Review Honda CB500X 2019 Terbaru
- 11/10/2019
1,315 views

Honda telah mendesain ulang CB500X menjadi motor adventure ringan yang diinginkan para rider.
Honda CB500X pertama kali diluncurkan pada 2013 sebagai sepeda motor berukuran sedang yang karakternya tidak terlalu kuat, tetapi para pelanggan langsung melihat potensi besarnya. Velg besar dengan tapak ban yang lebih berat, suspensi yang lebih panjang, dan modifikasi-modifikasi lainnya yang dilakukan mengubah motor yang kurang begitu garang ini menjadi motor adventure ringan yang mumpuni.
Seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya, Honda memperhatikan dan memahami bagaimana para pengendara memperlakukan motor mereka dan membuat beberapa perubahan untuk mengakomodasi keinginan pelanggan. Hadir dengan harga awal sekitar Rp100 jutaan, motor ini menawarkan motor serba guna dengan harga yang tergolong terjangkau dan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin menikmati petualangan dengan motor sekelas ini tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.
Velg depan 17 inci untuk versi sebelumnya telah diganti dengan ukuran 19 inci yang semakin meningkatkan performa motor ini di lintasan off-road dan membuka banyak pilihan terhadap ban adventure dan dual sport. Panjang suspensi telah ditambahkan sebesar 0,4 inci pada bagian depan dan 1,2 inci di bagian belakang yang semakin meningkatkan ground clearance dan, lagi, memudahkan kontrol di jalanan off-road. Windshield terbarunya dibuat 20m lebih tinggi dan bisa disetel tingkat ketinggiannya yang mampu menghalau angin menerpa area badan dan kepala. Joknya dibuat lebih rendah di atas footstep yang membuat posisi berdiri menjadi lebih nyaman dan memberikan ruang gerak yang lebih besar bagi rider saat duduk.
Stang model taper menahan banyak getaran ditambah dengan klem stang terbaru yang semakin meredam getaran-getaran yang ada. Banyak suku cadang aftermarket yang sebelumnya dipasang sendiri oleh kustomer sekarang dimasukkan langsung oleh Honda. Pabrikan Jepang ini memberikan kemudahan bagi rider petualang tanpa mengorbankan kemampuan motor ini dalam melibas jalanan biasa.

Dilengkapi dengan ban aftermarket Bridgestone Battlax, CB500X sangatlah menyenangkan saat dibawa melibas trek off-road di timur San Diego. – Drew Ruiz.
Dari segi penampilan, CB500X 2019 juga mengalami makeover bertema petualang. Mulai dari tangki, lampu depan, hingga tutup radiator memberikan tampilan yang lebih agresif dan penuh aura petualang. Dikombinasikan dengan suspensi yang lebih tinggi, velg, dan jok baru berhasil membuat tinggi jok berubah dari 31,9 inci menjadi 32,7 inci, yang mungkin agak menyulitkan bagi rider yang tidak terlalu tinggi, dan ground clearance naik dari 6,6 inci ke 7,1 inci yang merupakan perubahan untuk meningkatkan sisi off-roadnya.

Terlepas dari modifikasi bertema adventure, CB500X tidak kehilangan kemampuan melibas jalan rayanya. – Drew Ruiz
Pada test ride yang dilaksanakan dalam satu hari, CB500X nyaman digunakan di jalanan biasa. Motor ini dengan mudahnya melibas jalan raya dalam kecepatan tinggi tanpa memberikan tekanan yang berarti pada mesin 471cc paralel twin yang digunakan. Mesinnya sendiri sudah disempurnakan dan torsinya meningkat sebesar 3-4% dalam rentang 3.000 – 7.000 rpm, tetapi fokus utamanya tetap pada penyampaian power. Asisst dan slipper clutch baru yang sebelumnya digunakan CBR1000RR mengurangi tarikan handle kopling sebesar 45% dan memberikan hookup yang lebih baik saat akselerasi dan mengurangi getaran roda belakang saat menurunkan gigi. Bahkan dengan berat 197kg, CB500X dapat memutar roda depan dengan gear kedua dan ketiga di lintasan tanah tanpa masalah.

