FIM Endurance World Trophy Resmi Meluncur
- 03/03/2025
131 views

FIM Endurance World Trophy perdana untuk sepeda motor produksi massal baru saja diperkenalkan jelang balapan pembuka musim yang akan segera dimulai.
Dalam 50 hari, akan ada ajang baru yang ditujukan untuk menyediakan akses yang lebih mudah dan terjangkau ke FIM Endurance World Championship dimulai dengan 24 Heures Motos di Le Mans di Prancis (17-20 April).
Dilengkapi oleh distributor ban resmi Dunlop, FIM Endurance World Trophy dikembangkan oleh promotor EWC Warner Bros. Discovery (WBD) Sports yang bekerja sama dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).
Para peserta akan berlomba dengan sepeda motor 1000cc yang sangat mirip dengan sepeda motor jalan raya atau non-racing tetapi hanya dengan modifikasi dasar yang diizinkan untuk membatasi biaya operasional dan memastikan kelas baru ini terjangkau baik secara finansial maupun dalam hal performa.
Dengan target ini, hanya tangki bahan bakar standar yang dapat digunakan dan diganti selama pitstop dengan bantuan konektor quick-release yang lebih aman daripada mengisi bahan bakar sepeda motor. Waktu pitstop minimum akan diatur demi alasan keselamatan.
Yang terpenting, para peserta FIM Endurance World Trophy akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di lintasan balap pada saat yang sama dengan para pembalap Formula EWC dan Superstock serta mendapatkan keuntungan dari siaran langsung dan paparan di saluran resmi EWC.
Sebagai step paling awal di Piramida EWC, yang menetapkan jalur menuju kategori utama Formula EWC, FIM Endurance World Trophy akan diperebutkan sepanjang musim EWC dengan menghitung tiga skor terbaik para tim dari maksimal empat skor. Inisial PRD akan digunakan untuk sepeda motor yang bersaing yang dapat diidentifikasi melalui penggunaan angka putih pada latar belakang biru. Tiap tim diizinkan memiliki empat pembalap.
Dengan mempertimbangkan aksesibilitas, distributor ban resmi Dunlop akan menyediakan setiap tim FIM Endurance World Trophy dengan 10 set ban gratis untuk digunakan dalam balapan 24 jam dan lima set untuk 8 Hours of Spa Motos, yang berjumlah total 25 set selama satu musim untuk peserta penuh waktu. Insentif gabungan dari WBD Sports dan Dunlop ini akan membantu membatasi biaya bagi tim dan memperkuat posisi FIM Endurance World Trophy sebagai langkah inovatif untuk memasuki FIM Endurance World Championship.
Ban yang tersedia akan berasal dari rangkaian ban balap KR Dunlop yang populer, yang digunakan oleh tim-tim di Dunlop Superstock Trophy yang berbasis pada FIM Endurance World Cup. Tiap tim akan memiliki pilihan dua ban depan KR109 dan dua ban belakang KR108 setiap putaran, serta ban untuk penggunaan di cuaca basah.
Paul King, Direktur CCR, Fédération Internationale de Motocyclisme, mengatakan: “Pembentukan FIM Endurance World Trophy kelas produksi akan memungkinkan lebih banyak sepeda motor standar untuk ikut serta dan mendorong ide-ide inovatif untuk menciptakan kelas balap dengan biaya lebih rendah, sekaligus memastikan bahwa performa mesin-mesin ini di lintasan sangat mendekati sepeda motor EWC dan Superstock. Ini adalah konsep baru dari FIM dan WBD Sports dan konsep ini telah diterima dengan antusias oleh promotor, penyelenggara, dan tim balap, yang menawarkan peluang besar untuk mendatangkan tim-tim baru dan mempertahankan beberapa tim kami yang sudah lama terlibat dalam ajang ini.”
Mengomentari paket dukungan Dunlop, Jean-Baptiste Ley, Direktur Acara Motorsport, Warner Bros. Discovery Sports, mengatakan: “Dengan keterjangkauan dan aksesibilitas sebagai inti dari FIM Endurance World Trophy, paket dukungan yang telah kami kembangkan dalam kerja sama dengan Dunlop tidak hanya akan sangat dihargai oleh tim-tim, tetapi juga akan sangat penting karena kategori baru ini menjadi titik awal dalam perjalanan menuju puncak Piramida EWC. Ini juga merupakan contoh lain dari komitmen Dunlop yang teguh terhadap EWC dan balap motor secara umum, yang sangat kami hargai.”
