Test Ride KTM 1290 SUPER DUKE R 2020

  • 10/02/2020
  •  836 views

KTM 1290 Super Duke R 2020

Tenaga monster mesin V-Twin selalu menjadi nilai jual unik KTM Super Duke. Namun, model terdahulu motor ini dikenal kurang nyaman dikendarai akibat torsi yang besar menekan sasis dan sistem elektronik motor sehingga rider kesulitan mengendalikan motor dan tidak bisa menikmati pengalaman berkendara yang seharusnya menyenangkan.

Dengan menonjolkan kembali kembali sisi agresif serta menyempurnakan sasis dan meningkatkan tenaga yang dihasilkan, KTM telah membuat motor naked mereka jauh lebih nyaman untuk dikendarai, namun tetap memastikan aura ‘The Beast’ masih terasa di motor ini. Walaupun KTM 1290 Super Duke R sudah dimodifikasi agar lebih nyaman ditunggangi, tapi kualitas gahar motor naked ini masih tetap ada…

[Baca Juga]
MV Agusta Siap Luncurkan Motor Hyper Naked Rush 1000

Kualitas Berkendara & Sistem Pengereman (5/5)

Rider akan merasakan sambungan suspensi baru mampu membuat pergerakan shock depan lebih progresif bahkan dalam stroke yang lebih panjang, sehingga dapat mengurangi guncangan yang muncul di versi terdahulunya dan membuat 1290 Super Duke R terasa lebih nyaman dipacu dalam kecepatan tinggi dan jalanan bergelombang.

Menurut panduan penggunaan KTM, terdapat shock WP Apex (yang memiliki per preload adjustment 2020) dan shock WP Apex (yang saat ini memiliki remote preload adjuster yang mudah) yang sangat sempurna yang sanggup membuat motor ini melibas trek jalanan biasa hingga lintasan balap.

KTM 1290 Super Duke R 2020 di Trek Balap

Mesin (5/5)

Mesin LC8 masih menjadi unggulan motor ini, namun berkat serangkaian proses penyempurnaan dan pengaturan torsi, 1290 Super Duke R terasa tidak terlalu agresif dan hal ini merupakan hal yang bagus. Meski begitu, Anda masih bisa mendapatkan tenaga torsi bak monster yang sudah tidak terlalu menghentak. Sekarang Anda bisa putar gasnya dengan kekuatan lebih sehingga riding menjadi jauh lebih menyenangkan.

Anda harus berhati-hati dalam mengendarai motor ini dan jika Anda mematikan sistem anti-wheelie, maka reaksi gir 1,2 dan 3 akan sangat cepat. KTM 1290 Super Duke R seperti mencoba untuk melempar Anda dari motor saat Anda menaikkan kecepatan motor dan transmisinya terasa lebih licin.

KTM 1290 Super Duke R Wheelie

Kualitas Body (4/5)

Tidak seperti beberapa model motor KTM lainnya yang diproduksi di India, Super Duke R ini dibuat di negara asal mereka, yaitu Austria. Namun, bukan rahasia lagi jika beberapa motor Duke kapasitas besar sebelumnya memiliki masalah dengan keunggulan dan kualitas.

KTM telah mengatasi masalah utama body motor ini, dan sepertinya kita tidak perlu mengkhawatirkan apapun karena 1290 Super Duke R sudah lulus uji coba dan tes pra-produksi.

Komponen (4/5)

Motor Duke ini dilengkapi dengan teknologi dan fitur terbaru untuk versi 2020 yaitu IMU enam aksis untuk mengontrol fitur ABS yang sensitif terhadap kemiringan motor dan kontrol traksi. Motor ini juga dilengkapi dengan kaliper monobloc Stylema Brembo dan dashboard TFT KTM dengan struktur menu baru.

Piranti elektronik KTM Super Duke R tahun 2020 juga sudah diperbarui dengan adanya 3 mode berkendara yaitu Rain, Street dan Sport. Ada banyak penambahan fitur di sub-menu dashboard serta mode opsional Track dan Performance.

Cruise control dan keyless ignition merupakan komponen standar yang sudah terdapat di motor ini, namun quickshifter, grip stang penghangat, dan lampu rem adaptif dijual terpisah atau menjadi komponen tambahan, sehingga terasa seperti ada yang kurang.

Rating Keseluruhan (4/5)

[Baca Juga]
Setelah Penantian Panjang, KTM 1290 Super Duke R Siap Meluncur ke Pasar Tahun 2020

Sumber [ MCN ]

Related post

Hot news

  1. Mulhauser Akhirnya Maju Jadi Rider Inti di Suzuka EWC
  2. Techer Siap Hadapi Tantangan Balapan Kandang di Suzuka
  3. TRT27AZ Moto
  4. Rekor! 15 Tim Permanen dari Total 55 Peserta EWC Siap Tempur di Suzuka 8H
Return Top