Hanika Puncaki Kualifikasi Pertama Spa di Menit Akhir

  • 03/06/2022
  •  272 views

Hanika Kualifikasi Pertama Spa EWC 2022 hanika kualifikasi pertama spa ewc 2022 - Hanika Puncaki Kualifikasi Pertama Spa di Menit Akhir

Karel Hanika nyaris kehilangan kesempatan untuk membawa YART – Yamaha Official Team EWC unggul di Circuit de Spa-Francorchamps dalam kualifikasi pertama 24H SPA EWC Motos yang menegangkan.

Rider asal Republik Ceko ini mengekor Florian Marino (Webike SRC Kawasaki France) di sesi rider merah, namun akhirnya berhasil merebut tempat pertama di antara tiga dari empat grup di lap terakhirnya dengan beda waktu 0,492 detik. Aksi ini berlangsung di atas sirkuit sepanjang 6,985 km yang akan menyelenggarakan FIM Endurance World Championship akhir pekan ini untuk pertama kalinya sejak tahun 2001.

Catatan waktu Hanika 2 menit 20,253 detik mengungguli waktu tercepat yang ditorehkan di sesi rider biru dan kuning sebelumnya oleh Josh Hook dan Illya Mykhalchyk. Ia terus tampil dominan di sepanjang kualifikasi seperti performanya di laga pembuka 24 Heures Motos di mana ia mencatatkan waktu terbaik untuk meraih pole position.

Markus Reiterberger dari BMW Motorrad World Endurance Team menjadi yang tercepat di antara rider biru, sempat turun sebelum kembali ke posisi puncak, mengalahkan Josh Hook. Namun, lap terbaiknya 2 menit 19,910 detik dicoret dari catatan karena ia dinilai telah melewati batas trek. Hal ini membuat Hook dari F.C.C. TSR Honda France keluar sebagai yang tercepat dalam waktu 2 menit 4,11 detik di depan Gregg Black dari Yoshimura SERT Motul dan Niccolò Canepa dari YART – Yamaha Official Team EWC. Randy de Puniet (Webike SRC Kawasaki France) dan Xavi Forès (ERC Endurance-Ducati) menyusul di belakangnya. Hugo Clere (Team 18 Sapeurs Pompiers CMS Motostore) mendominasi tim-tim peraih Dunlop Superstock Trophy diikuti oleh Sébastien Suchet (National Motos Honda).

Sementara Reiterberger terkena penalti di sesi rider biru, Illya Mykhalchyk langsung melesat dengan motornya BMW M1000RR #37 (Dunlop) dan menjadi yang tercepat di antara rider kuning di 2 menit 20,388 detik. Gino Rea, rider terbaru F.C.C. TSR Honda France, berada di posisi kedua tercepat dengan disusul oleh Marvin Fritz (YART – Yamaha Official Team EWC) dan Xavier Siméon (Yoshimura SERT Motul). Grégory Leblanc menempati posisi kelima untuk Tati Team Beringer Racing dengan Etienne Masson (Webike SRC Kawasaki France) di posisi keenam di atas motor ZK10R. Kevin Manfredi (Wójcik Racing Team STK 777) mengalahkan rider asal Belgia Loris Cresson (BMRT 3D Maxxess Nevers) dalam peraihan waktu tercepat di antara tim-tim peraih Dunlop Superstock Trophy. Bendera merah dikibarkan di sesi ini untuk memperbaiki batas keamanan sisi lintasan yang rusak setelah ditabrak Martin Renaudin dari 3ART Best of Bike Yamaha dan ia dikabarkan tidak memiliki cedera apa pun.

Di belakang Hanika dan Marino di sesi rider merah, Jérémy Guarnoni dari BMW Motorrad World Endurance Team merupakan ketiga tercepat diikuti oleh Sylvain Guintoli (Yoshimura SERT Motul) dan Chaz Davies (ERC Endurance-Ducati) serta Mike di Meglio (F.C.C. TSR Honda France). Corentin Perolari dari Team Moto Ain menempati urutan ketujuh sementara Wójcik Racing Team mengalami nasib baik dan nasib buruk. Mathieu Gines sempat terjatuh dan Danny Webb mengambil kesempatan untuk menjadi pemuncak tim-tim Dunlop Superstock Trophy di depan Kevin Calia (Team 33 Louit April Moto) dan Chris Leesch (RAC 41 ChromeBurner).

Christian Iddon dari Yoshimura SERT Motul membuat pertarungan di sesi rider hijau seru dengan waktu terbaik 2 menit 21,774 detik. Kenny Forray (BMW Motorrad World Endurance Team), Robin Mulhauser (YART – Yamaha Official Team EWC) ketiga tercepat disusul oleh James Westmoreland (Viltaïs Racing Igol). Balint Kovács (Wójcik Racing Team STK 777), tercepat di Dunlop Superstock Trophy, dan menempati posisi kelima keseluruhan.

Kualifikasi kedua akan dimulai Jumat pukul 11:25 CET (16:25 WIB). Peraturan baru hasil kualifikasi musim ini ialah waktu rata-rata terbaik dihitung dari dua rider untuk tiap tim, dibanding tiga rider sebelumnya.

Sebelum kualifikasi kedua, rider EWC akan merasakan pertama kali sensasi malam hari di Circuit de Spa-Francorchamps saat latihan malam mulai pukul 21:50 CET (02:50 WIB).

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Return Top