Wim Van Achter, Manajer Olahraga Motor, Dunlop Motorcycle Europe, berkata: “Bersama dengan WBD Sports, kami dengan senang hati mengumumkan paket dukungan ini untuk setiap tim yang bergabung dengan kelas produksi baru. Etos di balik kategori ini adalah keterjangkauan dan aksesibilitas, jadi kami yakin bahwa setiap tim yang menerima ban gratis sepanjang musim akan sangat membantu menjadikan ini langkah awal yang adil dan meritokratis menuju balap ketahanan di panggung dunia.”
Gilles Stafler, Koordinator Olahraga EWC, berkata: “Sebagai mantan manajer tim di EWC, saya sangat memahami tekanan finansial yang ada. Saya juga tahu betapa kompetitifnya EWC saat ini, menjadikan piramida yang melayani semua tingkat kinerja dan anggaran menjadi semakin penting. Tanggapan yang kami terima dari para pembalap dan tim sangat menggembirakan dan kami akan berusaha untuk membangunnya sepanjang musim pertama pada tahun 2025.”
Yannick Bureau, yang mengepalai Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore sang juara FIM Endurance World Trophy 2022, juga mendukung terciptanya ajang baru ini.
Ia berkata: “Saya melihat terciptanya kategori baru ini sebagai sesuatu yang positif karena beberapa alasan. Kategori ini akan menarik lebih banyak orang, yang sangat penting dari perspektif ekonomi bagi penyelenggara dan promotor. Bersaing di Superstock saat ini membutuhkan lebih banyak sumber daya daripada 20 tahun lalu, dan kategori tingkat yang lebih rendah memang diperlukan.”
Julien Diguet, yang mengelola Dafy-RAC 41-Honda di FIM Endurance World Cup, berkata: “Kedatangan promotor baru WBD Sports meningkatkan visibilitas kami dan mendatangkan lebih banyak sponsor. Namun, sebagai hasilnya, tim menjadi lebih profesional dan perlu berinvestasi lebih banyak. Tim yang lebih kecil mungkin akan mengalami kesenjangan anggaran yang signifikan, jadi penting untuk terus mendukung tim yang lebih kecil [dengan inisiatif yang berkaitan dengan FIM Endurance World Trophy] karena, tanpa mereka, balapan ini tidak akan terselenggara.”
Pembalap Christian Gamarino sepenuhnya menyadari pentingnya jalur kemajuan di EWC setelah ia naik kelas ke kategori Formula EWC pada 2024 setelah membantu Team 33 Louit April Moto memenangkan FIM Endurance World Cup 2023.
Pembalap Italia, yang akan mengikuti musim Formula EWC keduanya dengan Kawasaki Webike Trickstar pada tahun 2025 ini, berkata: “Kesempatan untuk maju sangat penting. Ketika saya naik kelas dari Superstock ke Formula EWC, banyak pembalap menyadari bahwa hal itu juga memungkinkan bagi mereka, sehingga sekarang mereka berusaha lebih keras untuk naik ke kelas untuk mendapatkan tempat di tim Formula EWC.
“Jika Anda berlomba di tingkat nasional dan ingin berlomba di kejuaraan dunia, jika ada kategori tingkat pemula tentu biayanya akan lebih murah. Lebih mudah bagi tim dan pembalap untuk hadir di sana. Yang terpenting adalah bisa mengikuti kejuaraan karena kalau hanya berdiam di ajang kejuaraan nasional saja, akan sulit untuk menunjukkan potensi Anda dan menunjukkan kepada tim lain bahwa Anda bisa menjadi pembalap yang sangat cepat.”
Informasi lebih lanjut tentang FIM Endurance World Trophy tersedia melalui email sport@fimewc.com.
Sumber [ FIM EWC ]
National Motos Honda Bangga Turunkan Nigon di EWC
Dunlop Tawarkan Dukungan Tambahan untuk Tim Endurance World Trophy EWC