mesin yang di-sandblasting, semuanya hasil kerjasama dengan Katros Garage. Jadi secara tampilan, catnya udah proper banget dan jadi pemanis yang menyempurnakan tampilan keseluruhannya. Emblem tangki juga dibuat oleh Katros Garage, makin memperkuat identitas motor ini.
Dari penyesuaian part bawaan sampai penambahan part handmade, semuanya dirancang buat satu tujuan: tampil beda tanpa berisik. Buat Kris Panji, justru dengan gaya minimalis seperti ini, karakternya lebih keluar. Saat ini, ia juga sedang membangun proyek chopper selanjutnya yang dibangun dari nol dengan mesin yang lebih besar. Kita tunggu aja kejutan berikutnya ya guys!
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Bodywork | Jok custom by Katros Garage Spakbor belakang custom Emblem tangki custom by Katros Garage |
Kelistrikan | Lampu depan IPF Bracket lampu depan custom Koil racing Hutech CDI Suzuki Shogun Aki Yuasa |
Rangka | Rangka custom by @t.o13.working |
Stang & Kemudi | Raiser stang custom Segitiga atas stang custom Segitiga bawah Yamaha Scorpio Handle kopling Honda GL |
Rantai / Gear | Gear belakang SSS |
Rem | Tromol depan Yamaha SR400 (brakeless) Kaliper rem belakang Yamaha F1ZR Master rem belakang Yamaha NMAX |
Suspensi / Velg / Swingarm | Shock depan Yamaha Scorpio Velg depan D.I.D ring 21 x 1.60 Jari-jari velg depan TK Racing Velg belakang TK Racing ring 16 Footstep custom by @t.o13.working |
Ban | Ban depan Swallow Sprinter 300-21 Ban belakang Unilli 500-16 |