Triumph Street Triple R 2020 Rilis!
- 14/02/2020
708 views
Triumph Street Triple R mendapat perombakkan di tahun 2020 dengan pembaruan gaya, perubahan mesin dan harga yang lebih terjangkau dari sebelumnya. Lini motor roadster terlaris dari brand TRIUMPH kedatangan model baru di tahun 2020 dalam bentuk Street Triple R yang sudah dimodifikasi.
Sebagai penerus dari Triumph Street Triple RS dan S 2020, tipe R ini juga mendapatkan perombakan penampilan yang sama, dengan panel body yang lebih agresif dan lampu depan twin yang lebih ramping. Selain perubahan penampilan, Street Triple kapasitas sedang ini dilengkapi mesin yang sudah sesuai dengan standar emisi Euro5 yang memiliki keistimewaan yaitu inersia yang lebih sedikit dibanding versi sebelumnya dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 116 hp dan torsi 77 Nm.
Sasis selalu menjadi salah satu keunggulan Street Triple, dengan handling dan kontrol sempurna yang menjadikannya sebagai tolok ukur bagi motor supersport lainnya. Triumph 2020 menggunakan kombinasi kaliper monobloc M4 Brembo yang sudah melalui proses uji coba, piston besar Showa dan shock belakang Showa. Setelah mengendarai Street Triple R generasi sebelumnya, saya sangat senang bahwa Triumph tetap mempertahankan pengaturan ini yang membuat Street Triple sangat nyaman dikendarai, namun cukup sesuai untuk membuat senang rider yang fokus pada performa motor.
Motor Triumph Street Triple R dilengkapi dengan Triumph Shift Assist quick shifter dan blipper yang menjadi standard fitment pada model ini. Walaupun sistem ini tidak menawarkan variasi kecepatan perpindahan gigi, tapi kemampuannya hampir seakurat dan secanggih quick shifter buatan pabrik!
Poin penting terakhir dari Triumph 2020 yaitu motor ini hadir dengan spesifikasi yang lebih canggih namun dengan harga yang lebih murah dari model sebelumnya. Triumph Street Triple R 2020 ini bisa Anda bawa pulang dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp159 juta saja, nominal tersebut lebih murah sekitar Rp7 jutaan dibanding motor terdahulu yang dibanderol seharga Rp166 juta.
Selain itu, Street Triple R memiliki pilihan motor versi Low Ride Height (LRH), dengan jok yang dapat diturunkan menjadi 780mm dari posisi standarnya setinggi 825mm.
Tipe Mesin | Berpendingin cairan, 12 katup, DOHC, 3 silinder segaris |
Kapasitas | 765cc |
Diameter x Langkah | 77.99 x 53.38 mm |
Rasio Kompresi | 12.5:1 |
Power Maksimal | 86.8 kW (118 PS) @ 12,000 rpm |
Torsi Maksimal | 77Nm @ 9,400 rpm |
Sistem Bahan Bakar | Multipoint sequential electronic fuel injection dengan SAI |
Knalpot | Knalpot 3 in 1 Stainless Steel dengan Silencer Single Low-Sided Stainless Steel |
Final Drive | Rantai X-Ring |
Kopling | Wet, multi-plate, slip-assisted |
Gearbox | Triumph Shift Assist 6-speed |
Rangka | Depan – Aluminium beam twin spar. Belakang – 2 piece high pressure die cast |
Swingarm | Twin-sided, casting aluminium alloy |
Velg Depan | Casting aluminium alloy 5 palang 17 x 3.5 in |
Velg Belakang | Casting aluminium alloy 5 palang 17 x 5.5 in |
Ban Depan | 120/70 ZR17 |
Ban Belakang | 180/55 ZR17 |
Suspensi Depan | 41 mm upside down dengan fungsi piston besar terpisah Showa (SF-BPF), rebound damping peredam adjustable dan preload adjustment. |
Suspensi Belakang | Monoshock piggyback reservoir Showa, peredam adjustable dan rebound damping dan preload adjustment. |
Rem Depan | Piringan Rem Floating Twin 310 mm, Kaliper Rem Radial Monobloc Brembo M4.32 4-piston, ABS |
Rem Belakang | Piringan Rem Single 220 mm, Kaliper Rem Brembo single piston, ABS |
Panjang | 2055mm |
Lebar Stang | 775mm |
Tinggi Tanpa Spion | 1065mm (1045mm LRH) |
Jarak Sumbu Roda | 1405mm |
Rake | 23.5° (24.5° LRH) |
Trail | 98.3mm (102.7mm LRH) |
Berat Kering | 168kg |
Kapasitas Tangki | 17.4 liter |
Konsumsi Bahan Bakar | 5.1 l/100km |
Emisi CO2 | 119 g/km |
**CO2 dan konsumsi bahan bakar dihitung berdasarkan regulasi 168/2013/EC. Hitungan konsumsi bahan bakar diperoleh dari kondisi pengujian khusus dan hanya untuk tujuan perbandingan. Keduanya tidak mempengaruhi hasil berkendara yang sesungguhnya.
Sumber [ Visordown ]
Kembalinya Sang Legenda: Ini Bocoran Paten Suzuki Hayabusa Terbaru
10 Ide Modifikasi Keren Kawasaki KLX 250: Sparepart & Daftar Harga Terbarunya! Bag 1