Keahlian Dunlop Siap Taklukkan Perubahan dan Kondisi Trek Suzuka EWC

  • 01/08/2025
  •  5 views

Dunlop Suzuka EWC

Para rider dan tim yang mengandalkan ban Dunlop akan mendapat dukungan penuh dari sang produsen ban dalam menghadapi tantangan baru di Sirkuit Suzuka yang baru saja menjalani pengaspalan ulang jelang ronde ketiga FIM Endurance World Championship (EWC) pekan ini.

Dalam rangka menyambut gelaran edisi ke-46 balap ketahanan legendaris di Jepang, sirkuit sepanjang 5,821 kilometer dengan layout khas berbentuk angka delapan ini mendapat sentuhan menyeluruh pada permukaannya. Fokus utama pembaruan ini ada di bagian East Course, salah satu sektor paling ikonik di Suzuka.

Perubahan layout yang halus namun signifikan juga hadir di Sektor 1. Salah satunya adalah penambahan double kerbs di tikungan Degner yang terkenal, demi meningkatkan aspek keselamatan rider.

Untuk membantu tim beradaptasi dengan kondisi lintasan yang kini berbeda, Dunlop menggabungkan keahlian teknis dari divisi motorsport mereka di Eropa dan Jepang. Kolaborasi ini memastikan setiap tim mendapat dukungan teknis yang disesuaikan serta akses ke berbagai pilihan ban, termasuk beberapa spesifikasi ban slick KR. Di antaranya KR149F dan KR151F untuk bagian depan, serta KR133 untuk roda belakang, semuanya dirancang khusus untuk memberikan grip maksimal dan daya tahan tinggi dalam stint panjang di suhu panas dan kondisi lintasan yang menantang.

ERC Endurance Suzuka EWC

Dunlop akan meluncurkan profil ban terbaru dengan teknologi terkini di kelas Formula EWC akhir pekan ini, sebagai bagian dari upaya meningkatkan performa sekaligus menjaga konsistensi di lintasan.

Dua laga pembuka musim 2025 FIM EWC, Le Mans dan Spa, sudah lebih dulu memberikan tantangan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Jika cuaca serupa kembali muncul di Suzuka, seluruh tim yang mengandalkan Dunlop sudah siap tempur dengan opsi ban basah yang telah terbukti tangguh, seperti KR189 untuk depan dan KR405 untuk belakang. Tapi bukan cuma hujan yang jadi perhatian, Suzuka terkenal dengan kondisi ekstrem: suhu udara dan aspal yang tinggi ditambah kelembapan yang sangat menyiksa. Kombinasi ini menjadikan balapan Suzuka 8 Hours salah satu yang paling menguras tenaga, baik untuk rider, motor, maupun ban.

Wim Van Achter, selaku Motorsport Manager Dunlop Motorcycle Eropa, menyampaikan: “Kami bangga bisa mendukung barisan tim yang beragam dan kompetitif di ajang Suzuka 8 Hours. Ini salah satu sirkuit paling menguras teknis di kalender EWC dan pengaspalan ulang tahun ini tentu menambah tantangan tersendiri. Lewat perpaduan pengalaman balap internasional Dunlop dan keahlian lokal dari tim kami di Jepang, kami bisa memberikan performa yang konsisten serta dukungan teknis yang dapat diandalkan. Hal ini memungkinkan tiap tim memaksimalkan potensi mereka sepanjang akhir pekan, baik yang membidik podium di kelas Formula EWC maupun yang bersaing ketat di kategori Superstock Trophy.”

Selain menjadi penyedia ban resmi untuk seluruh 18 tim di kelas Superstock, Dunlop juga memasok ban untuk sembilan tim Formula EWC. Beberapa di antaranya adalah ERC Endurance, ELF Marc VDS Racing/KM99 dan Motobox Kremer Racing.

Sumber [ FIM EWC ]

Related post

Hot news

  1. Dunlop Suzuka EWC
  2. Ambisi AutoRace Ube Racing Team di EWC Suzuka Kian Jelas dengan Hasil Lap Terbaik di Latihan Bebas
  3. Suzuki Luncurkan GSX-R1000 dan GSX-R1000R Terbaru Jelang Suzuka 8 Hours
  4. Jadwal Suzuka EWC 2025
Return Top