Gagahnya Multistrada V4 yang Ditunggu-tunggu!
- 05/11/2020
1,161 views

Akhirnya setelah sekian lama, Ducati memperkenalkan Multistrada V4 yang ditunggu-tunggu.
Setiap jengkal bagian dari motor ini benar-benar baru, dari atas ke bawah, depan ke belakang. Walau tampilannya khas sekali Multistrada, para desainernya memiliki misi untuk membuatnya lebih tangguh dari sebelumnya. Sekarang sisi bodynya ada yang lebih pendek dan tinggi sehingga tercipta sebuah siluet yang lebih atletis. Seperti yang dijelaskan oleh CEO Ducati Claudio Domenicali, desain motornya lebih bongsor di bagian depan–salah satunya berkat tangki 22 L–dan lebih ramping di sisi belakang.
Sumbu rodanya sekarang sebesar 61,7 inci dan tinggi jok kini berada di kisaran 33 dan 33,8 inci. Opsi low seat tersedia yang membuat jok hanya setinggi 31,9 inci dan ada pula jok versi lebih tebal yang mencapai 34,4 inci. V4 terbaru memiliki berat bersih 209 kg.
Sasis monocoque aluminium disokong oleh shock depan Marzocchi 50 mm dengan travel 6,7 inci yang terpasang pada roda 19 inci. Suspensi belakang menggunakan jenis monoshock dengan travel 7 inci plus roda 17 inci. Velg alloy casting standar bisa diganti menjadi velg wire-spoke milik V4 S yang juga datang dengan shock belakang elektronik Marzocchi Ducati Skyhook. Ground clearancenya 8,66 inci.
Komponen pengereman datang dari Brembo dengan dua piringan rem 320 mm plus kaliper empat piston untuk bagian dengan, dan satu piringan rem 265 mm dengan kaliper di bagian belakang yang disandingkan dengan Cornering ABS 10.3ME Bosch-Brembo.
Multistrada V4 anyar hadir dengan TFT dash 5 inci berwarna, Power dan Riding Mode (Sport, Touring, Urban, dan Enduro), Ducati Wheelie Control, dan Ducati Traction Control. Seri S memiliki display 6,5 inci serta cruise control, Vehicle Hold Control, Ducati Connect untuk smartphone, USB dengan laci untuk smartphone, hands-free ignition, cornering light, dan quickshifter up-down.V4 Sport dilengkapi dengan knalpot Akrapovic dan mudguard carbon fiber.
Seri V4 ini bisa ditambahkan dengan perlengkapan opsional seperti penghangat stang, box samping, sensor tekanan ban, sump plate, crash bar dan lainnya.
Mungkin hal yang paling menarik perhatian dari Multistrada baru ini adalah tambahan adaptive cruise control yang diatur oleh radar dan sistem monitor blind spot. Radar depan memberikan kesempatan bagi rider untuk mengaktifkan cruise control yang menyesuaikan laju kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan motor. Jika kendaraan tersebut memelan, maka sistem akan menyesuaikan secara otomatis dan menjaga jarak yang terukur. Radar belakang bisa mendeteksi adanya kendaraan yang melaju di blind spot atau titik buta rider dan memberikan sinyal peringatan jika ada yang melaju dari sisi ini sehingga rider bisa lebih waspada.
Sumber [ RideApart ]