EWC Sambut Semarak Musim Baru dengan Logo Baru
- 05/01/2024
594 views
Promotor FIM Endurance World Championship, Warner Bros. Discovery (WBD) Sports Europe, tengah bersiap untuk menyambut semarak musim baru EWC dengan identitas baru yang lebih segar dan menarik.
Logo baru ini merupakan hasil dari proses panjang penyusunan nilai-nilai EWC yang merepresentasikan esensi dari ajang balapan ini sekaligus memperingati sepuluh tahun karir WBD Sports sebagai promotor EWC.
Setelah berhasil menggabungkan acara-acara paling ikonik dalam kalender balap motor ketahanan di bawah satu nama dan platform kejuaraan olahraga, divisi acara WBD Sports kini tengah bersiap untuk menulis bab baru EWC.
MOMEN TAK TERLEWATKAN
Konsep logo baru EWC ini merupakan salah satu pendekatan yang berfokus pada penggemar dan bertujuan untuk menempatkan penonton di tengah-tengah aksi, menciptakan dan mengabadikan momen yang tidak mungkin terlewatkan.
Ini adalah kisah sensasional yang menceritakan bagaimana para pembalap dan tim dari seluruh dunia menghadapi tantangan berat balapan di siang dan malam hari di sirkuit-sirkuit ikonik, disaksikan oleh puluhan ribu penggemar.
Oleh karena itu, pemikiran kreatif dan strategis EWC terinspirasi oleh beberapa nilai utama balapan ketahanan, yakni bekerja secara kolektif dan menerima semua orang, tanpa memandang jenis kelamin, latar belakang, atau tingkat keahlian. Karena EWC tidak mengikuti kebiasaan dan selalu berusaha menentang status quo dalam pendekatannya.
BALAPAN TANPA AKHIR
Dibuat berdasarkan bentuk jam yang merupakan bentuk logo sebelumnya, yang mendapat sambutan luar biasa saat diluncurkan jelang musim 2015, saat WBD Sports mulai mempromosikan EWC melalui aliansi jangka panjang dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), logo ini menekankan salah satu elemen penting dalam kompetisi EWC: balapan dengan waktu yang ditetapkan, baik 8 atau 24 jam.
Jam ini memiliki tampilan yang lebih kontemporer dengan sejumlah perubahan kecil dan besar. Salah satunya adalah konsep penggunaan empat warna berbeda untuk menggambarkan perubahan waktu dalam 24 jam perlombaan EWC (siang, senja, malam, dan fajar) yang merupakan konsep yang juga dimasukkan ke dalam desain jam yang telah diperbarui untuk melambangkan durasi acara EWC secara lebih baik.
Huruf EWC juga telah disegarkan supaya tampilannya lebih sederhana dan modern. Huruf E telah disatukan dengan huruf W untuk menonjolkan kesan waktu dan kecepatan selama balapan. Selain itu, jarak spasi kata FIM ENDURANCE WORLD CHAMPIONSHIP telah ditambah dan huruf-hurufnya diperbesar agar lebih mudah dibaca.
Sesuai dengan semangat agresif para pembalap EWC dan tim mereka, yang bertujuan untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal yang mereka lakukan, maka dibuatlah logo baru ini. Logo ini juga mencerminkan keputusan berani yang diambil dengan para penggemar sebagai pusat dari segalanya.
Meskipun setiap ajang memiliki karakter dan tradisi yang unik, EWC tetap berdiri sebagai Rumah Balap Ketahanan. Logo dan identitas merek baru kejuaraan ini akan memperkuat posisi ini di era berikutnya.
Jean-Baptiste Ley, Direktur EWC untuk Warner Bros. Discovery Sports Europe, mengatakan: “Kami sangat senang dapat memperkenalkan logo dan identitas baru FIM Endurance World Championship menjelang musim 2024, yang bertepatan dengan ulang tahun ke-10 kami sebagai promotor EWC.
“Meskipun logo baru ini punya nuansa modern dan menarik, kami ingin ini menjadi sebuah proses evolusi, bukan revolusi, untuk merefleksikan bagaimana kejuaraan ini berkembang dalam 10 tahun terakhir tanpa kehilangan identitasnya. Oleh karena itu, kami telah bekerja keras untuk memastikan bahwa semua yang kami perbaharui dalam hal desain selaras dengan esensi EWC. Kami kini memiliki identitas visual yang jelas yang akan meningkatkan personalitas dan daya tarik kejuaraan ini sekaligus merayakan 10 tahun pertama kami dalam membawa keahlian dan sumber daya penyiaran kami ke EWC.”
Diluncurkan pada tahun 1980, FIM Endurance World Championship merupakan ajang uji coba kecepatan tinggi bagi para pembalap dan juga mesin.
Diluncurkan pada tahun 1980, FIM Endurance World Championship merupakan ajang uji coba kecepatan tinggi bagi para pembalap dan juga mesin.
Musim ke-45 EWC di 2024 akan mencakup dua balapan yang berlangsung selama 24 jam dan dua balapan yang berlangsung selama 8 jam. Dimulai dengan 24 Heures Motos di Le Mans, Prancis, pada 18-21 April, EWC akan berlanjut di Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia untuk balapan perdana 8 Hours of Spa Motos (6-8 Juni), diikuti dengan Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-45 di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 18-21 Juli. Sementara itu, balapan 24 jam Bol d’Or di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, akan menjadi balapan penutup musim pada tanggal 12-15 September.
Ajang legendaris di lintasan balap terkenal di Eropa dan Jepang ini akan menjadi tontonan yang mendebarkan bagi para penggemar dan memberikan tantangan yang menarik bagi tim-tim Formula EWC yang akan berlaga di FIM Endurance World Championship 2024 serta tim-tim Superstock yang ingin meraih kesuksesan di FIM Endurance World Cup.
JADWAL TERBARU FIM ENDURANCE WORLD CHAMPIONSHIP
Putaran 1: 24 Heures Motos (Le Mans, Prancis): 18-21 April | Info tiket
Putaran 2: 8 Hours of Spa Motos (Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia): 6-8 Juni | Info tiket
Putaran 3: Coca-Cola Suzuka 8 Hours Endurance Race ke-45 (Jepang): 18-21 Juli | Info tiket segera menyusul
Putaran 4: Bol d’Or (Sirkuit Paul Ricard, Prancis): 12-15 September | Info tiket
Sumber [ FIM EWC ]
Modifikasi Z900RS by American Dream Japan Custom Culture
Modifikasi SR400 Simpel by Wedge Motorcycle Japan Custom Culture