Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

  • 31/05/2023
  •  2,187 views

Modifikasi Verza Cafe Racer modifikasi verza cafe racer 600x340 - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Honda Verza Cafe Racer Custom

Kembali lagi dengan artikel Webike yang khusus membahas mengenai motor-motor keren hasil modifikasi para builder tanah air. Kali ini, Webike berkesempatan untuk berbincang dengan sang owner Rainbow Moto Builder, Adega Anggayasta (Instagram @adegaangga), yang sukses menyulap Honda Verza yang awalnya motor naked menjadi motor cafe racer full fairing dengan sentuhan khas Rainbow Moto Builder.

Pemilihan Honda Verza sebagai basis modifikasi ini ditentukan oleh Rainbow Moto Builder. Menurut mereka, Honda Verza itu motor yang awet untuk jangka panjang dalam arti motor ini tidak mudah rusak. Dipilihlah Honda Verza tahun baru dengan mesin yang sudah injeksi. Teknologinya sudah mumpuni dibanding motor lain di kelasnya. Walau kapasitas mesinnya hanya 150 cc, teknologinya sudah terbaru. Cc semakin kecil, tenaga semakin besar, bensin semakin irit. Perawatannya juga lebih mudah.

Honda Verza Cafe Racer Rainbow Moto Builder honda verza cafe racer rainbow moto builder - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Rainbow Moto Builder memodifikasi motor untuk berbagai segmen customer. Ada yang sebagian untuk dibawa sehari-hari, namun ada juga yang bertujuan untuk branding, misalnya untuk perusahaan atau bisnis ketika event dan lainnya, termasuk customer Honda Verza cafe racer ini.

Honda Verza custom ini dibuatkan atas permintaan khusus dari owner rokok Sukun asal Kudus bernama Wartono. Di fairingnya banyak terlihat stiker brand-brand milik ownernya. Selain itu, ada nama pemiliknya yang tertera dalam tulisan Jepang.

Untuk konsepnya sendiri, sang owner menyukai budaya Jepang dan suka motor aliran Jepang. Tercetuslah ide untuk membuatnya dalam konsep cafe racer namun full fairing sehingga menguatkan kesan motor balap 1960-an.

Ban & Velg

Ban Velg Honda Verza ban velg honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Rainbow Moto Builder memakaikan ban dari brand lokal FDR tipe Maxstream ukuran 120/70 ring 17 untuk depannya. Ban belakangnya juga memakai ban dari brand dan tipe sama dengan ukuran 140/70 ring 17. Ban FDR ini memiliki indikator ketika ban habis: 25%, 50% dan 75% sehingga memudahkan dalam penggantian ban. Ban tipe ini cocok untuk konsep motor cafe racer.

Velg depannya memakai velg Sprint XD ukuran 250 ring 17. Velg belakangnya juga memakai velg Sprint XD.

Shockbreaker & Swingarm

Swingarm Honda Verza swingarm honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Shock depan memakai bawaan Verza, sedangkan shock belakangnya dipasangkan shock dari YSS. Swingarm tetap mempertahankan bawaan agar menjaga kualitasnya. Tidak luput pemasangan gear set Triple S berbahan baja.

Lampu Depan

Lampu Depan Honda Verza lampu depan honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Mari melipir ke bagian lampu depan. Lampu depannya menggunakan Daymaker 5.75 yang begitu terang dan fungsional.

Lampu Rem

Lampu Rem Strip LED lampu rem strip led - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Lampu remnya berkonsep lain daripada yang lain, yakni memakai lampu strip LED yang begitu menarik.

Knalpot

Knalpot Honda Verza knalpot honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Knalpot full systemnya dirancang sendiri oleh Rainbow Moto Builder. Bahannya sudah full stainless steel.

Bodywork

Body Honda Verza Cafe Racer body honda verza cafe racer - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Bagian yang menjadi highlight dari Verza custom ini ialah fairing dan windshield ciamik original buatan Rainbow Moto Builder. Windshieldnya berbahan akrilik. Fairingnya dibuat dari bahan yang bagus dan kokoh agar body tidak goyah saat motor diterpa angin kencang. Angka 24 pada body melambangkan tanggal lahir sang owner.

Tangki Verza Cafe Racer tangki verza cafe racer - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Tangkinya diproduksi dari bahan cukup tebal berkualitas tinggi. Tutup tangki menjadi bagian yang diutamakan dari custom tangki. Elegan dan rapi serta bertipe quick release.