Windhsield CB500X yang lebih tinggi dan jok baru yang membuat posisi berdiri lebih nyaman. – Drew Ruiz
Hanya ABS versi bawaan yang bisa dipakai saat sesi test ride, sehingga ketika saya tiba di jalanan tanah, saya mengantisipasi gangguan yang tidak diinginkan dari sistem pengereman. Saat melaju menuju tikungan satu, saya merasa takjub karena bagian rem belakang bekerja sesuai dengan keinginan saya walaupun kondisi traksinya saat itu cukup rendah. Ketika menggunakan rem depan hasilnya juga sama, saya tidak merasa harus benar-benar mengunci ban depan dan membuatnya kotor. Versi tanpa ABS memang lebih murah Rp4 jutaan sepertinya merupakan pilihan pasti rider yang lebih condong ke ranah off-road, tetapi ketika saya merasakan performa antilock-nya, saya pikir versi dengan ABS adalah pilihan cerdas.
Di jalanan biasa–melalui jalan raya dan jalanan penuh tikungan–performa suspensinya cukup oke walaupun tidak bagus-bagus amat karena rem perlu diinjak cukup sering dan saat melewati tikungan, hentakannya cukup keras. Ketika saya pindah ke trek tanah, saya merasa performa suspensinya menjadi agak membaik. Shock depan non-adjustable 41mm dan shock belakang Pro-Link dapat meredam hentakan tetapi saya tetap merasa kurang. Masalah ini mungkin bisa diatasi dengan produk stabilizer shock yang telah digunakan Honda, tetapi harganya yang mahal dapat membawa masalah baru.

Makeover dari Honda dengan windshield tinggi dan berbagai tutup samping baru khas motor petualang. – Drew Ruiz
Terlepas dari segala modifikasi off-road, CB500X tetap menjadi motor jalan raya biasa yang nyaman. Dengan tangki berkapasitas 17L dan transmisi enam percepatan, rasanya mudah sekali menempuh jarak 300km sekali jalan. Windshield yang dibuat lebih tinggi ini juga memberikan perlindungan terhadap terpaan angin yang lebih kuat dan ada juga opsi box motor dan sandaran belakang semakin membuat motor ini nyaman digunakan untuk bepergian jarak jauh.
Saya rasa CB500X 2019 pantas dibanderol dengan harga yang sudah disebutkan di atas. Motor ini nyaman digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari walaupun telah mengalami perubahan yang membuatnya lebih condong ke motor jenis adventure atau petualang. Sepeda motor ini mudah dikendalikan oleh rider yang minim pengalaman sekalipun dan tetap dapat menyajikan sensasi berkendara yang mantab bagi rider berpengalaman.

Suspensi yang lebih panjang dan ground clearance yang lebih besar berdampak pada posisi jok yang lebih tinggi, tetapi perubahan ini setimpal dengan performanya. – Drew Ruiz
SPESIFIKASI HONDA CB500X 2019
HARGA RETAILER | $6,999 |
MESIN | 471cc, berpendingin cairan, silider DOHC paralel twin; 8 katup |
BORE X STROKE | 67.0 x 66.8mm |
TRANSMISI/FINAL DRIVE | 6 percepatan/rantai |
SISTEM BAHAN BAKAR | PGM-FI fuel injection dengan bodi throttle 34mm |
KOPLING | basah, beberapa piringan, dengan kabel |
IGNITION | Full transistorized ignition TCI |
FRAME | Aluminum twin-spar |
SHOCK DEPAN | 41mm telescopic; 5.3-in. travel |
SHOCK BELAKANG | Pro-Link single shock adjustable for spring preload; 5.9 in. travel |
REM DEPAN | Kaliper 2P, piringan rem model petal 320mm; ABS |
REM BELAKANG | Kaliper 1P, piringan rem model petal 240mm; ABS |
VELG DEPAN/BELAKANG | Cast aluminum; 19 x 2.5-in. / 17 x 4.5-in. |
BAN DEPAN/BELAKANG | 110/80-19 / 160/60-17 |
RAKE/TRAIL | 27.5°/4.3 in. |
WHEELBASE | 56.9 in. |
GROUND CLEARANCE | 7.1 in. |
TINGGI JOK | 32.7 in. |
KAPASITAS TANGKI | 17L |
BERAT BASAH | 197kg |
KETERSEDIAAN | Sekarang |
KONTAK | powersports.honda.com |
Sumber [ CYCLE WORLD ]