EWC Perkenalkan Román Ramos

  • 17/06/2023
  •  287 views

Roman Ramos Tati Team EWC roman ramos tati team ewc 600x340 - EWC Perkenalkan Román Ramos

Rider Spanyol Román Ramos bersiap untuk memulai debutnya di FIM Endurance World Championship di salah satu lintasan terberat di dunia, Circuit de Spa-Francorchamps yang legendaris.

Inilah yang dikatakan oleh rider berusia 32 tahun ini yang direkrut oleh TATI Team Beringer Racing untuk menggantikan Grégory Leblanc di atas Kawasaki #4, menjelang 24H SPA EWC Motos yang akan dimulai pada pukul 19:00 WIB hari ini.

Anda membalap untuk tim yang finis kedua di balapan ini tahun lalu dan bergabung dengan Hugo Clere dan Baptiste Guittet, dua rider dari tim yang memenangkan FIM Endurance World Cup pada tahun 2022. Bukan cara yang buruk untuk memulai petualangan Anda di EWC, bukan?

“Ini bukan pertama kalinya mereka menawari saya, tapi kali ini saya memutuskan untuk menerima ajakan tim TATI. Semua orang mengatakan kepada saya bahwa kejuaraan ini luar biasa, sangat indah dan saya akan sangat menyukainya. Jadi saya berpikir, ‘Jika semua orang mengatakan saya akan menyukainya, saya harus mencobanya’. Dan di sinilah kami. Saya merasa takut karena saya tidak tahu apa yang akan saya temukan dan, untuk saat ini, saya menyukai semua yang saya temukan. Tim memperlakukan saya dengan sangat baik dan rekan-rekan setim saya juga demikian. Mereka memiliki banyak pengalaman dan ini penting. Saya sangat senang.”

Menurut Anda, mengapa tim memilih Anda?

“Saya tidak tahu, tapi saya membayangkan bahwa mereka telah melihat balapan di kejuaraan Spanyol atau saat saya masih di Superbike World Championship. Saya tidak tahu, tapi saya bersyukur.”

Ceritakan kepada kami tentang karier Anda. Siapa Anda, dari mana asal Anda dan apa yang telah Anda lakukan sejauh ini?

“Saya mulai mengendarai motor saat berusia sembilan tahun dan sekarang berusia 32 tahun. Saya mulai serius pada tahun 2000 dan pada tahun 2003 saya sudah berkompetisi di piala promosi nasional, Cradle of Champions. Dari sana saya berkembang. Di kejuaraan Spanyol saya memulai debut saya di kelas 125cc, lalu saya pindah ke Supersport, di kejuaraan Spanyol juga, dan kemudian ke Moto2. Pada tahun 2013, saya menjadi juara Moto2 Spanyol dan juara Supersport Eropa. Kemudian saya mulai di Moto2 World Championship pada tahun 2014, saya melakukannya sepanjang tahun dan saya naik ke 1000 di Superbike pada tahun 2015, hingga 2018 saya berada di Superbike World Championship. Kemudian. saya kembali ke Superbike Spanyol hingga hari ini.”

Roman Ramos EWC 2023 roman ramos ewc 2023 - EWC Perkenalkan Román Ramos

Ini adalah pertama kalinya Anda berada di EWC. Pertama kali di Spa. Seperti apa pengalamannya, terutama di sirkuit yang begitu legendaris?

“Saya datang dengan sedikit rasa takut, karena saya belum pernah ke Spa dan ini adalah sirkuit yang mengagumkan. Anda harus menghormatinya. Kenyataannya adalah sejak lap pertama saya menyukainya. Ini adalah sirkuit yang sangat cepat, saya suka sirkuit cepat dan tikungan di mana Anda harus melepaskan diri Anda. Saya suka jenis sirkuit ini dan bagaimana cara mengendarainya, tetapi itu tidak mudah karena sangat panjang dan Anda harus mempelajari jalurnya. Tapi, saya langsung merasa nyaman, saya menyukainya. Motornya sangat mudah dikendarai dan ini membuat saya lebih mudah beradaptasi. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada akhir pekan ini, tapi sejauh ini saya sangat senang.

Balapan siang dan malam juga merupakan sesuatu yang baru bagi Anda, bukan?

“Ya, semuanya baru. Saya belum pernah balapan di malam hari. Saya bahkan tak punya motor untuk turun ke jalan, jadi saya tak pernah mengendarai motor saat malam. Banyak rider mengatakan kepada saya bahwa sirkuit ini juga istimewa karena alasan itu, karena tidak banyak penerangan dan Anda hanya bisa melihat sedikit di beberapa tikungan cepat, jadi kami harus berhati-hati. Tim telah mengatakan kepada saya untuk melaju dengan tenang, sedikit demi sedikit. Dari Sabtu hingga Minggu kami akan memiliki beberapa jam untuk beradaptasi, jadi kami akan meningkatkan kecepatan, perasaan dan referensi untuk bisa melaju seaman dan secepat mungkin.”

Apakah Anda hanya sekali saja membalap di Spa atau kami akan melihat Anda lagi di EWC?

“Saya akan memberi tahu Anda pada hari Minggu. Saya ingin mencoba, untuk melihat pengalaman lain untuk masa depan saya. Pada akhirnya, di kejuaraan Spanyol kami tahu seberapa jauh kami bisa melaju dan kami sedikit terhenti. Saya suka balapan, saya suka motor dan saya beruntung bisa menikmatinya, tetapi saya juga ingin melakukan lebih banyak hal dan salah satunya adalah ini. Jika semuanya berjalan dengan baik, saya harap saya bisa melanjutkan perjalanan ini.”

Apa yang Anda lakukan saat tidak sedang balapan?

“Hidup saya tidak terlalu menarik. Saya tetap berlatih. Saya sering keluar dengan sepeda. Di utara Spanyol, di Cantabria, kami memiliki tempat seperti surga untuk sepeda. Saya menyukainya. Bersepeda, berlatih, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Saya memiliki kehidupan yang tenang dan sangat sederhana.”

Ramos berada di atas kiri foto bersama Clere dan Guittet (Foto: TATI Team Beringer Racing)

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top