Jok MBTech Honda Verza jok mbtech honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Joknya dibalut kulit MBtech yang kualitas bahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kulitnya bagus dan tidak jamuran sehingga kuat dan tahan lama. Bisa untuk pemakaian jangka panjang.

Hornet Verza Cafe Racer hornet verza cafe racer - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Hornet belakang bisa mengalihfungsikan motor menjadi dua tipe: single seat double seat. Jika ingin berboncengan, cukup membuka dua baut di kanan dan dua baut di kiri hornet. Jika ingin solo riding, bisa dipasang kembali hornetnya. Praktis sekali!

Cockpit

Stang Honda Verza stang honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Ciri khas Rainbow Moto Builder ialah jika cockpit harus terlihat bersih, mewah dan tidak banyak kabel-kabel yang berserakan. Gripnya memakai grip HG55 RCB. Master rem menggunakan RCB tipe oval. Speedometer, tachometer, indikator bensin, indikator lampu sein harus berfungsi normal sekalipun ini merupakan motor custom.

Konsep cafe racer tidak luput dari pemakaian stang jepit. Pilihan jatuh ke stang jepit Nui Racing yang pengencangannya dengan baut sehingga terasa kokoh. Untuk urusan spion, dipasangkan spion jalu stang dari brand Rizoma.

Shock Belakang Honda Verza shock belakang honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Posisi riding dibuat senyaman mungkin agar menghindari rasa pegal di lengan dan kaki. Untuk footstepnya, dipasang standar bawaan Honda Verza. Posisi badang masih membungkuk, namun tetap nyaman saat berbelok.

Mesin & Rangka

Mesin Honda Verza mesin honda verza - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Mesinnya sudah dibore up 155 cc memakai paket dari BRT Racing. Memakai tipe pabrikan agar lebih presisi dan pemakaian bisa jangka panjang.

Rainbow Moto Builder tetap mempertahankan engine mounting bawaan Honda Verza agar meredam getaran. Ada bagian yang dipotong dari sub frame ke belakang. Frame depan tetap pakai bawaan agar terlihat nomor rangka dan mesinnya yang masih menempel.

Verza Cafe Racer Custom verza cafe racer custom - Modifikasi Honda Verza Cafe Racer by Rainbow Moto Builder

Itulah detail Honda Verza custom by Rainbow Moto Builder. Penggarapannya dari awal konsep hingga hasil akhir memakan waktu sekitar 90 hari.

Kesan ownernya terhadap motornya ialah ketika riding, tidak ada yang menyamai. Motornya cukup viral di TikTok sehingga banyak yang request ke Rainbow Moto Builder untuk dibuat serupa dengan konsep tersebut, namun berbasis motor berbeda.

Bagaimana, Webikers? Ingin motor kamu disulap jadi cafe racer juga?

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Knalpot Knalpot Full System Stainless Steel by Rainbow Moto Custom
Bodywork Fairing by Rainbow Moto Custom
Windshield Akrilik by Rainbow Moto Custom
Tangki by Rainbow Moto Custom
Tutup Tangki Quick Release
Kulit Jok MBTech
Hornet by Rainbow Moto Custom
Ban & Velg Ban Depan Tipe Maxstream 120/70 Ring 17 FDR
Ban Belakang Tipe Maxstream 140/70 Ring 17 FDR
Velg Sprint XD 250 Ring 17
Suspensi Shock Depan Bawaan
Shock Belakang YSS
Swingarm Swingarm Bawaan
Kelistrikan Lampu Depan Daymaker 5.75
Lampu Rem Strip LED
Stang Stang Jepit Nui Racing
Grip Stang HG55 RCB
Master Rem Oval RCB
Spion Jalu Stang Rizoma
Mesin Bore Up 155 cc BRT Racing

Profil Rainbow Moto Builder

Rainbow Moto Builder merupakan bengkel custom khusus roda dua yang memiliki workshop di Sukabumi dan Jakarta. Mereka start komersil pada tahun 2019. Filosofis mereka dalam memodifikasi motor ialah menggunakan bermacam-macam warna, menghasilkan motor berbeda dari yang lain, unik dan jarang ada. Selain itu, mereka juga mengedepankan kesan fresh sehingga motor mampu menampilkan karakter ridernya masing-masing sesuai hobinya.

Webikers yang ingin berbincang-bincang lebih lanjut mengenai custom motor, bisa kontak Rainbow Moto Builder di:

Instagram: https://www.instagram.com/rainbowmotobuilder

WhatsApp: +62852-9191-9106

YouTube: https://www.youtube.com/c/RainbowMotoBuilder

Related post

Return Top