Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 2 – Pengecatan
- 18/04/2019
524 views

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine dan Yoshimura melakukan kolaborasi motor custom Special Monkey 125. Yoshimura menampilkan Monkey 125 yang spesial ini di booth mereka di pameran Tokyo Motorcycle Show 2019 pada tanggal 22-24 Maret lalu. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang Monkey 125 ini! Artikel kali ini akan membahas tahap kedua proses pembuatan Special Monkey, yakni pengecatan yang dilakukan oleh YF Design, ahli cat ternama di Jepang.
Kualitas Cat Sekeren Pebalap Yoshimura
Pengecatan merupakan tahap terpenting dalam pembuatan Special Monkey 125 ini. Pengecatan bagian tangki bahan bakar dan cover samping dilakukan oleh YF Design, tim ahli yang ikut bertanggung jawab mengecat helm-helm yang digunakan di ajang MotoGP. YF Design juga ikut andil dalam pengecatan helm-helm yang digunakan di ajang balapan SuperBike dan Endurance sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan.
Bahkan saat interview berlangsung, para staf sangat sibuk mengerjakan pesanan pelanggan. Pemesanan sudah ditutup dan pengiriman baru dapat dilakukan satu tahun kemudian. Untungnya, perwakilan dari YF Design, Yuji Fukasawa, menyanggupi permintaan kami untuk bekerja sama membuat Yoshimura Monkey. Dia bahkan tak segan menunjukkan proses dan hasil kerjanya kepada kami dan menjelaskan bagaimana professional painting dilakukan. Kami pun menyerahkan suku cadang yang perlu dicat kepadanya.
Persiapan dan Pengecatan Tangki dengan Warna Hitam
Dari Warna Standar Merah & Putih Menjadi Hitam & Merah Khas Yoshimura
Tangki yang sebelumnya berwarna merah dan putih dicat menjadi hitam dan dan merah, ditambah dengan logo Yoshimura Z, menjadikannya sebagai satu-satunya Monkey berlogo Yoshimura Z di dunia.
Melepas Emblem
Sebelum emblem dilepas, pisau cutter diselipkan secara perlahan-lahan di bagian bawah emblem agar tak merusak tangki. Setelah itu, double tape yang menempel pada emblem baru dapat dilepas.
Bagian Bawah Emblem Bebas Penyok
Dikarenakan bagian bawah emblem bebas penyok, kami memutuskan untuk mengubah posisi emblem menjadi sedikit lebih tinggi.
Membersihkan Minyak dari Tangki
Sebelum memasuki tahap pengecatan, penting memastikan bahwa tangki dalam keadaan bersih dan bebas minyak. Untuk itu, tangki harus benar-benar dicuci bersih sebelum dicat.
Menghapus Garis pada Tangki
Garis pada tangki dihapus dengan menggunakan mesin amplas atau sander. Jika hanya garis pada tangki yang dihapus, hal tersebut akan meninggalkan bekas pada tangki dan menyebabkan permukaan tangki tidak rata.
Tangki Baru Tidak Memerlukan Peeling Agent
Dikarenakan tangki yang akan dicat adalah tangki baru, kami memutuskan untuk tidak menggunakan peeling agent karena hal tersebut dapat menyebabkan permukaan tangki tidak rata.
Mengecat Permukaan Tangki dengan Warna Hitam
Setelah memastikan bahwa tangki bebas penyok dan lecet, langkah selanjutnya adalah melapisi tangki dengan surfacer. Biasanya, surfacer berwarna putih. Namun, baru-baru ini surfacer berwarna hitam juga kerap digunakan.
Tahap Dasar Selesai?
Kami memilih surfacer berwarna hitam dikarenakan warna tersebut mampu menyamarkan goresan dibanding warna putih. Apakah sudah selesai? Tunggu dulu!
Pengamplasan Ulang
Meski permukaan tangki telah kering, proses pengamplasan harus kembali dilakukan untuk menghindari adanya goresan atau penyok yang akan merusak hasil akhir.
Proses Sandblasting
Sebelum melapisi surfacer dengan cat, tangki harus kembali diamplas, begitu pun setelahnya. Proses ini juga melibatkan sandblasting.
Proses yang Sama untuk Cover Samping
Hal yang sama juga dilakukan pada cover samping. Namun, dikarenakan cover samping hanya menggunakan satu warna, proses pengecatan berlangsung lebih cepat.
Teknik Masking
Fukasawa berniat mengubah lubang tangki menjadi sedikit lebih besar. Untuk itu, port pengisian bahan bakar dicat dengan warna gradasi seperti versi aslinya.
Mengecat Seluruh Permukaan Tangki dengan Warna Hitam
Tangki yang telah disemir dan diamplas kemudian digantung untuk kembali dicat dengan warna hitam. Penambahan warna merah dan putih akan dilakukan dari atas ke bawah. Memang butuh waktu yang tidak sebentar, namun ini baru permulaan.
Statement by: Kenichi Mitaya
Photo by: Shin Matsui
Artikel ini ditulis ulang berdasarkan artikel yang diterbitkan pada April 2019 oleh Young Machine.
Sumber: Young Machine (Artikel Asli Ditulis dalam Bahasa Jepang)
Deretan Motor Piaggio Group di Tokyo Motorcycle Show 2019
Tambah Keren, BMW G 310 GS Adventure Terbaru Dibalut Aksesoris Kekinian