Sangarnya Penampilan Perdana R1250GS dan GS Adventure 2021

  • 09/10/2020
  •  1,001 views

Tampilan Perdana BMW R1250GS dan GS Adventure

Empat puluh tahun lalu, BMW Motorrad menghadirkan gebrakan baru yang kemudian mengubah tren sepeda motor dalam wujud R 80 GS. Dibuat berdasarkan konsep ISDT racer yang menggunakan mesin overbore R 65 “small boxer”. R80GS menaikkan popularitas motor enduro-GT dan menjadi motor favorit dalam perlombaan. Dari si GS inilah kini seri R1250GS dan R1250GS Adventure 2021 lahir.

Seri R1250GS menggunakan mesin boxer twin 1.254 cc terbaru yang menyemburkan tenaga maksimum 136 hp dalam 7.750 rpm dan torsi puncak 143 Nm dalam 6.250 rpm, serta memiliki secondary torque sebesar 139 Nm dalam 4.750 rpm untuk jangkauan penggunaan yang lebih besar. Dengan bore sebesar 102,5 mm dan stroke 76mm, mesinnya memiliki rasio kompresi 12.5:1 dan sudah lolos uji emisi Euro5.

Peningkatan performa ini dihasilkan oleh modifikasi ruang bakar yang profilnya dimiringkan 18 derajat ke arah klep. Tiap silinder dilengkapi dengan throttle body 52 mm dan klep masuk 40 mm/klep buang 34 mm yang didikte langsung oleh distribusi DOHC melalui finger cam followers. Bagian inletnya dibuat lurus ke bosh klep. Yang paling penting, inlet noken as menggunakan teknologi ShiftCam yang mengatur pergerakan klep dan timing sesuai dengan kebutuhan tenaga.

Mesin BMW R1250GS

[Baca Juga]
M1000RR: Jagoan Racing Baru BMW

Ketika kebutuhan tenaga rendah, seperti saat sedang melaju dalam kecepatan konstan, klep masuk tidak bergerak agresif dan bergerak hampir bersamaan dengan klep buang. Selain itu, cam lobe juga memiliki bukaan klep yang tidak sinkron sehingga menghasilkan turbulensi yang baik untuk pembakaran, bahkan pada saat putaran rendah. Semua kombinasi ini meningkatkan fleksibilitas mesin dan mengurangi emisi secara drastis. Satu tambahan lain adalah sistem pendinginan yang menggunakan cairan di bagian atas silinder telah ditingkatkan presisinya.

Sebuah komponen elektronik yang paling mutakhir mengatur semua fungsi mesin dan transmisi. Dynamic Traction Control bisa dipilih dalam tiga riding mode, dimulai dari mode terbaru yang dinamai Eco yang ditujukan untuk rider yang santai sehingga pengaturan ini irit bensin dan mengeluarkan lebih sedikit gas buang. Ketika sedang menggunakan riding mode Eco, informasi dan statistik kondisi motor akan muncul di TFT display berukuran 6,5 inci. Rain dan Road adalah dua ridin mode lainnya yang memiliki fungsi sesuai dengan namanya. Ada juga Pro Riding kit yang bersifat opsional dan berisikan riding mode Dynamic, Dynamic Pro, Enduro, dan Enduro Pro yang akan mengakomodasi Anda lebih jauh di jalanan biasa maupun off-road.

Integral ABS Pro BMW kini menjadi perlengkapan bawaan dan diatur oleh platform 6-axis inertial yang canggih. Dengan komponen ini, handle rem mampu mengatur rem depan dan belakang, dan pedal rem hanya berfungsi untuk mengatur bagian belakang saja. Sistem ABS Pro juga mengatur Hill Start Control dan Dynamic Brake Control yang juga menjadi perlengkapan standar.

BMW R1250GS Adventure 2021

[Baca Juga]
BMW Motorrad Upgrade Banyak Seri untuk 2021

Dari sisi body, sasis keduanya tidak memiliki perubahan yang berarti shock belakang masih menggunakan unit Telelever dan bagian belakang menggunakan sistem paralever dengan shock belakang ganda yang fully adjustable. Selain itu, Dynamic Electronic Suspension Adjustment (ESA) generasi terbaru hadir sebagai opsi bawaan yang memberikan leveling otomatis dan membuat shock belakang terus aktif menyesuaikan medan yang dilibas. Efisiensi Dynamic ESA semakin diperkuat ketika dikombinasikan dengan part opsional Sport Suspension atau Enduro Pack.

R1250GS dan GS Adventure memang disarankan untuk rider off-road profesional. Travel suspension keduanya cukup panjang sehingga jok menjadi lebih tinggi di bagian kedua sisi sampingnya; untuk versi GS tinggi jok berubah dari 851 mm ke 868 mm, dan 889 mm ke 909 mm untuk versi GS Adventure. Jok versi lebih pendek juga tersedia.

Mengingat R1250GS populer digunakan untuk touring, sistem pencahayaan motor tak luput dari perhatian. Kini terdapat 3 lampu depan yang semuanya full LED. Penghangat jok dikombinasikan dengan penghangat stang menjadikan riding musim dingin lebih nyaman. Seluruh informasi dipusatkan pada TFT display yang bisa dihubungkan ke Bluetooth smartphone, termasuk ke Google Maps.

R1250GS memiliki berat 249 kg dan GS Adventure sebesar 268 kg.

BMW R1250GS

[Baca Juga]
Multistrada V4 Jadi Motor Pertama yang Pakai Radar Depan-Belakang!

Sumber [ Cycle World ]

Related post

Hot news

  1. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  2. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  3. TRT27AZ Moto
  4. Rekor! 15 Tim Permanen dari Total 55 Peserta EWC Siap Tempur di Suzuka 8H
Return Top