Modifikasi Z900RS Tricolor SDG Showa Denki Japan Custom Culture
- 26/03/2024
606 views
Z900RS kreasi K-Factory ini adalah motor demo untuk SDG Showa Denki Group yang kemudian ditampilkan dalam pameran. Motor demo sendiri adalah salah satu elemen penting bagi manufaktur besar Jepang untuk promosi. SDG Showa Denki Group sendiri mendanai tim bernama SDG Honda Racing yang mendukung rider Jepang untuk berkompetisi di ajang balap nasional maupun internasional. Di Suzuka 8 Hours 2023, SDG Honda Racing dengan motor CBR1000RR-R mampu finis di posisi ke-4.
Mereka tidak hanya berkontribusi ke balapannya secara langsung, tapi ventilator “Wind Racer” buatan mereka mampu membuat suasana balapan Suzuka 8 Hours yang super panas jadi lebih nyaman. Peningkatan kualitas lingkungan menjadi fokus utama SDG Showa Denki Group selain racing.
Motor demo terbaru mereka yang memakai basis Z900RS ini dicat dalam warna khas SDG Showa Denki. Brand K-Factory mengomandani proyek ini sehingga mereka juga turut memaksimalkan pemakaian produk-produk mereka sendiri ke motor ini.
Pertama-tama mereka memasang cowl depan dan menurunkan posisi stang. Under cowl yang digunakan sebenarnya untuk GPZ900R, tapi dimodifikasi agar sesuai dengan rangkanya. Shockbreaker juga dibuat lebih turun agar style motor lebih ke ala motor sports naked dari sebelumnya yang bergaya neo-classic. Dengan tampilan seperti ini, siapa sih yang tidak tergoda untuk datang ke booth mereka di pameran?
Stang
Cowl depannya adalah Stone Cowl by Doremi Collection yang kemudian dicat dengan warna khusus yang matching dengan body. Segitiga stang Aluminium CNC dari K-Factory memiliki bobot yang sangat ringan dan finishing yang mewah. Bracket cowling dan cup master cylindernya custom dan detailnya sangat rapi.
Set Stang Variable Quick Handlebar Kit plus jalu dan guard K-Factory mengubah stang yang tadinya tipe standar ke tipe stang jepit. Untuk master rem depan mereka memilih seri Radial Pump RCS dari Brembo.
Bodywork
Body motor dicat dalam tiga warna sesuai dengan warna SDG Showa Denki Group tapi disesuaikan dengan lekuk body Z900RS.
Mesin
Area mesin diperkuat dengan Side Cover Type II yang dan engine slider.
Cover Radiator R Type K-Factory juga dipasang untuk melindungi radiator dari debu dan hantaman kerikil.
Intake & Exhaust
Knalpot full system CLR-RG+ Titanium dengan bentuk silencer segienam memiliki warna gold yang terlihat kontras dengan body motor. Seperti knalpot titanium K-Factory lainnya, warnanya akan berubah begitu suhu knalpot naik.
Sasis
Footstep racing Aluminium CNC warna silver yang dipilih memiliki empat posisi dengan rentang 20mm x 50mm, 20mm x 60mm, 30mm x 50mm and 30mm x 60mm (mundur x naik) dibandingkan dengan posisi standar.
Swingarm customnya terbuat dari pipa kotak berukuran 90x30mm yang fleksibel tapi kokoh, sehingga bisa menyesuaikan pergerakan ban dan shockbreaker dengan baik. Di moto demo ini, swingarm yang dipakai adalah yang warna hitam.
Plat Footstep duralumin CNC K-Factory dari duralumin bisa dipasang ke knalpot model standar atau tinggi. Bisa juga memakai plat footstep belakang standar, tapi yang ini memakai custom dari K-Factory.
Shock depannya diganti USD Ohlins yang dipasangkan dengan disc cakram Works Expand Sunstar dan kaliper 484 Café Racer CNC 4P Brembo. Velg depan belakangnya datang dari BST Carbon seri MANBA7TEK ukuran 3.50-17/6.00-17 dan bannya BS RS11.
Link Rod K-Factory digunakan untuk menyetel tinggi as shockbreaker jadi -10mm hingga +10mm dari standar. Link plate kanan kiri hitamnya memiliki model yang sama dengan standar.